APA SAJA PERALATAN DAPUR YANG SERINGKALI MENYEBABKAN BAU?

Dapur menjadi salah satu ruangan yang penting karena disitulah Anda menyiapkan makanan sehat nan bergizi untuk dikonsumsi bersama keluarga. Namun dibandingkan ruangan lain yang ada di rumah, dapur menjadi ruangan yang paling rentan menjadi tempat berkembangnya bakteri. Yang parahnya, bakteri ini dapat menyebabkan penyakit bagi Anda dan keluarga seperti batuk dan flu.

Oleh karena itu penting rasanya untuk mengenali peralatan dapur mana saja yang sangat rentan menjadi tempat tumbuhnya bakteri sehingga anda bisa lebih fokus membersihkan peralatan tersebut dan menciptakan dapur bersih bebas bakteri. Berikut ini ada 5 peralatan dapur yang seringkali menjadi sumber bau dan tempat bersarangnya bakteri.

Mangkuk/Piring Plastik
Peralatan dapur yang terbuat dari plastik sangat rentan menyimpan bau sisa makanan. Selain itu serat plastik biasanya menjadi tempat favorit bakteri untuk tumbuh. Untuk membersihkannya, jangan lupa cuci dengan menggunakan sabun pencuci piring dengan ekstrak jeruk nipis karena mampu menghilangkan lemak sekaligus memberi aroma segar. Jika mangkuk plastik Anda masih berbau, Anda bisa meletakkan arang atau kertas koran ke dalamnya untuk menghilangkan bau tersebut.

Pisau
Digunakan untuk memotong berbagai bahan makanan, seperti daging dan sayuran, pisau sangat mudah berbau dan menjadi tempat tumbuhnya bakteri. Untuk menghilangkan bau di pisau anda, coba gosok pisau dengan potongan lemon atau jeruk nipis.

Talenan
Talenan yang terbuat dari plastik maupun kayu sama-sama bisa menjadi sumber bau dan tempat favorit berkembangnya bakteri. Untuk membersihkan sekaligus membunuh bakteri, selalu cuci talenan sehabis dipakai. Lalu gosok dengan menggunakan potongan lemon atau jeruk nipis untuk menghilangkan bau. Setelah itu lap hingga kering baru disimpan. Bisa juga menggunakan garam, cuka dan juga baking soda.

Panci/Wajan
Panci dan wajan merupakan alat memasak utama, jadi tak heran jika peralatan dapur ini sering berbau dan mudah ditumbuhi bakteri dari sisa makanan yang tidak dibersihkan. Untuk itu, cuci langsung panci atau wajan setelah selesai memasak. Jika ada bau yang tertinggal, taburkan garam lalu gosok-gosok hingga baunya menghilang.

Spons
Faktanya, spons pencuci piring adalah tempat terfavorit untuk tumbuhnya bakteri! Hal ini karena spons digunakan untuk mencuci piring kotor, mengelap permukaan dapur, talenan dan masih banyak lagi ‘pekerjaan kotor’ yang dilakukannya. Untuk mencuci spons, Anda bisa membuat cairan anti bau dan anti bakteri dan rendam spons semalaman di dalamnya. Untuk ini, Anda bisa menggunakan Sunlight Plus Anti Bakteri yang ampuh dalam membunuh bakteri di spons Anda.

Dengan mengetahui di mana saja bakteri-bakteri bisa muncul di beberapa peralatan dapur yang sering Anda gunakan, maka Anda bisa membersihkan peralatan-peralatan tersebut dengan cairan anti bau sehingga peralatan dapur Anda bersih dan bebas dari bau. Salah satunya yang bisa Anda gunakan adalah Sunlight Plus Anti Bau yang terbuat dari jeruk nipis dan ekstrak teh hijau yang sangat ampuh dalam menghilangkan 5 jenis bau membandel, yaitu ikan, terasi, gulai, udang dan bawang dari berbagai macam peralatan dapur Anda.

PRODUK YANG DIGUNAKAN

TOP