TIPS DAPUR SEHAT DENGAN CARA ECO-FRIENDLY

Ada begitu banyak pembersih yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan dapur, namun tak ada salahnya bukan mencoba membersihkan dapur dengan cara yang eco-friendly atau ramah lingkungan.

Berikut ini ada tips menciptakan dapur sehat dan bersih dengan menyediakan bahan-bahan dapur berikut ini untuk membersihkan peralatan serta perabotan di dapur. Mulai dari membersihkan peralatan masak hingga tips menghilangkan bau di dapur semuanya bisa diatasi. Hasilnya dapur Anda tetap bersih, sehat, bebas bau dan ramah lingkungan.

Garam
Selain untuk melezatkan masakan, garam ternyata bisa digunakan untuk membersihkan dapur!

  • Garam bisa juga digunakan untuk membersihkan noda gosong yang ada di teplon. Caranya tuang dua sendok makan minyak goreng ke dalam teflon yang gosong, lalu panaskan dengan api sedang. Jika sudah panas, matikan api lalu taburi dengan garam. Setelah itu ambil spons untuk menggosok teflon hingga semua noda gosong hilang dan bilas sampai bersih.
  • Untuk peralatan masak dan makan yang terbuat dari stainless steel, Anda bisa merendam peralatan tersebut di dalam air garam untuk memudahkan proses pembersihan noda sekaligus menjaga peralatan stainless Anda tetap bersinar.
  • Garam juga bisa untuk membersihkan oven. Caranya larutkan garam dalam air, lalu ambil lap kering dan celupkan pada larutan tersebut. Gunakan lap tadi untuk membersihkan bagian dalam oven.

Jeruk Nipis/Lemon
Jeruk nipis dan lemon terkenal sebagai penghilang bau amis yang efektif yang sangat berguna untuk bersih-bersih di dapur.

  • Gosokkan potongan lemon atau jeruk nipis pada pisau untuk menghilangkan bau amis
  • Hal yang sama juga bisa Anda lakukan untuk talenan.
  • Tambahkan perasan jeruk nipis atau lemon dalam larutan pencuci piring akan bantu hilangkan lemak dan memberi aroma fresh.

Teh Hijau
Selain memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, teh hijau pun bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau-bau tidak sedap dan membersihkan berbagai peralatan dapur.

  • Anda bisa memanfaatkan sisa-sisa teh hijau yang Anda gunakan untuk membuat minuman teh dan gunakan langsung pada peralatan-peralatan dapur Anda untuk membersihkan dan menghilangkan bau membandel yang masih tertinggal.
  • Selain itu, untuk menghilangkan bau dan menyegarkan dapur, Anda bisa meletakan sisa teh hijau celup di tempat-tempat tertentu dan biarkan beberapa saat.

Baking Soda dan Cuka
Ada banyak yang bisa Anda lakukan dengan dua bahan ini, diantaranya:

  • Campuran cuka dan air dapat membuat lantai Anda terlihat lebih mengkilap.
  • Buat pasta dari air dan baking soda serta sedikit cairan pencuci piring untuk menghilangkan noda gosong di peralatan masak dari stainless steel.
  • Campuran air dan cuka bisa digunakan untuk membersihkan permukaan meja, lemari kabinet, permukaan kulkas dan sebagainya.

Dengan menggunakan bahan pembersih alami, secara tidak langsung Anda telah membantu melestarikan lingkungan dan bisa menghemat pengeluaran bulanan. Tak ada salahnya mencoba bersihkan dapur dengan bahan alami bukan? Selamat mencoba!

TOP