PERALATAN DAPUR YANG WAJIB SEGERA DICUCI SETELAH DIGUNAKAN

Dalam mempersiapkan makanan untuk keluarga, seorang ibu rumah tangga pasti akan menggunakan banyak peralatan dapur yang dimiliki. Setiap peralatan dapur yang digunakan tentu harus segera dicuci dan dibersihkan dengan baik agar tidak meninggalkan sisa-sisa makanan dan bau yang mengganggu.

Aktivitas dalam membersihkan peralatan dapur merupakan salah satu kegiatan ibu rumah tangga yang wajib dilakukan. Peralatan dapur yang bersih tentu akan menjamin kesehatan keluarga. Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa peralatan dapur yang harus segera dan langsung dibersihkan setelah digunakan di tempat cuci piring Anda. Berikut beberapa peralatan dapur tersebut.

Pisau
Pisau merupakan salah satu peralatan utama dalam memasak. Pisau seringkali menjadi kotor dan bau apabila tidak dibersihkan dengan baik, karena pisau digunakan untuk memotong dan mengiris berbagai macam bahan masakan.

Oleh karena itu, sebagai bagian dari kegiatan ibu rumah tangga, pisau penting untuk langsung dibersihkan setelah digunakan. Bersihkanlah dengan sabun setelah selesai dipakai. Sebaiknya Anda bilas dengan air hangat, karena tidak baik untuk kualitas dari pisau tersebut.

Selanjutnya anda juga bisa membersihkan pisau dengan menggunakan lemon. Caranya iris buah lemon menjadi beberapa bagian, kemudian gosokkan secara merata keseluruh bagian bilah pisau, lemon bagus untuk membunuh bakteri atau menghilangkan noda yang tertinggal di pisau.

Parutan
Peralatan dapur selanjutnya adalah parutan. Parutan merupakan salah satu alat dapur yang banyak digunakan untuk menghaluskan berbagai macam bahan atau bumbu masakan. Seringkali, bahan atau bumbu masakan memiliki noda dan bau yang tajam sehingga apabila parutan tidak segera dibersihkan, akan meninggalkan noda dan bau yang membandel.

Untuk membersihkan parutan dari sisa-sisa bahan dan bumbu masakan, terdapat cara unik yang bisa Anda gunakan. Salah satunya adalah membersihkannya dengan menggunakan nasi yang sudah dikeringkan. Parut saja satu sendok nasi yang sudah dikeringkan sampai berpasir. Partikel-partikel abrasif dari nasi kering akan membantu mengikat sisa parutan yang terjebak di lubang pemarut sehingga lebih mudah dibersihkan. Setelah itu, cucilah parutan seperti biasa.

Saringan
Saringan juga merupakan salah satu peralatan dapur yang seringkali meninggalkan sisa-sisa yang bisa meninggalkan noda dan bau tidak sedap. Oleh karena itu, saringan juga harus segera dibersihkan sebelum digunakan kembali.

Untuk membersihkannya, Anda bisa merendamnya di air sabun lalu gosokan permukaan saringan dengan spons kasar atau kain lap dengan air dari keran. Anda juga bisa menggunakan sikat halus untuk menyingkirkan sisa-sisa rempah yang sulit lepas dari permukaan saringan.

Itulah beberapa peralatan dapur yang sangat penting untuk segera dibersihkan setelah Anda menggunakannya. Dalam upaya Anda untuk membersihkan peralatan-peralatan dapur di tempat cuci piring, Anda bisa menggunakan Sunlight Plus Anti Bau yang ampuh dalam membersihkan kotoran dan 5 bau membandel yang seringkali tertinggal di peralatan dapur Anda.


PRODUK YANG DIGUNAKAN

TOP