Cara Cerdas Menjaga Kebersihan Dan Membersihkan Peralatan Dapur

Sebagai seorang ibu yang baik, ada banyak aktivitas ibu rumah tangga yang harus dilakukan setiap harinya, termasuk menjaga kebersihan dapur. Dapur menjadi salah satu area rumah yang penting dan harus selalu bersih karena dari sinilah semua makanan yang dikonsumsi keluarga dibuat.

Untuk mendukung proses masak memasak, biasanya dapur juga dipenuhi dengan banyak peralatan masak yang kebersihannya harus dijaga karena bersinggungan langsung dengan masakan yang Anda masak. Ibu - ibupun senang mengoleksi berbagai macam peralatan memasak untuk menunjang kegiatan sehari - harinya itu.

Cara Membersihkan Peralatan Dapur

Menjaga kebersihan dapur dan peralatan memasak didalamnya bukan perkara mudah, lho. Terkadang, Anda pasti merasa malas melakukannya. Selain memasak, masih pula harus bersih - bersih. Apalagi jika bagian belakang wajan dan panci berkerak. Bagaimana cara membersihkannya? Bagaimana cara menghilangkan kerak gosongnya? Anda perlu menjadi Ibu-Ibu cerdas untuk melakukannya! Karena banyaknya hal yang harus dibersihkan di dapur, Anda bisa menggunakan cara membersihkan peralatan dapur berikut ini agar bisa menghemat waktu dan juga tenaga. 

Panci

Panci

Selesai memasak, kemudian Anda baru menyadari kalau panci Anda ternyata gosong? Apalagi jika panci itu merupakan panci kesayangan Anda. Sebenarnya cara membersihkan panci yang gosong cukup mudah, lho! Sebelumnya, sebagai tindakan pencegahan, ketika memasak, pastikan bahwa nyala api dari kompor Anda tidak terlalu besar. Api kecil ataupun sedang sudah cukup. Namun, apabila sudah terlanjur gosong, Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan baking soda dan air. Campur kedua bahan tersebut, oleskan secara merata ke bagian panci yang gosong, dan diamkan beberapa saat. Setelah itu, Anda bisa mencucinya seperti biasa hingga bersih.  

Wajan Dan Teflon  

Wajan Dan Teflon

Jika wajan yang Anda miliki baru, Anda bisa membiasakan mengoleskan bagian belakangnya dengan minyak goreng, tipis saja, agar tidak berkerak. Ini juga dapat menjaga warna aslinya. Hindari merendam terlalu lama wajan yang Anda gunakan. Jika Anda menggunakan wajan untuk memasak bumbu yang pekat dan kental, basuh dengan air terlebih dahulu dan diamkan beberapa saat hingga bumbu tersebut melunak, basuh dengan air terlebih dahulu dan diamkan beberapa saat hingga bumbu tersebut melunak, dan mudah dibersihkan seperti biasa.

Pisau Dan Gunting

Pisau Dan Gunting

Setelah selesai menggunakan pisau, segera cuci hingga bersih dengan air mengalir lalu keringkan. Pastikan Anda melapnya dengan tisu atau lap hingga kering, sebab pisau yang basah lebih rentan berkarat. Setelah itu letakkan di tatakan khusus pisau agar rapi dan jauh dari jangkauan anak. Sama halnya dengan gunting, Anda sebaiknya langsung mencuci begitu selesai dipakai, keringkan dan simpan dengan baik.

Kompor Gas

Kompor Gas

Membersihkan kompor secara rutin juga penting, lho! Wajan dan panci saja bisa berkerak, apalagi kompor? Sering digunakan untuk memasak, kompor sebaiknya langsung dibersihkan setelah digunakan. Untuk bekas cipratan minyak, Anda dapat mengakalinya dengan menaburkan tepung, kemudian melapnya hingga bersih.

Talenan

Talenan

Untuk menjaga talenan tetap bersih tanpa bakteri, begitu selesai dipakai segera oleskan dengan jeruk nipis, lalu siram dengan air panas. Setelah itu cuci seperti biasa, keringkan dan gantung atau letakkan di tempat yang bersih dan kering.

Alat Makan Dari Plastik

Alat Makan Dari Plastik

Peralatan makan dari plastik biasanya lebih mudah berbau dan cepat kotor. Untuk membersihkannya gunakan cairan pencuci piring yang mampu hilangkan lemak dengan baik. Tunggu selama beberapa menit lalu cuci seperti biasa. Anda juga bisa menggunakan Sunlight Plus Anti Bau yang sangat ampuh dalam menghilangkan 5 macam bau membandel termasuk di alat dapur berbahan plastik. Keringkan dengan lap sebelum disimpan.

Menghilangkan Bau Amis Pada Peralatan Makan 

Menghilangkan Bau Amis Pada Peralatan Makan

Selepas makan ikan atau daging, biasanya peralatan makan yang digunakan akan berbau amis. Meskipun sajian ini merupakan favorit banyak orang, tidak jarang Ibu-Ibu yang merasa malas dengan tumpukan piring kotornya.

Terkadang sabun saja tidak cukup untuk menghilangkan bau amisnya. Anda bisa menggunakan jeruk nipis untuk mengakalinya, lho! Caranya, siapkan perasan air jeruk nipis secukupnya, lalu siram pada peralatan makan yang amis. Biarkan selama 5-10 menit, setelah itu cuci dengan sabun seperti biasa hingga bersih. Pastikan bau amis benar - benar hilang. 

Membersihkan Peralatan Memasak Yang Terbuat Dari Stainless Steel 

Membersihkan Peralatan Memasak Yang Terbuat Dari Stainless Steel

Memiliki peralatan memasak yang terbuat dari stainless steel tentu menyenangkan. Meskipun harganya akan lebih mahal daripada peralatan memasak yang terbuat dari aluminium, sebab dilapisi silver stone yang anti lengket. Membersihkan stainless steel sebenarnya tidak sulit. Anda bisa mencucinya seperti biasa menggunakan sabun, kemudian membilasnya dengan air mengalir hingga bersih.

Saat menggosoknya, pastikan Anda melakukannya secara memutar, mengikuti alur lingkaran yang ada agar membandel yang akan lebih mudah dibersihkan. Jangan pula mencoba membersihkan stainless steel dengan menggunakan benda tajam seperti pisau, gunting, atau garpu. Hal ini justru akan menyebabkan lecet dan goresan pada stainless steel Anda. Bilaslah dengan air hangat, kemudian diamkan beberapa saat. Setelah itu, barulah Anda mencucinya menggunakan sabun. 

Menggunakan Bahan-Bahan Alami 

Menggunakan Bahan-Bahan Alami

Ternyata membersihkan peralatan dapur bisa menggunakan bahan-bahan yang mudah kita jumpai, lho! Anda bisa menggunakan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis, atau menggunakan Sunlight yang menganduk ekstrak jeruk nipis dalam formulanya.

Daun kemangi juga berkhasiat untuk menghilangkan bau amis. Remas - remas daun kemangi, lalu campur dengan air secukupnya. Bersihkan peralatan masak Anda, kemudian cuci hingga bersih menggunakan sabun. Jika bau amisnya belum hilang, rendamlah peralatan amsak Anda dalam air kemangi selama 10-25 menit. Setelahnya, bilas dengan air bersih.

Ada begitu banyak cara membersihkan peralatan dapur yang bisa Anda aplikasikan, dan semuanya mudah. Jadi ibu rumah tangga tidak hanya harus bisa masak dan bersih-bersih, lho! Jika Anda melakukannya dengan cerdas, tentu Anda akan semakin termotivasi untuk membahagiakan keluarga Anda di rumah. Suami dan anak-anak pun akan semakin betah dengan makanan yang selalu terjaga kebersihannya.

Atas semua aktivitas ibu rumah tangga, maka kesehatan dan kebahagiaan keluarga di rumah akan terus terjaga dengan baik. Semua berkat kesigapan Anda sebagai Ibu rumah tangga.

PRODUK YANG DIGUNAKAN

TOP