Cara Menjadi Ibu Rumah Tangga Yang Baik Dan Cerdas

Menjadi ibu yang baik mungkin merupakan salah satu hal tersulit untuk dilakukan di dunia. Selain harus mengerjakan pekerjaan rumah yang tiada habisnya, Ibu juga harus mampu mendidik anak dengan baik, karena ibu adalah lingkungan pertama tempat seorang anak belajar tentang dunia. Namun, karena statusnya yang hanya di rumah saja, banyak yang menganggap menjadi ibu rumah tangga merupakan pekerjaan yang sepele. Dengan kemajuan jaman dan perubahan gaya hidup, banyak yang berpikir bahwa tugas ibu rumah tangga sangat tidak keren karena menghabiskan waktu di rumah mengurus anak dan rumah sehingga lebih memilih menjadi wanita karir. Tidak ada salah nya memang menjadi wanita karir, namun menjadi ibu rumah tangga juga keren kok!

Untuk Anda para ibu rumah tangga, memang ada banyak sekali hal yang harus dilakukan. Tuntutan untuk menjadi super mom yang harus bisa segalanya tentu harus disiasati dengan cerdas. Sudah bukan zamannya jadi ibu rumah tangga hanya menjalankan rutinitas seperti biasa. Supermom masa kini harus cerdas dan mampu menjadi contoh yang baik bagi anak-anaknya. 

Berikut ini ada tips untuk menjadi ibu rumah tangga yang baik dan cerdas agar tetap bisa menjalankan kegiatan ibu rumah tangga sekaligus memiliki waktu untuk diri sendiri.

Memiliki Manajemen Waktu Yang Baik   

Memiliki Manajemen Waktu Yang Baik
Sama seperti wanita karir, sebagai ibu rumah tangga Anda juga harus memiliki manajemen waktu yang baik untuk mengatur semua pekerjaan dan hal yang harus dilakukan. Anda harus mampu mengatur semua yang artinya cepat atau tidaknya pekerjaan rumah diselesaikan bergantung terhadap alokasi waktu yang Anda berikan untuk setiap pekerjaan. Dengan memanfaatkan waktu dengan baik, Anda pasti bisa menyelesaikan semua hal dengan baik dan sekaligus masih punya waktu untuk diri sendiri dan juga suami.

Miliki To-Do List Yang Terorganisir   

Miliki to-do list Yang Terorganisir
Untuk memudahkan Anda dalam melakukan pekerjaan sehari-hari, buatlah to-do list yang akan dikerjakan sehari-hari. Bersih-bersih rumah dan memasak akan menjadi dua tugas utama yang paling menyita waktu. Oleh karena itu Anda harus mengalokasikan waktu yang cukup untuk dua hal ini, dan sebisa mungkin sembari multitasking.

Tidak Jijik Pada Hal Kotor   

Tidak Jijik Pada Hal Kotor
Jadi Ibu itu tidak boleh merasa jijik pada hal kotor. Tentu saja, sebab hampir semua pekerjaan rumah tangga berhubungan dengan yang namanya kotor. Mencuci piring, menyapu, mengepel, mengganti popok bayi, muntahan anak, dan hal-hal kotor lainnya. Tidak mungkin bukan, Anda mencari pertolongan setiap kali anak Anda buang air besar di popoknya?

Memperhatikan Apa Yang Dimakan Anggota Keluarga    

Memperhatikan Apa Yang Dimakan Anggota Keluarga
Biasanya Ibu memegang peran penting ini di rumah. Memasak makanan untuk keluarganya, atau paling tidak memastikan bahwa makanan yang dimakan keluarganya adalah makanan sehat dan memiliki kandungan gizi yang cukup. Hal-hal yang harus Anda perhatikan di antaranya:

  1. Ada-tidaknya label halal pada makanan (bagi yang membutuhkan)
  2. komposisi bahan makanan yang digunakan
  3. Tanggal kadaluwarsa dan tanggal produksi makanan
  4. Nomor pendaftaran (MD = produksi dalam negeri, ML =  produksi luar negeri, PIRT = produksi industri rumah tangga)

Memiliki Manajemen Keuangan Yang Baik   

Memiliki Manajemen Keuangan Yang Baik
Menjadi Ibu yang baik berarti memikirkan semua keperluan rumah tangga dan anak-anaknya secara hati-hati dan terukur. Anda sudah tidak bisa lagi berbelanja sesukanya dengan uang yang Anda kelola. Kini, keperluan rumah tangga dan keperluan anak akan menjadi prioritas utama. Pastikan Anda mampu membagi uang yang Anda kelola sesuai porsinya. Hal ini bukan berarti melarang Anda dan keluarga untuk berekreasi dan bersenang-senang, lho! Salah satu hal yang akan sangat membantu Anda dalam pengaturan keauangan adalah dengan menyediakan kebutuhan rumah tangga yang efektif digunakan tanpa harus mengeluarkan biaya besar, misalnya untuk kebutuhan membersihkan peralatan dapur, Anda bisa menggunakan Sunlilght Double Power yang merupakan konsentrat gel dengan kekuatan membersihkan dua kali lebih banyak. Sunlight Double Power akan membantu Anda membersihkan beragam peralatan dapur lebih efektif dan lebih banyak tanpa harus boros dalam menggunakannya.

Belajar Hal Baru Dari Buku 

Belajar Hal Baru Dari Buku
Seorang Ibu merupakan "sekolah" pertama untuk anak-anaknya. Maka dari itu, seorang Ibu harus cerdas. Kini menjadi cerdas tidak harus dilakukan melalui sekolah. Anda bisa berinisiatif untuk membaca buku-buku pengetahuan, bahkan koran atau majalah-majalah yang menayangkan info terkini. Ibu harus peka bahwa teknologi berkembang dengan 

Berpikir Secara Cerdas    

Berpikir Secara Cerdas
Seorang Ibu harus bisa menjadi sumber solusi dalam rumah tangga. Kurangi mengeluh, dan fokuslah pada hal-hal yang bisa Anda lakukan. Fokuslah pada solusi yang bisa Anda aplikasikan. Misalnya, Anda browsing di internet tentang cara membersihkan kamar mandi yang efektif dan mudah, serta tidak banyak memakan waktu. Dengan begitu, Anda akan dapat mengerjakan pekerjaan rumah tangga Anda dengan lebih efisien melalui cara yang cerdas. Dengan begitu, Anda akan dapat waktu luang untuk mengerjakan hobi Anda, lho! Mungking dengan menjalani yoga di rumah, atau berkebun? Pilihlah hal yang Anda sukai dan dapat menyegarkan pikiran.

Melek Teknologi   

Melek Teknologi
Teknologi akan membuat segala pekerjaan bisa menjadi lebih cepat dan mudah. Dengan bantuan teknologi, Anda pun bisa menjadi multitasking mom dan menggunakan waktu dengan efisien. Mampu menguasai teknologi juga tak hanya membantu Anda lebih cepat menyelesaikan pekerjaan rumah, tetapi juga akan meningkatkan kemampuan diri dan perbaikan taraf hidup.

Contohnya dengan internet, Anda bisa mencari berbagai sumber bacaan untuk menjadi ibu yang lebih baik, bagaimana membersihkan rumah dengan efisien, mengatur keuangan yang baik, membantu anak mengerjakan tugas sekolah bahkan bisa mendapatkan ide bisnis yang bisa membantu perekonomian keluarga.

Upaya menjadi ibu yang baik tentu tidak mudah dilakukan. Namun, Sebagai ibu rumah tangga di rumah yang harus melakukan banyak hal, menjadi ibu rumah tangga yang cerdas tidak sulit bukan? Semoga bermanfaat!

TOP