PERAN IBU DALAM MENJAGA KESEHATAN KELUARGA

Seorang ibu tak hanya berperan sebagai orang tua maupun ibu rumah tangga yang mengurus masalah rumah. Ada banyak peran lain yang harus dijalankan oleh seorang ibu, salah satunya adalah dalam cara menjaga kesehatan tubuh setiap anggota keluarga. Peran Ibu dalam menjaga kesehatan keluarga tidak dapat dipandang sebelah mata, Ibu merupakan penggerak dalam sebuah keluarga, dan harus peka terhadap setiap hal yang terjadi dikeluarganya. Rutin dalam memawa anggota keluarga check up ke dokter sejak masa kehamilan untuk memantau kesehatan Anda dan juga calon bayi.

Menjaga Kebersihan Rumah 

Menjaga Kebersihan Rumah

Hal sederhana ini sebenarnya tidak mudah untuk dipenuhi, lho! Banyak hal yang harus dilakukan untuk menjaga kebersihan rumah. Peran Ibu di sini terbilang cukup besar. Ibu harus bisa memastikan bahwa rumah yang ditinggalinya selalu bersih, terutama di musim penghujan seperti ini. Mungkin saja anak pulang sekolah kehujanan, dengan sepatu penuh lumpur dan kaki yang basah serta kotor. Selain mengganti baju anak, memastikannya untuk mandi dengan bersih, ibu juga harus membersihkan kotoran yang ada di pakaian anaknya, di lantai rumah maupun di sepatu. Jika hal sederhana ini ditunda-tunda bisa bayangkan berapa banyak kuman yang masuk ke dalam rumah dan membahayakan kesehatan keluarga?

Menjaga Kebersihan Dapur 

Menjaga Kebersihan Dapur

Dapur merupakan tempat di mana semua makanan dimasak, serta dekat dengan ruang makan di mana sebuah keluarga akan menyantap makanannya. Ibu yang cerdas tidak hanya menjaga kebersihan dapurnya, namun juga menjaga peralatan makan dan peralatan masak yang digunakan. Ibu cerdas akan segera membersihkan dan mencuci peralatan masak setelah memasak, serta mencuci peralatan makan setelah keluarganya selesai makan. Hal sederhana ini bisa jadi fatal akibatnya jika diabaikan. Makanan yang masuk ke tubuh bisa menjadi racun apabila disajikan melalui peralatan yang tidak higienis. Untuk itu, gunakanlah Sunlight Anti Bakteri yang mengandung ekstrak jeruk nipis asli dan kandungan anti bakteri yang tidak hanya membersihkan peralatan masak dan makan Anda, tetapi juga akan membasmi beragam bakteri yang menempel.

Selalu Menyajikan Makanan Sehat

Selalu Menyajikan Makanan Sehat

HIbu cerdas akan menghindari memakan makanan mentah dan tidak dimasak, karena kita tidak tahu kuman dan bakteri apa yang menempel di makanan tersebut. Ibu kan memastikan bahwa makanan dimasak dengan benar, menghindari bahan pengawet dan mengurangi penyedap rasa buatan, serta mencuci bahan makanan dengan bersih sebelum diolah.

Menerapkan Gaya Hidup Sehat 

Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Mengajarkan anak untuk mandi dua kali sehari merupakan salah satu cara menerapkan hidup sehat di dalam keluarga. Berolahraga secara rutin juga merupakan kegiatan yang mudah untuk diaplikasikan. Peran Ibu adalah sebagai inisiator dan contoh bagi keluarganya untuk menjalani gaya hidup sehat ini. Hal sederhana lainnya yang dapat dilakukan adalah mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, menggosok gigi dan mencuci kaki sebelum tidur, serta mencuci baju yang kotor dengan segera agar kuman dan noda tidak membandel.

Menyeleksi Jajanan Dan Cemilan Anak 

Menyeleksi Jajanan Dan Cemilan Anak

HSebagai anak-anak, tentu mereka senang berbelanja dan nyemil. Seorang ibu berperan untuk menjaga asupan makanan yang masuk ke tubuh anak. Bagaimana jika anak jajan di sekolah? Bagaimana mengontrolnya? Ibu bisa menyiasati hal ini dengan membuat cemilan dan jajanan sendiri dengan komposisi yang lebih sehat. Jika Ibu memenuhi kebutuhan anak untukk jajan dan nyemil, tentu anak akan lebih bersemangat untuk pulang ke rumah dan menyantap masakan ibunya, bukan?

Membawa Cairan Antiseptik

Membawa Cairan Antiseptik

Terkadang kita tidak bisa mencuci tangan sesuka hati. Ada kalanya kita terpaksa tidak mencuci tangan karena sumber air susah dijangkau. Siasati hal ini dengan berbekal cairan antiseptik ke mnapun Anda pergi. Mendapatkannya pun tidk sulit, Anda bisa mendapatkannya di berbagai supermarket atau minimarket. Ubah gaya hidup menjadi lebih sehat dimulai dengan membiasakan

Saling Terbuka Dengan Anggota Keluarga

Saling Terbuka dengan Anggota Keluarga

HKeluarga adalah tempat Anda pulang. Seorang ayah akan pulang ke rumah, begitupun dengan anak-anak. Ibu merupakan "rumah" bagi anggota keluarga lainnya. Jadi, seorang ibu sebaiknya tidak stres. Biasakan untuk saling terbuka sesama anggota keluarga. Lancarkan komunikasi agar setiap masalah bisa diselesaikan dengan pikiran jernih. 

Ibu juga dapat menjernihkan pikirannya dengan melakukan hobi yang dimilikinya. Berolahraga? Membaca buku? Berbisnis? Kini banyak hal yang bisa dilakukan dilakukan di rumah dengan bantuan teknologi. Ibu bisa memperluasvpengetahuan dengan membaca buku dan mengupdate berita terkini. Keluarga pun akan bangga lho, jika memiliki ibu yang cerdas dan berwawasan luas!

Menjaga Kebersihan Tubuh 

Menjaga Kebersihan Tubuh

Bukan hanya kebersihan rumah dan dapur yang harus menjadi perhatian Ibu, tetapi juga anggota keluarganya. Adakan inspeksi secara teratur, terutama kepada anak. Periksa rambutnya, kukunya, wajah, mata, telinga, gigi, kulit, mulut, tangan, kaki, dan lain-lain. Biasakan anak Anda untuk menjaga kebersihan, karena akan berpengaruh dalam kesehatannya sehari-hari. Mencegah penyakit lebih baik daripada mengobati, bukan?

Dari hal-hal diatas dapat dilihat bahwa peran seorang ibu dalam menjaga kesehatan keluarga begitu besar. Dalam banyak artikel kesehatan tubuh dan hasil penelitian akademik ditemukan hubungan erat antara Ibu dengan kesehatan keluarga. Dengan alasan kasih saying dan cinta, Anda akan selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk keluarga. Disinilah pentingnya pendidikan dan pengetahuan bagi para Ibu untuk terus menjaga kesehatan keluarga dan diri Anda sendiri.

Meski Anda sangat perhatian dengan kesehatan keluarga, namun kesehatan Anda sendiri juga jangan sampai diabaikan. Ibu yang sehat akan menghasilkan keluarga yang sehat sehingga dapat berkontribusi positif bagi masyarakat dan lingkungan. Anda memiliki peran penting dalam keluarga dengan memperhatikan banyak aspek, seperti pendidikan, kesehatan.

Kesehatan keluarga dan kesehatan Anda sendiri sama pentingnya untuk selalu dijaga dengan menerapkan gaya hidup sehat, bersih, rajin berolahraga, istirahat yang cukup serta mengonsumsi makanan yang sehat. Semuanya harus seimbang sehingga Anda sekeluarga sama – sama sehat dan juga bahagia.

TOP