PERAN IBU DALAM MENJAGA KESEHATAN KELUARGA

Seorang ibu tak hanya berperan sebagai orang tua maupun ibu rumah tangga yang mengurus masalah rumah. Ada banyak peran lain yang harus dijalankan oleh seorang ibu, salah satunya adalah dalam cara menjaga kesehatan tubuh setiap anggota keluarga.

Tanpa disadari oleh sebagian besar orang, banyak hal yang dilakukan para ibu untuk memastikan kesehatan anggota keluarganya. Bagi Anda para Ibu dalam menjaga kesehatan keluarga meliputi beberapa hal berikut.

  • Rutin dalam membawa anggota keluarga check up kedokter sejak masa kehamilan untuk memantau kesehatan Anda dan juga calon bayi.
  • Rutin membersihkan rumah untuk menghilangkan berbagai debu dan kotoran yang berpotensi menimbulkan penyakit bagi keluarga.
  • Menjaga kebersihan dapur beserta peralatan dapur sebagai tempat memasak dan mengolah makanan untuk keluarga.
  • Selalu berusaha menyajikan makanan sehat bagi keluarga untuk menjaga kesehatan.
  • Memilih bahan makanan terbaik bagi keluarga agar bisa mendapat manfaat terbaik yang dikandung bahan makanan.
  • Selalu selektif dengan jajanan dan cemilan anak.
  • Berusaha menerapkan gaya hidup sehat di rumah, seperti mengajarkan anak cara menjaga kesehatan tubuh dengan membiasakan mandi, mengganti baju, mencuci tangan sebelum makan, menggosok gigi dan sebagainya.
  • Mengajak keluarga untuk olahraga.
  • Menjaga waktu istirahat dan jam tidur keluarga.
  • Membatasi waktu menonton TV, bermain computer atau gadget untuk menjaga kesehatan mata, dan lain sebagainya.

Dari hal-hal diatas dapat dilihat bahwa peran seorang ibu dalam menjaga kesehatan keluarga begitu besar. Dalam banyak artikel kesehatan tubuh dan hasil penelitian akademik ditemukan hubungan erat antara Ibu dengan kesehatan keluarga. Dengan alasan kasih saying dan cinta, Anda akan selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk keluarga. Disinilah pentingnya pendidikan dan pengetahuan bagi para Ibu untuk terus menjaga kesehatan keluarga dan diri Anda sendiri.

Meski Anda sangat perhatian dengan kesehatan keluarga, namun kesehatan Anda sendiri juga jangan sampai diabaikan. Ibu yang sehat akan menghasilkan keluarga yang sehat sehingga dapat berkontribusi positif bagi masyarakat dan lingkungan. Anda memiliki peran penting dalam keluarga dengan memperhatikan banyak aspek, seperti pendidikan, kesehatan.

Kesehatan keluarga dan kesehatan Anda sendiri sama pentingnya untuk selalu dijaga dengan menerapkan gaya hidup sehat, bersih, rajin berolahraga, istirahat yang cukup serta mengonsumsi makanan yang sehat. Semuanya harus seimbang sehingga Anda sekeluarga sama – sama sehat dan juga bahagia.

TOP