KEBIASAAN UNTUK KESEHATAN KELUARGA

Kebiasaan - kebiasaan baik yang Anda terapkan di dalam rumah bersama keluarga dapat berkontribusi bagi kesehatan keluarga secara keseluruhan. Sudah menjadi bagian tugas Anda untuk mengurus keluarga dengan selalu mengingatkan anggota keluarga lainnya terutama anak untuk bersama – sama melakukan berbagai kebiasaan baik yang bisa meningkatkan kesehatan dan kebahagiaan keluarga.

Sebagai ibu, ada banyak kebiasaan baik yang bisa Anda terapkan di rumah. Dapur menjadi salah satu ruangan dimana kesehatan keluarga selalu menjadi pertimbangan karena disinilah Anda menyiapkan makanan untuk keluarga.

Dapur dan alat masak yang bersih dan sehat akan menghasilkan makanan yang enak dan sehat yang tentu saja berujung pada keluarga yang sehat. Berikut ini ada kebiasaan-kebiasaan baik yang bisa Anda lakukan di dapur untuk menjaga kesehatan keluarga.

  • Selalu cuci tangan sebelum memasak. Bisa dengan air mengalir ditambah dengan sabun pencuci tangan untuk memastikan tangan selalu bersih sebelum menyiapkan makanan untuk keluarga tercinta.
  • Perhatikan bagaimana susunan bahan makanan yang disimpan di dalam kulkas. Daging harus selalu diletakkan di bagian bawah kulkas dan sayur – sayuran harus diletakkan di bagian atas kulkas. Semua bahan makanan yang sudah dibuka dan dikonsumsi sebagian, harus diletakkan di dalam mangkuk plastik yang ditutup dengan rapat.
  • Bahan makanan kering seperti bumbu masak harus dijauhkan dari lantai untuk mencegah serangga seperti kecoa atau semut masuk ke dapur.
  • Usahakan untuk memiliki dua talenan untuk dua fungsi yang berbeda, satu khusus untuk daging dan yang lainnya untuk sayur dan buah.
  • Ganti kain lap dan juga bersihkan spons cuci setiap hari*.
  • Selalu mencuci peralatan masak begitu selesai masak, lalu tempatkan kembali ke tempat penyimpanan nya.
  • Selalu tutup makanan yang sudah selesai dimasak. Bersihkan permukaan dapur seusai memasak dan jangan lupa untuk mencuci tangan.
  • Masaklah ketika waktu makan sudah dekat karena makanan yang baru dimasak ada baik nya langsung dimakan. Makanan sisa bisa menjadi sumber berkembangnya bakteri dan mikro organisme. Jika ada makanan sisa, masukkan kedalam kulkas dengan wadah yang tertutup rapat.
  • Siapkan dua tempat sampah yang berbeda untuk jenis sampah yang berbeda, untuk sampah kering dan juga sampah organic seperti sayuran, kulit buah dan sebagainya.
  • Jika Anda memiliki hewan peliharaan, sebisa mungkin jauhkan mereka dari dapur karena mereka bisa saja membawa bakteri atau kuman di bulu mereka.

Jika Anda secara konsisten melakukan kebiasaan baik ini, maka Anda tidak akan merasa berat untuk melakukannya di kemudian hari. Meski harus sedikit lebih repot di dapur, tapi demi kesehatan dan kebahagiaan keluarga semua akan terasa ringan untuk dilakukan. Semoga bermanfaat!

* Anda bisa membersihkan spons cuci Anda dengan menggunakan Sunlight Plus Anti Bakteri yang sangat ampuh dalam menghilangkan dan memberikan perlindungan higienis, serta mencegah berkembangnya berbagai macam bakteri pada spons Anda.

PRODUK YANG DIGUNAKAN

TOP