CARA CEPAT MEMBERSIHKAN WAJAN DARI KERAK HITAM

Salah satu masalah dalam memasak yang sering dihadapi para ibu rumah tangga adalah timbulnya kerak hitam di wajan atau gosong. Hal ini bisa disebabkan oleh Anda yang harus melakukan banyak hal sembari memasak. Kerak hitam disebabkan juga oleh suhu api yang tidak sesuai. Jika Anda menyalakan api terlalu besar, tentu wajan Anda akan cepat gosong. Apalagi jika Anda masih menggunakan alat masak tradisional seperti kompor minyak ataupun menggunakan tenaga kayu bakar.

Anda bisa juga lupa jika sedang memasak dan meninggalkan masakan begitu saja di atas api atau kebetulan sedang memasak makanan yang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memasaknya sehingga meninggalkan bekas gosong dan kerak di wajan Anda. Selain aromanya yang tidak sedap, wajan Anda pun terlihat kotor dengan bekas berwarna hitam di dasarnya. Tentu saja pemandangan ini tidak enak untuk dilihat. Jika Anda mengalami hal yang serupa, jangan panik! 

9 Cara Membersihkan Wajan Yang Bisa Anda Lakukan Di Rumah Dengan Mudah! 

1. Menggunakan Air Panas Dan Sabun Cuci Piring

Menggunakan Air Panas Dan Sabun Cuci Piring

Merendam wajan gosong dengan air panas sesegera mungkin setelah Anda menggunakannya bisa jadi satu cara tercepat menghilangkan kerak hitam yang menempel di dasarnya. Jangan lupa untuk menambahkan sabun pencuci piring seperti Sunlight untuk membantu melembabkan kerak yang menempel pada wajan. Hal ini akan memudahkan kerak hitam terangkat ketika dibersihkan.  

2. Menggunakan Cuka

Menggunakan Cuka

Cuka memiliki kandungan asam asetat yang terbukti ampuh untuk mengangkat kerak hitam di dasar panci Anda. Cara membersihkan wajan menggunakan cuka pun cukup mudah. Anda hanya perlu menyiram cuka ke dasar wajan yang gosong, kemudian mendiamkannya selama beberapa menit. Asam asetat akan mulai bekerja dan memudahkan Anda menggosok dasar wajan Anda setelahnya. Cuci dengan sabun pencuci piring seperti biasa hingga bersih. 

3. Menggunakan Baking Soda Dan Air

Menggunakan Baking Soda Dan Air

Baking Soda ternyata memiliki kelebihan untuk membersihkan kerak hitam di wajan Anda, lho! Selain itu, bakin soda juga biasanya digunakan untuk membersihkan permukaan setrika yang gosong. Anda hanya perlu mencampur baking soda dengan air, kemudian oleskan ke bagian wajan yang gosong. Diamkan beberapa jam sampai hasilnya maksimal, kemudian cuci wajan dengan menggunakan sabun pencuci piring hingga bersih. 

4. Menggunakan Minyak Sayur

Menggunakan Minyak Sayur

Setelah Anda membersihkan wajan, oleskan minyak sayur tipis-tipis, atau semprot dengan minyak sayur. Dengan begini, wajan Anda akan lebih mengkilat, dan mengurangi risiko kerak hitam akibat gosong. 

5. Menggunakan Abu Gosok

Menggunakan Abu Gosok

Cara membersihkan wajan menggunakan abu gosok merupakan cara paling tradisional yang bisa dilakukan. Ingat ketika dulu memasak menggunakan kayu bakar? Nah, jangan sia-siakan abu kayu bakar itu begitu saja. Kumpulkan, kemudian campur dengan air hingga membentuk sebuah adonan. Gosok-gosokkan ke permukaan wajan yang berkerak hitam, kemudian bilas dengan bersih. Ulangi beberapa kali jika diperlukan. Anda tidak perlu khawatir jika merasa kesulitan mencari kayu bakar kemudian dicari abunya, belilah abu gosok di pasar tradisional. 

6. Menggunakan Jeruk Nipis

Menggunakan Jeruk Nipis

Selain untuk dikonsumsi, jeruk nipis juga berkhasiat untuk membantu Anda membersihkan wajan. Caranya cukup mudah. Pertama-tama, didihkan air dan letakkan di baskom yang cukup untuk menampung wajan Anda. Setelah itu, tuangkan campuran sabun pencuci piring dan jeruk nipis, aduk hingga rata. Rendam wajan berkerak anda selama beberapa jam atau semalam. Di pagi hari, Anda akan dimudahkan untuk mencuci wajan itu. Anda bisa menggosok bagian yang gosong hingga bersih. 

7. Membuat Pasta Pembersih Sendiri

Membuat Pasta Pembersih Sendiri

Jika kerak di dasar wajan Anda sudah terlalu parah, Anda bisa menyiasatinya dengan membuat pasta pembersih wajan sendiri. Bahan dasarnya mudah ditemukan, dan membuatnya pun mudah. Anda hanya perlu mencampuri baking soda dengan air perasan jeruk nipis. Oleskan pasta ini ke dasar wajan Anda yang gosong, kemudian diamkan selama kurang lebih 10-15 menit hingga pasta mengering. Setelah itu, panaskan wajan yang telah diberi air selama 10-15 menit.

Saat memanaskan air, Anda diperbolehkan untuk mengaduk-aduk airnya. Namun, pastikan Anda mengaduknya dengan menggunakan spatula yang tidak merusak wajan. Fokuskan adukan Anda ke bagian dasar wajan, namun jangan terlalu kencang. Setelah Anda mematikan kompor, biarkan wajan selama seharian atau semalam penuh. Sesudahnya, Anda bisa mencuci wajan menggunakan pencuci piring seperti biasa.  

8. Membekukan Panci Dan Wajan Yang Gosong

Membekukan Panci Dan Wajan Yang Gosong

Ternyata Anda bisa memebersihkan kerak hitam di wajan Anda dengan cara membekukannya di dalam kulkas. Pastikan kulkas Anda berukuran cukup untuk dimasukkan wajan. Simpan selama beberapa jam hingga bisa diangkat kotorannya. Setelah itu, cuci wajan Anda dengan sabun pencuci piring seperti biasa. 

9. Merawat Wajan Anda

Merawat Wajan Anda

Beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk merawat wajan Anda: 

  • Keringkan wajan dengan cepat dengan cara memanaskannya di atas kompor dengan api kecil.
  • Olesi wajan Anda dengan minyak sayur tipis-tipis sebelum menyimpannya.
  • Pastikan Anda mengeringkan wajan Anda hingga benar-benar kering setelah dicuci menggunakan sabun.

Sangat mudah dan sederhana bukan? Meski membutuhkan waktu semalaman untuk merendam wajan yang berkerak hitam di bagian bawahnya, namun hal ini dilakukan agar kerak yang ada semakin melunak dan mudah dibersihkan. Jadi jika lain kali Anda mengalami hal demikian, sebagai ibu cerdas Anda tak perlu panik lagi ya. Semua tips dan cara-cara di atas cukup mudah untuk dilakukan, bahkan tidak banyak mengeluarkan biaya. Tunggu apa lagi untuk menjadi ibu cerdas andalan keluarga?

PRODUK YANG DIGUNAKAN

TOP