CARA MEMBERIKAN PENGHARGAAN UNTUK IBU RUMAH TANGGA

Ada begitu banyak tugas yang harus dilakukan seorang ibu di rumah. Mulai dari membereskan rumah, memasak, mencuci, belanja, menjaga hewan peliharaan dan masih banyak lagi lainnya. Memang sudah menjadi kodrat seorang ibu untuk mengurusi rumah dan keluarganya.

Namun, bukan berarti semua harus dikerjakan oleh ibu loh! Anda bisa mengajak anggota keluarga untuk berbagi pekerjaan sehingga lebih cepat selesai dan memberi kesan sama-sama bertanggung jawab terhadap keluarga dan juga rumah.

Suami dan juga anak dapat menjadi partner yang asik untuk mengerjakan berbagai pekerjaan rumah tangga. Mendelegasikan pekerjaan kepada anak akan menumbuhkan sikap tanggung jawab dan kerja sama sedari kecil.

Dan bagi pasangan, membantu Anda, sang istri, dalam mengerjakan berbagai pekerjaan rumah bisa menunjukkan perhatian pasangan kepada Anda sekaligus memberi penghargaan untuk ibu yang telah bekerja keras setiap harinya. Berikut ini ada cara pembagian kerja bagi suami dan juga anak Anda, sehingga bisa mengerjakan pekerjaan rumah tangga dengan efektif dan efisien.

Untuk suami

  • Ajak suami bicara baik-baik tentang mengerjakan tugas rumah bersama-sama. Ungkapkan betapa repotnya anda seharian dan bantuan dari dirinya akan sangat membantu.
  • Buat list pekerjaan rumah tangga yang menurut Anda bisa dikerjakan suami secara kontinu. Berikan list tersebut dan biarkan dia memilih pekerjaan yang mana yang akan dihandle olehnya.
  • Ajarkan suami anda bagaimana melakukan tugas tersebut dengan benar. Misalnya bersih-bersih ruang tamu bisa dimulai dengan mengelap bagian furnitur untuk menghilangkan debu, membersihkan sofa, karpet, lalu vakum lantai dan dipel.

Untuk anak
Ada banyak pekerjaan rumah tangga yang bisa dikerjakan anak-anak dari berbagai kelompok umur. Berikan mereka pekerjaan sederhana yang sesuai kemampuan mereka, misalnya membereskan kamar sendiri, merapikan meja setelah makan, mengajak hewan peliharaan bermain dan sebagainya. Agar bantuan si kecil lebih efektif, anda harus menerapkan hal berikut:

  • Diskusikan dengannya pekerjaan apa yang menjadi tanggung jawabnya di setiap hari.
  • Jangan terlalu dipaksa. Anak-anak umumnya lebih suka melakukan sesuatu jika mereka senang melakukannya, bukan karena terpaksa.
  • Selalu awasi pekerjaan anak agar tak ada hal yang bisa membahayakannya.

Mengerjakan pekerjaan rumah bersama-sama tentu sangat menyenangkan. Namun ada kalanya Anda sebagai seorang Ibu berhak mendapatkan hadiah atas semua kerja keras yang dilakukan. Mendapat bantuan dari pasangan dan anak tentu merupakan sebuah hadiah yang indah.

Selain itu ada banyak pula penghargaan di luar sana yang diberikan khusus untuk para ibu. Contohnya Sunlight yang memberikan hadiah kepada Ibu dengan kisah terbaik. Hadiah Sunlight ini dipersembahkan untuk memberi penghargaan para ibu yang telah bekerja dengan luar biasa! Jadi jangan sungkan ya untuk berbagi pekerjaan dengan keluarga!


TOP