TIPS ASIK MENGAJARI ANAK MENCUCI PIRING

Sebagai orang tua, pasti ada banyak hal yang Anda ajarkan dengan si kecil. Salah satunya mungkin dalam cara untuk membantu ibu di dapur. Di antara banyak hal yang bisa Anda ajarkan dalam membantu ibu di dapur, satu hal sederhana yang bisa Anda ajarkan adalah dalam cara mencuci piring yang benar.

Mencuci piring dan membersihkan peralatan makan sendiri menjadi hal yang penting yang harus diajarkan pada anak sejak dini sebagai bahan pembelajaran tentang tanggung jawab, kebersihan dan berkontribusi pada keluarga.

Selain akan memperkuat kebersamaan dalam keluarga, ajaran seperti itu juga turut memperkuat keharmonisan dan rasa memiliki dalam keluarga. Berikut adalah tips dalam mengajari anak mencuci piring di rumah.

  1. Jika Anda memiliki anak lebih dari satu, ajak mereka semua untuk berkontribusi dalam mencuci piring. Anda bisa membagi beberapa tugas untuk dilakukan bersama. Ada yang membantu mengangkat piring kotor ke tempat cuci piring, membilas piring yang sudah dicuci, dan mengelap piring yang sudah bersih sebelum disimpan ke rak piring. Selain kebersihan, Anda juga turut mengajarkan tanggung jawab dan kerja sama kepada anak-anak.
  2. Delegasikan tugas yang sesuai dengan umur anak Anda. Jangan berlebihan juga atau terlalu “keras” dalam mengajari anak mencuci piring. Selain itu selalu dampingi mereka saat mereka melakukan setiap tugas yang sudah Anda berikan.
  3. Ajari urutan mencuci piring yang benar, dimulai dari mencuci cangkir atau gelas, lalu ke sendok dan garpu dan kemudian piring dan juga mangkuk. Hal ini agar mencuci piring tetap efisien dan bersih.
  4. Gunakan cairan pencuci piring yang aman dan lembut bagi tangan anak, misalnya Sunlight Clean and Soft yang mengandung khasiat jeruk nipis untuk membersihkan noda di piring dan Aloe Vera untuk melembabkan tangan. Dengan begini Anda merasa aman saat anak belajar mencuci piring.
  5. Jangan lupa ucapkan terima kasih dan pujian setelah mencuci piring selesai sebagai penghargaan atas tugas yang sudah diselesaikan. Memberi semacam hadiah, seperti dibuatkan smoothie segar atau ice cream juga akan memotivasi anak untuk mulai menanamkan rasa tanggung jawab dalam membantu berbagai tugas di rumah.

Semoga tips diatas mampu bantu Anda mengajari si kecil untuk belajar mencuci piring. Dengan saling berbagi tugas dan membantu, orang tua dapat mulai menanamkan rasa tanggung jawab pada anak-anak, selain itu, keharmonisan keluarga akan senantiasa terjaga dengan semakin kuatnya rasa saling memiliki dalam keluarga.

PRODUK YANG DIGUNAKAN

TOP