PERAN PENTING IBU DALAM MENJAGA KESEHATAN KELUARGA

Ibu memainkan peran sangat penting dalam keluarga. Ada begitu banyak tugas ibu rumah tangga yang diemban para Ibu, salah satunya adalah menjaga kesehatan keluarga dalam berbagai aspek, mulai dari kebersihan rumah, pakaian hingga makanan.

Meski bukan tugas yang mudah, namun berangkat dari kecintaan terhadap anggota keluarga semua hal akan sangat mungkin dilakukan, terutama memastikan apa yang dilakukan dan dikonsumsi oleh keluarga bermanfaat bagi kesehatan mereka. Berikut ini ada tips menjaga kesehatan keluarga bagi Anda para Ibu di luar sana demi mewujudkan keluarga yang sehat dan juga bahagia.

Memasak di Rumah
Dengan memasak di rumah, Anda tahu persis bagaimana tingkat kebersihan, kehigienisan bahan makanan yang digunakan dan juga proses memasaknya. Makanan pun juga kaya akan gizi yang diperlukan tubuh. Membiasakan masak di rumah sekaligus membiasakan keluarga untuk makan di rumah akan membantu Anda menjaga kesehatan keluarga sekaligus menciptakan keharmonisan dalam keluarga.

Ajari Anak Soal Makanan Sehat
Anak-anak sangat suka jajan di luar. Sebagai ibu Anda harus mengajari mereka soal makanan sehat dan higienis sejak usia dini. Ada baiknya Anda membawakan bekal setiap hari agar anak tak jajan sembarangan di sekolah dan mengajari mereka tentang makanan sehat.

Lakukan Aktifitas Fisik
Aktifitas fisik sama pentingnya dengan makanan sehat bagi tubuh. Sediakan waktu bagi Anda dan keluarga untuk melakukan aktifitas fisik bersama, entah itu sekedar jalan pagi saat weekend, berenang, bermain sepeda atau berkebun. Selain itu biarkan anak main bersama temannya di luar rumah untuk membuatnya tetap aktif dan sehat.

Biasakan Kebiasaan Sehat
Anda bisa menganjurkan anggota keluarga untuk melakukan kebiasaan-kebiasaan sehat setiap harinya, seperti mencuci tangan sebelum makan, menggosok gigi sebelum tidur, mencuci kaki setelah bermain di luar, ganti baju, membersihkan kamar sendiri, membuang sampah pada tempatnya dan masih banyak lainnya.

Gunakan Pencuci Piring yang Aman dan Ampuh
Piring merupakan wadah makan setiap anggota keluarga yang secara tidak langsung berhubungan dengan kesehatan keluarga. Piring yang kotor akan mengubah makanan lezat nan bergizi yang Anda masak menjadi sumber penyakit bagi keluarga. Oleh karena itu Anda harus memilih cairan pencuci piring yang mampu bersihkan piring dengan baik dan juga aman bagi keluarga.

Itulah beberapa peran penting seorang ibu dalam keluarga. Semoga dengan melakukan tips-tips di atas, Anda bisa meningkatkan sekaligus menjaga kesehatan keluarga di rumah. Selamat mencoba.



TOP