CUCI PIRING DENGAN TANGAN TERBUKTI TINGKATKAN KESEHATAN IBU DAN ANAK

Ada berita baik bagi Anda yang selama ini mencuci piring dengan tangan. Selain membersihkan piring dan membunuh kuman yang ada di piring kotor, ternyata mencuci piring dengan tangan mampu meningkatkan kesehatan anak. Hal ini tentu saja merupakan sebuah berita baik dalam upaya meningkatkan kesehatan ibu dan anak serta seluruh anggota keluarga yang ada di rumah.

Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh Dr. Bill Hesselmar dari Universitas Gothenburg, Swedia, menemukan bahwa anak-anak yang ibunya mencuci piring dengan tangan jarang terkena eksim, asma dan alergi dibandingkan anak-anak yang ibunya mencuci dengan mesin pencuci piring.

Penelitian yang melibatkan 1.029 anak-anak Swedia dengan rentang umur 7-8 tahun ini juga menemukan bahwa mesin pencuci piring yang sudah menjadi bagian gaya hidup orang yang tinggal di perkotaan malah menunjukkan kecenderungan menyebabkan alergi pada anak.

Para peneliti mengungkapkan bahwa hasil penelitian ini bukannya untuk menganjurkan para ibu untuk tidak menggunakan mesin pencuci piring, namun mereka mengungkapkan ide dibalik penelitian ini. Dengan menggunakan ‘hipotesis kehigienisan’, mereka mengatakan bahwa baik mencuci piring dengan tangan maupun mesin tidak bisa sepenuhnya membunuh bakteri.

Mereka juga berpikir bahwa mencuci piring dengan tangan tidak begitu efektif dalam membersihkan piring yang kemudian membuat tubuh terekspos banyak bakteri yang kemudian membuat tubuh menjadi kebal terhadap bakteri tersebut.

“Keseluruhan ide penelitian ini adalah manusia dan semua mamalia hidup memiliki bakteri di paru-paru, kulit dan organ tubuh lainnya. Dengan adanya banyak bakteri yang ada di dalam tubuh cenderung menstimulasi tubuh untuk menciptakan sistem ketahanan tubuh dan membuat tubuh semakin kuat” kata David Rosenstreich, ketua divisi alergi dan ketahanan tubuh Albert Einstein College of Medicine dan Montefiore Medical Center.

Jadi mencuci piring sangatlah penting untuk menjaga kesehatan Anda dan sekeluarga. Untuk menghilangkan lemak sekaligus bakteri yang ada di piring kotor, gunakanlah cairan pencuci piring yang memang sudah terbukti mampu membunuh bakteri.

Ibu dan anak yang sehat tentu saja akan meningkatkan kebahagiaan keluarga. Oleh karena itu mari tingkatkan kesehatan dan juga kebahagiaan keluarga dengan berbagai cara, salah satunya memastikan kebersihan piring yang menjadi wadah makan sekeluarga.



TOP