Cara Sehat Dalam Menyajikan Makanan Untuk Keluarga

Sudah menjadi sebuah kewajiban bagi seorang Ibu untuk memasak bagi keluarga. Makanan yang disiapkan setiap harinya, selain merupakan salah satu cara menjaga kesehatan tubuh Anda sekeluarga, juga merupakan sebuah bentuk rasa sayang dan perhatian terhadap keluarga yang bisa membuat keluarga lebih harmonis.

Memperhatikan asupan gizi dan nutrisi bagi seluruh anggota keluarga memang tugas seorang Ibu. Jika Anda memiliki suami pekerja kantoran dan anak yang masih bersekolah, tentu merupakan suatu tantangan untuk memperhatikan pola makan seluruh keluarga. Bisa saja anak Anda jajan sembarangan di sekolahnya, suami Anda belum tentu secara teratur membeli makan siang sehat di lingkungan kantornya. Lalu, bagaimana cara menyajikan makanan sehat yang tepat untuk keluarga?

Untuk anda yang gemar memasak untuk keluarga tercinta, penting bagi Anda untuk benar-benar memperhatikan makanan yang siapkan. Anda harus memperhatikan dan menjaga kebersihan makanan mulai dari proses persiapan hingga penyajian agar makanan senantiasa bersih dan higienis.

10 Tips Menyajikan Makanan Sehat

Anda harus seksama dalam memperhatikan makanan agar tidak ada kuman dan bakteri, atau bahkan bahan kimia dan sisa pestisida yang masuk ke makanan. Jika ini terjadi tentu saja akan sangat membahayakan kesehatan Anda dan keluarga. Berikut adalah tips menyajikan makanan dengan sehat dan higienis.

  1. Selalu cuci tangan terlebih dahulu sebelum mulai mengolah dan mempersiapkan masakan.

  2. Pilih bahan makanan yang masih segar, terutama buah, sayur dan aneka daging.

  3. Cuci bersih semua bahan makanan sebelum diolah.

  4. Pastikan peralatan masak juga sudah bersih, seperti pisau, talenan, berbagai macam piring, mangkuk, wajan, panci, semuanya. Gunakanlah Sunlight Plus Anti Bakteri sebagai penghilang bakteri yang mampu memastikan semua peralatan masak dan makan keluarga bersih bebas kuman dan bakteri.

  5. Masaklah menu makanan yang sehat, yang tidak mengandung banyak minyak, lemak dan garam.

  6. Gunakan rempah-rempah untuk menambah cita rasa sekaligus memberi manfaat baik bagi kesehatan keluarga melalui makanan yang dimasak.

  7. Sajikan makanan yang sudah selesai di tempatnya masing-masing. Pastikan setiap wadah untuk menyajikan makanan sudah dicuci bersih agar tak ada bakteri dan kuman yang menempel yang bisa tertelan masuk bersama masakan lezat yang anda masak tadi.

  8. Santap makanan selagi hangat. Jika sudah dingin, ada kemungkinan bakteri bisa berkembang di dalamnya yang tentu saja tak baik bagi kesehatan.

  9. Jangan lupa sediakan air putih dan buah-buahan sebagai pelengkap makan sehat di rumah.

  10. Selesai makan, segera cuci piring dengan Sunlight Plus Anti Bakteri agar bakteri tidak menempel dan berkembang biak di peralatan makan Anda.

5 Cara Memperhatikan Asupan Makanan Yang Dikonsumsi Keluarga

Selain 10 tips menyajikan makanan sehat di atas, Ibu juga perlu memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi oleh keluarganya. Tidak lupa pula memeperhatikan jam makan tiap anggota keluarga. Tugas seorang ibu memang berat, tapi bukan berarti tidak mungkin. Bagaimanakah caranya?  

  1. Sarapan dengan cukup. Sarapan merupakan makan yang paling penting sepanjang hari. Dengan makanan pagi, tubuh akan mendapatkan energi untuk beraktivitas dan melaksanakan rutinitas sehari-hari. Sarapan tidak perlu sampai kenyang, karena dapat menimbulkan kantuk. Anda pastikan saja bahwa asupan nutrisi dan gizi anak dan suami Anda tercukupi. Perhatikan kandungan yang terdapat dalam menu sarapan Anda, yaitu karbohidrat, protein, mineral, dan vitamin. Cukup banyak pilihan sarapan yang bisa Anda sajikan untuk keluarga. Roti gandum dengan scrambel egg, kentang rebus, tumis brokoli, akan jadi primadona untuk keluarga Anda. Hindari makanan dengan bumbu yang berbau dan beraroma tajam untuk sarapan, sebab akan berdampak pada perut.
  2. Cukupkan asupan nutrisi saat makan siang. Serat adalah nutrisi yang cukup sulit untuk dipenuhi kebutuhannya, terutama bagi masyarakat Indonesia. Kebutuhan serat tubuh kita setiap harinya adalah 30gram, namun kita sudah terbiasa memenuhinya hanya sekitar 10.5gram saja. Karena itu, makanlah dengan menu lengkap untuk makan siang Anda. Nasi, lauk pauk, sayur, serta buah. Jika anak Anda bukan penggemar berat sayur atau buah, cobalah menyajikannya dalam bentuk jus.
  3. Minum cukup air setiap harinya. Manusia membutuhkan air sebanyak 2 liter setiap harinya. penuhi kebutuhan itu untuk menjaga tubuh Anda terdehidrasi dengan baik, serta terhindar dari berbagai penyakit seperti kolesterol, jantung, serta stroke yang dapat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Bekali suami dan anak Anda dengan air minum untuk menjaga asupan air harian mereka. Membekali air dengan tumbler bisa jadi alternatif.
  4. Makan malam di waktu yang tepat. Makanlah sesore mungkin, makasimal dua jam sebelum Anda tidur. Dengan begitu, tubuh Anda memiliki waktu cukup untuk mencerna makanan sebelum tidur. Beberapa ahli gizi menyatakan bahwa banyak orang yang memiliki gangguan maupun penyakit pencernaan, ternyata memiliki kebiasaan makan larut malam. Usahakan makan malam Anda tidak berlebihan. Hal ini bisa menghindarkan Anda dari kesulitan pencernaan dan membantu Anda tidur lebih nyenyak.
  5. Pastikan kebersihan dan kesehatan makanan Anda. Pilihlah buah-buahan, sayur, atau daging yang masih segar. Pilih sayur yang berwarna terang, segar, dan tidak keriput. Hindari warna sayur atau buah yang berwarna terlalu mencolok, siapa tahu telah diberi pewarna. Selalu cuci bahan makanan yang Anda beli sebelum mengolahnya, untuk menghindarkan sayuran dan buah Anda dari bakteri dan kuman. Jangan terlalu lama mengolah dan memasak sayurnya, sebab akan menghilangkan nutrisinya.

Memulai sesuatu yang baik tidak selalu mudah, tapi Anda akan terbiasa. Hal ini tidak akan menjadi sulit lagi. Ikuti cara menyajikan makanan sehat dengan teratur untuk membiasakan gaya hidup dan pola makan sehat bagi keluarga Anda. Anda bisa memulainya sedikit demi sedikit, termasuk menghindari penggunaan penyedap masakan. Gunakan bahan-bahan alami yang tidak melalui banyak pengolahan.

Selain menjaga asupan makanan, Ibu perlu juga menjaga peralatan masak tetap bersih, sebab peralatan masak itulah yang digunakan untuk mengolah bahan makanan yang akan dikonsumsi oleh keluarga. Tentu tidak sulit untuk menjaga kualitas dan kebersihan makanan serta alat masak dan makan. Lebih berhati-hati saat memasak akan berdampak positif bagi kesehatan keluarga. Selamat Mencoba!

PRODUK YANG DIGUNAKAN

TOP