TATA CARA MENYIMPAN MAKANAN DI KULKAS

Lemari es atau kulkas adalah salah satu komponen elektronik dalam rumahtangga yang sudah tak asing lagi. Jenisnya pun beraneka ragam, mulai dari satu hingga tiga pintu, pintu berhadapan, dan masih banyak lagi. Harga pun bersaing, dari paling murah hingga paling mahal, tergantung kualitas dan merek. Memiliki kulkas memang banyak manfaatnya.

Kulkas mampu menyimpan dan menjaga kesegaran makanan, baik yang masih mentah maupun yang sudah matang. Namun, menyimpan makanan dalam kulkas ternyata tidak bisa sembarangan. Jika salah langkah, bisa menimbulkan bakteri atau kebusukan. Ada beberapa cara yang bisa Anda ketahui tentang cara menyimpan makanan di dalam kulkas.

Tidak Semua Sayur dan Buah Harus Masuk ke Kulkas

Tidak Semua Sayur dan Buah Harus Masuk ke Kulkas
Pembusukan sayur juga terjadi bila terkena air atau embun secara berlebihan. Faktanya, tidak semua jenis sayuran dan buah-buahan harus disimpan di dalam kulkas. Anda bisa menggunakan kantong plastik berlubang untuk ventilasi agar bahan makanan tahan lama. Plastik tertutup hanya akan membuat buah dan sayur cepat membusuk karena tidak ada sirkulasi udara. Buah dan sayur yang harus disimpan di kulkas seperti anggur, jagung, lobak, selada, jamur, daun bawang dan sayuran berdaun lainnya.

Mencuci Buah dan Sayur untuk Menghilangkan Bakteri

Mencuci Buah dan Sayur untuk Menghilangkan Bakteri
Sebagian besar bakteri menempel pada tanah, oleh sebab itu mencuci buah dan sayur sebelum disimpan sangat penting. Cuci buah dan sayur dengan Sunlight Extra Nature pada air mengalir, utamakan dari yang paling kotor terlebih dahulu. Terakhir, bilas dengan air matang. Cara lain bisa dengan mengupas atau memasak buah dan sayuran untuk menghilangkan bakteri. Menghindari pembusukan pada buah dan sayur bisa dengan cara meletakkan handuk kertas atau kain di dalam tempat penyimpanan buah dan sayur. Kain atau tisu tebal akan menyerap kelebihan kelembapan dan mencegah buah dan sayur membusuk.

Tutup Rapat Daging, Ikan, dan Unggas Agar Tetap Segar

Tutup Rapat Daging, Ikan, dan Unggas Agar Tetap Segar
Untuk menjaga kesegarannya, biarkan daging, ikan, dan unggas tetap tertutup rapat di dalam kemasan dari swalayan. Plastik polypropylene dapat digunakan sebagai pembukus untuk mengurangi risiko terkena bakteri berbahaya.

Hindari Meletakkan Makanan Berdekatan dengan Bahan Mentah

Hindari Meletakkan Makanan Berdekatan dengan Bahan Mentah

Untuk mengurangi potensi cemaran mikroba di dalam kulkas, jangan meletakkan masakan berdekatan dengan barang mentah. Aroma dari bahan mentah bisa terpapar ke makanan. Buah yang belum matang akan membusuk bila disimpan dalam kulkas

Tutup Makanan Sebelum Disimpan dalam Kulkas

Tutup Makanan Sebelum Disimpan dalam Kulkas

Makanan sisa atau yang berbau tajam sebaiknya dengan dalam wadah tertutup. Masakan yang disimpan dalam keadaan terbuka di kulkas dapur memicu berkembangnya mikroba. Sama halnya dengan makanan kaleng yang sudah dibuka, sebaiknya segera dihabiskan. Segera cuci wadah tersebut dengan Sunlight Extra Nature setelah digunakan untuk menjaga kehigienisan makanan di dalamnya. Sunlight Extra Nature mampu mengurangi bakteri dan kuman penyebab penyakit karena mengandung bahan alami seperti garam, ekstrak white tea dan jeruk nipis asli.

Gunakan Container atau Wadah Berkualitas

Gunakan container atau Wadah berkualitas

Sekarang banyak tersedia wadah plastik dengan kualitas food grade. Wadah ini bisa menjadi pilihan yang baik karena dapat digunakan untuk waktu yang lama. Materialnya yang kedap udara pun disesuaikan untuk menjaga kualitas makanan.

Hindari Menyimpan Makanan Panas ke Dalam Kulkas

Hindari Menyimpan Makanan Panas ke Dalam Kulkas

Jangan menyimpan makanan yang baru matang langsung ke dalam kulkas. Selain pendinginan yang tidak merata dan mempercepat makanan basi, hal ini juga dapat merusak kulkas

Beri Tanggal pada Makanan yang Disimpan

Beri Tanggal pada Makanan yang Disimpan

Beri tanggal pada setiap makanan yang disimpan, agar Anda tahu umur dari makan yang dimasukkan ke dalam kulkas. Batasi mengosumsi produk susu segar dan turunan nya maksimal satu hari sebelum jatuh tanggal kedaluwarsa. Produk jenis ini dapat rusak sebelum tanggal kedaluwarsa jika penyimpanan kurang baik


Selalu perhatikan kebersihan kulkas. Membersihkan kulkas dari hidangan yang disimpan terlalu lama dapat mengurangi bau pada kulkas. Kulkas yang terlalu penuh juga menghambat aliran udara di dalam kulkas. Jika kulkas sudah terlanjur berbau, cara menghilangkan bau kulkas yang paling mudah adalah dengan menaruh biji atau bubuk kopi di dalam wadah lalu letakkan di dalam kulkas. Semoga bermanfaat ya!



PRODUK YANG DIGUNAKAN

TOP