TIPS URUS RUMAH DAN ANAK TANPA STRES

Menjadi ibu adalah sebuah anugerah luar biasa yang juga diikuti dengan tanggung jawab yang juga luar biasa. Jika Anda bekerja di luar rumah, Anda harus tetap profesional sembari mengurus anak dan juga rumah. Hal ini tentu bukan pekerjaan yang mudah.

Jika Anda tak ada kegiatan di luar rumah, mengurus keluarga juga bukan tugas yang mudah. Hal ini yang kemudian banyak memicu stres di kalangan ibu rumah tangga. Agar Anda terhindar dari stres saat melakukan tugas mulia ini, berikut ada tips mengurus rumah dan anak tanpa stres yang bisa Anda coba di rumah.

Istirahat yang Cukup untuk Menjaga Kondisi Badan
Sesibuk apa pun Anda, jangan sampai mengorbankan kesehatan sendiri. Dengan banyaknya kegiatan ibu rumah tangga yang harus Anda lakukan, kondisi badan Anda harus selalu dalam keadaan prima agar bisa menghandle semuanya dengan baik. Kesehatan Anda sungguh berharga karena jika Anda sakit justru tidak ada hal yang bisa Anda lakukan di rumah.

Buat To Do List
Buatlah prioritas dalam kegiatan Anda di setiap harinya. Bahkan jika Anda hanya di rumah saja, Anda juga bisa membuat list prioritas apa-apa saja yang harus dikerjakan setiap hari agar tak ada yang terlewat dan semua bisa berjalan teratur dan Anda tak merasa begitu kewalahan mengatasi semua pekerjaan yang harus dilakukan.

Manfaatkan Waktu Sebaik Mungkin
Menjaga anak sembari mengurus rumah bukanlah hal yang mudah, apalagi jika si kecil masih balita dan membutuhkan perhatian ekstra. Namun Anda bisa memanfaatkan waktu tidur siang anak sebagai waktu untuk bersih-bersih rumah. Jangan lupa juga untuk sesekali mengecek keadaan si kecil.

Merancang Menu Masakan
Ada baiknya Anda juga membuat rancangan menu masakan yang akan dimasak untuk rentang waktu tertentu, misalnya satu minggu. Dengan begini Anda jadi tahu bahan makanan apa yang perlu dibeli, bisa memperkirakan berapa lama waktu pembuatannya dan sebagainya. Sebisa mungkin pilih menu makanan yang waktu pembuatannya tak begitu lama, namun tetap sehat dan enak untuk keluarga.

Jangan Segan Meminta Bantuan
Mengurus rumah dan anak tak sepenuhnya tanggung jawab ibu. Anda bisa meminta tolong kepada suami jika dia sedang di rumah untuk bermain bersama anak sementara Anda melakukan pekerjaan rumah. Intinya, jangan segan untuk meminta bantuan dari anggota keluarga lain untuk melakukan pekerjaan rumah dan juga menjaga anak.

Dengan melakukan tips diatas diharapkan Anda tak lagi stres dalam mengurus rumah dan juga anak. Jika Anda merasa sudah kewalahan, menggunakan jasa asisten rumah tangga bisa menjadi pilihan. Jangan merasa stres lagi ya!


TOP