Tips Jadikan Tempat Cuci Piring Bebas Bakteri - Sunlight

Tempat cuci piring adalah salah satu area terpenting di dapur. Disinilah Anda membersihkan berbagai bahan makanan dan juga mencuci berbagai peralatan dapur. Karena tugasnya yang lumayan ‘kotor’ ini membuat tempat cuci piring kerap berbau yang diakibatkan sisa-sisa makanan yang menempel. Aroma tak sedap yang keluar dari tempat cuci piring tentu saja lumayan mengganggu saat Anda berada di dapur.

Selain itu hal ini juga dapat mempengaruhi kesehatan ibu dan anak sekaligus seluruh keluarga karena tempat cuci piring yang kotor dan berbau adalah sumber bakteri penyebab penyakit. Agar tempat cuci piring Anda bebas bau dan juga aman dari bakteri, berikut ini ada tips yang bisa Anda coba lakukan di rumah.

Selalu Buang Sisa Makanan Sebelum Dicuci
Untuk menjaga kebersihan tempat cuci piring, biasakanlah untuk selalu membuang sisa-sisa makanan yang ada di piring terlebih dahulu sebelum mencucinya. Hal ini agar tak ada sisa makanan yang menempel di pipa pembuangan yang seringkali menjadi sumber bau di tempat cuci piring.

Bersihkan Permukaan Tempat Cuci Piring/Wastafel dari Sisa Lemak
Setelah mencuci piring, tempat cuci piring/wastafel biasanya akan berminyak dan berlemak. Anda harus membersihkannya agar tak ada bakteri yang tumbuh disana. Gunakan lemon dan juga garam untuk menghilangkan sisa lemak dan minyak yang menempel. Anda bisa juga menggunakan Sunlight Anti Bakteri sebagai cairan penghilang bakteri yang ampuh dalam membersihkan dan membunuh bakteri. Cukup teteskan ke permukaan cuci piring, lalu sikat hingga bersih.

Baca Juga : Wastafel Dapur Atau Tempat Cuci Piring Stainless Steel Nampak Baru

Bersihkan Pipa Tempat Cuci Piring
Cara membersihkan pipa tempat cuci piring sangatlah mudah. Anda disarankan untuk membersihkannya agar tak menjadi tempat tumbuhnya bakteri. Cara membersihkannya tuang cuka dan baking soda ke dalam pipa pembuangan, biarkan paling tidak satu jam, setelah itu siram pipa dengan air panas untuk menghilangkan semua kotoran yang mungkin melekat di pipa pembuangan.

Ganti Spons secara Berkala
Spons cuci piring merupakan tempat paling favorit bakteri untuk berkembang biak. Meski spons bisa dibersihkan dan disterilisasi, namun ada baiknya jika Anda mengganti spons secara berkala untuk meminimalisir kontaminasi bakteri di dapur Anda.

Bersihkan Dapur Setiap Hari
Tak hanya tempat cuci piring yang harus dibersihkan setiap hari, dapur pun juga harus dibersihkan secara keseluruhan di setiap harinya. Lap semua permukaan tempat cuci piring, kran, meja, semuanya lalu disinfeksi dengan cairan anti bakteri agar dapur selalu bersih aman dari bakteri.

Tidak terlalu sulit bukan untuk menciptakan tempat cuci piring dan dapur bebas bakteri? Silahkan mencoba tips diatas!


TOP