AKTIFITAS ASYIK BERSAMA ANAK DI DAPUR

Bagi seorang ibu, dapur merupakan tempat untuk melakukan berbagai aktifitas ibu rumah tangga, mulai dari bersih-bersih hingga memasak. Bagi anak-anak, dapur juga merupakan sebuah ruangan yang menarik sebagai lahan bermainnya. Namanya juga anak-anak, pasti mereka sedikit menganggu aktivitas Anda di dapur dengan bertanya ini itu, mengambil bahan makanan, lari kesana kemari dan sebagainya. Namun ternyata ada banyak aktivitas belajar yang menyenangkan yang bisa Anda lakukan bersama anak di dapur. Berikut ini ada beberapa kegiatan asyik yang bisa Anda lakukan di dapur bersama anak.

Memasak Bersama
Tergantung umur anak Anda, Anda bisa mengajaknya memasak bersama. Anda bisa mengenalkan kepadanya bahan-bahan makanan yang diperlukan untuk memasak menu kesukaannya, misalnya, lalu ajarkan bagaimana mencuci sayuran yang benar, dan sebagainya. Namun untuk alasan keamanan, jangan biarkan anak menyentuh pisau atau dekat-dekat dengan kompor. Biarkan mereka mengawasi dari jauh.

Membuat Stempel Lucu
Ambil buah-buahan atau sayuran lalu bentuk menjadi stempel dengan berbagai bentuk lucu, misalnya gambar hati (love), bintang dan sebagainya. Anda bisa membentuk buah dengan menggunakan pisau, lalu ambil pewarna makanan sebagai tintanya. Biarkan anak mulai bermain dengan stempel barunya sementara Anda bisa masak dengan tenang.

Bermain Musik
Letakkan banyak panci atau mangkuk di lantai dapur Anda, lalu beri anak Anda sendok kayu untuk memukul-mukul panci tadi dan menghasilkan suara yang beragam. Meski agak berisik, namun anak-anak biasanya sangat suka hal ini. Selain itu hal ini juga kana memacu kreativitas anak untuk menciptakan bunyi-bunyian yang enak di dengar dengan menggunakan berbagai benda.

Bermain Adonan
Sediakan adonan terbuat dari tepung, lalu letakkan di atas meja untuk lokasi si anak bermain. Biarkan dia bermain dengan adonan dengan membentuk berbagai bentuk. Anda bisa juga meminjamkan cetakan kue agar anak bisa mencetak berbagai bentuk lucu.

Membuat Perhiasan dari Pasta
Sediakan tali dan berbagai bentuk/jenis pasta. Biarkan anak bermain membuat kalung atau gelang dengan pasta-pasta tadi. Biarkan dia berkreasi sesukanya. Anjurkan juga dia membuat kalung dan gelang untuk semua anggota keluarga agar dia semakin antusias dalam menciptakan sesuatu yang baru.

Jadi lain kali jika anak juga ikut ke dapur saat Anda mulai memasak, jangan khawatir lagi. Ada banyak pembelajaran yang bisa Anda ajarkan kepada anak lewat aktivitas menarik di dapur. Mengurus keluarga pun akan semakin menyenangkan dan bebas stres! Silahkan mencoba!


TOP