PRINSIP MENATA PERALATAN DAPUR

Sebagai salah satu ruangan yang paling sering digunakan di rumah, Anda pasti setuju jika kebersihan dan kerapian dapur harus selalu dijaga. Masalahnya, ada begitu banyak sekali peralatan dan perlengkapan masak sekaligus makan yang tersimpan di dapur.

Jika tak rapi dan teratur dalam menyusunnya, akan ada suatu saat dimana Anda akan kebingungan untuk mencari sesuatu, misalnya saja mencari gunting di saat harus menggunting kemasan makanan. Hal ini tentu sangat tidak efisien dan membuang waktu karena masih banyak kegiatan ibu rumah tangga yang harus Anda lakukan.

Agar hal tersebut tak terjadi di dapur Anda, berikut ini ada prinsip-prinsip menata kitchen set sekaligus peralatan dan perlengkapan dapur agar rapi, terorganisir dengan baik dan mudah ditemukan jika dibutuhkan.

Area Peralatan Makan
Jika Anda memiliki lemari/khusus untuk menyimpan mangkuk, piring, gelas, cangkir, sendok dan garpu, susunlah berdasarkan jenisnya. Jangan lupa juga untuk menyimpan peralatan makan di tempatnya setelah dicuci.

Area Wastafel dan Potong-memotong
Area ini dikhususkan untuk mencuci, mencincang, memotong dan menyiapkan bahan makanan. Area ini mencakup wastafel dan sekitarnya. Disini Anda harus menyimpan berbagai peralatan yang dibutuhkan, seperti talenan, berbagai jenis pisau, gunting, lap tangan dan juga cairan pencuci tangan.

Area Memasak
Area ini tentunya dikhususkan untuk memasak berikut dengan peralatan masak. Daerah ini bisa meliputi kompor, oven, dan microwave. Di area ini Anda bisa menyimpan berbagai macam wajan, panci, teflon penggorengan, spatula, dan sebagainya. Pastikan juga bumbu-bumbu dapur berada di dekat area ini untuk memudahkan Anda saat memasak.

Area Bersih-bersih
Area ini dikhususkan untuk membersihkan sampah-sampah dalam mengelola bahan makanan. Letakkan tempat sampah di dekat wastafel untuk memudahkan membuang sampah. Sediakan juga lap tangan dan kain lap tambahan untuk mengelap bagian dapur yang kotor.

Area Mencuci Piring
Sediakan rak khusus untuk menyimpan sabun pencuci piring, spons dan sarung tangan karet di dekat wastafel. Selain itu sediakan juga rak piring kecil untuk meletakkan piring basah yang baru saja dicuci sebelum disimpan.

Pengaturan ini tak bersifat mutlak. Setiap rumah memiliki pengaturannya masing-masing, namun paling tidak prinsip di atas dapat dijadikan acuan untuk memiliki dapur yang rapi, bersih dan enak dipandang mata. Semoga bermanfaat!


TOP