TIPS AMAN MEMASAK BERSIH DARI BAKTERI

Sebagai seorang ibu, Anda pasti ingin selalu melihat keluarga bahagia dan sehat. Salah satu cara untuk mencapai hal tersebut adalah dengan selalu menyiapkan makanan sehat di rumah. Namun dapur ternyata rumah bagi begitu banyak bakteri sehingga Anda patut waspada ketika memasak karena takutnya ada bakteri di masakan yang Anda masak.

Bakteri bisa berasal dari bahan makanan yang akan diolah, peralatan masak yang tidak steril dan cara penyimpanan makanan yang tidak benar sehingga menjadi tempat bakteri tumbuh. Untuk memastikan kesehatan ibu dan anak dan bahkan seluruh keluarga, berikut ini ada tips aman memasak bebas dari bakteri di dapur. 

Saat Memasak

  1. Selalu cuci tangan Anda sebelum mengolah bahan makanan. Ini adalah hal paling dasar untuk menghindari kontaminasi bakteri saat memasak.
  2. Cuci semua sayuran dan buah-buahan di air mengalir sebelum dimakan langsung, dipotong-potong dan dimasak menjadi makanan lezat. Gunakan sabun pencuci piring mengandung cairan anti bakteri untuk memastikan bakteri tercuci dari bahan makanan Anda. Anda bisa menggunakan Sunlight Plus Anti Bakteri yang ampuh dalam membersihkan lemak dan bakteri dari berbagai peralatan dapur Anda.
  3. Pisahkan penggunaan talenan berdasarkan jenis bahan makanan. Jangan menggunakan talenan yang sama untuk bahan makanan yang berbeda karena bakteri sari satu produk makanan, katakanlah daging mentah bisa berpindah ke sayuran saat Anda memotongnya di talenan yang sama. Jadi siapkan talenan yang berbeda untuk memotong bahan makanan yang berbeda.
  4. Jika Anda mengolah daging, ada baiknya daging tersebut tidak dicuci terlebih dahulu karena bakteri yang ada di daging mentah dapat berpindah ke bahan makanan lain dan menyebabkan keracunan makanan. Marinasi daging Anda di kulkas untuk menghindari kontaminasi.
  5. Terakhir, masak makanan yang Anda buat hingga benar-benar matang. Hal ini akan menghilangkan bakteri yang ada di dalam makanan sehingga aman untuk dikonsumsi nantinya.

Setelah Memasak
Jika ada makanan yang tersisa, simpan di dalam wadah tertutup lalu letakkan di dalam kulkas. Jika dibiarkan begitu saja di atas meja makan maka bakteri akan mulai tumbuh di masakan Anda sehingga tak aman lagi untuk dikonsumsi. Suhu dingin dapat mencegah pertumbuhan bakteri.

Baca Juga : 10 Tips Memasak Makanan Berlemak

Meski tak terlihat oleh mata, namun dampak kesehatan yang ditimbulkan bakteri tidaklah main-main. Meski demikian Anda tak perlu takut berlebihan saat memasak. Silahkan lakukan tips-tips diatas untuk meminimalisir kontaminasi bakteri saat Anda memasak. Dengan selalu memperhatikan kebersihan saat memasak, Anda telah mempraktekkan cara hidup sehat untuk keluarga yang lebih sehat dan bahagia.


PRODUK YANG DIGUNAKAN

TOP