TIPS AMAN MENGGUNAKAN WADAH PLASTIK

Material yang satu ini ada dimana-mana dan digunakan di hampir semua benda/peralatan, tak terkecuali peralatan makan. Memang peralatan makan dan minum yang terbuat dari plastik sangat praktis untuk digunakan, mudah dibersihkan, tahan lama dan harganya jauh lebih murah dari peralatan makan yang terbuat dari material lainnya.

Setiap ibu rumah tangga pasti memiliki koleksi wadah plastik, mulai dari berbagai merek, ukuran, warna, hingga fungsi. Bahkan, muncul sebuah guyonan di internet, "Jangan pulang kalau menghilangkan wadah plastik Mama." Hal ini menunjukkan bahwa wada plastik memiliki arti penting bagi ibu-ibu masa kini.

7 Tipe Plastik Yang Digunakan Sebagai Bahan Pembuatan Wadah Plastik 

Namun amankah menggunakan wadah plastik untuk menyimpan makanan dan minuman? Apakah semua wadah plastik yang setiap hari kita lihat bisa digunakan untuk menyimpan makanan? Sama seperti amankah membeli makanan dan minuman yang dibungkus plastik? Sebelum menentukan akan membeli wadah plastik, ada baiknya Anda mengenal 7 tipe plastik yang biasa digunakan sebagai kemasan berbagai produk atau bahan pembuatan peralatan makanan. 

1. Polyethylene Terephthalate Atau PET/PETE

PETE
biasanya untuk botol soda, pencuci mulut, air minum kemasan. Ciri-cirinya adalah warna wadah plastik ini bening dan bertekstur kaku. Wadah plastik berjenis ini bisa digunakan kembali, selama diisi dengan cairan yang sama. Jadi, jika Anda membeli botol air mineral, maka isi kembali botol itu dengan air putih. Hindari dan hentikan pemakaiannya jika botol telah terkena sinar matahari secara langsung dalam waktu yang lama. Mengisinya dengan air panas juga tidak dianjutkan karena bisa melunturkan zat kimia pembentuk botol plastik sehingga bercampur dengan cairan yang ada di dalamnya.

2. High Density Polyethylene Atau HDPE 
High Density Polyethylene Atau HDPE
biasanya untuk susu botol, cairan pembersih rumah, botol sampo. Biasanya botol ini berwarna putih susu, namun sebenarnya bisa diwarnai apa saja. Tahan dalam suhu 17-82 derajat celcius, permukaannya seperti dilapisi lilin, dan tahan terhadap bahan kimia pelarut. Botol ini aman digunakan karena mampu mencegah reaksi kimia dengan barang/zat di luar kemasan.

3. Polyvinyl Chloride Atau V/PVC 
PVC
biasanya untuk pipa, ubin. Bahan ini sulit didaur ulang dan berbahaya untuk tubuh jika kansungannya masuk ke dalam tubuh kita, sehingga kemasan makanan dan minuman dilarang menggunakan plastik bahan ini. 

4. Low Density Polyethylene Atau LDPE 
Low Density Polyethylene Atau LDPE
biasanya untuk plastik kresek. Plastik dengan kode ini biasanya tidak berbahaya dan aman digunakan sebagai plastik pembungkus. Selain itu, plastik ini cukup kuat dan elastis sehingga juga digunakan sebagai wadah berbelanja. Plastik LDPE mungkin adalah plastik yang paling banyak kita jumpai. Sebaiknya kita mengurangi pemakaiannya, karena plastik merupakan bahan yang memiliki waktu cukup lama untuk didaur ulang.

5. Polypropylene Atau PP 
Polypropylene Atau PP
biasanya untuk botol kecap, saus, botol obat-obatan, wadah makanan. Plastik berbahan ini cukup kuat dan tahan panas serta awet, sehingga cocok digunakan sebagai wadah makanan. Biasanya kotak makan, botol susu bayi menggunakan bahan PP ini karena tahan panas.

6. Polystyrene Atau PS 
Polystyrene Atau PS
Tentu plastik jenis ini sudah sering kita temukan di kehidupan sehari-hari, biasanya digunakan untuk wadah makanan yang kita beli di restoran maupun rumah makan. Kita mengenalnya dengan styrofoam karena kansungan styrene tidak baik untuk kesehatan.

7. Other

Other
Kode nomor 7 dalam SPI adalah jenis plastik lainnya, dan memiliki tanda daur ulang. Other memiliki klasifikasi plastik yang tidak termasuk dalam 6 kode sebelumnya. Beberapa jenis plastik yang termasuk dalam kode 7 ini adalah PC (polycarbonate), SAN (Styrene Acrylonitrile), ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene), nylon dan melamin. Ciri-cirinya adalah berbahan kuat, serta tahan panas. Tidak mudah menentukan aman tidaknya kode 7 ini sebagai wadah makanan, sebab kode 7 tidak menjelaskan secara spesifik bahan pembuat plastik yang digunakan. Sebaiknya, pastikan bahwa wadah makanan yang Anda gunakan memiliki kode food grade, yang menunjukkan bahwa plastik Anda aman.

3 Tips Untuk Memastikan Wadah Plastik Aman Untuk Dipakai

Tips Untuk Memastikan Wadah Plastik Aman Untuk Dipakai

Para ahli mengungkapkan bahwa plastik nomor 2, 4 dan 5 aman digunakan untuk peralatan makan/minum karena lebih stabil dan aman jika digunakan dengan benar. Jadi periksa semua wadah plastik yang ada di dalam rumah Anda. Periksa jika wadah plastik yang Anda miliki terbuat dari bahan plastik yang dikelompokkan aman untuk digunakan. Untuk memastikan wadah plastik Anda aman untuk dipakai sehari-hari, berikut ini ada tips yang bisa Anda lakukan di rumah.

1. Pakai Wadah Plastik Sesuai Dengan Instruksi Maupun Fungsinya

Ada wadah plastik yang bisa diisi makanan/minuman panas, ada yang tidak. Ada juga wadah plastik yang hanya bisa digunakan sekali, seperti botol minuman kemasan. Perhatikan fungsi tersebut dengan seksama agar tetap aman digunakan sehari-hari.

2. Bersihkan Wadah Plastik Dengan Benar

Selain menggunakan sabun cuci piring, Anda bisa memebersihkan wadah plastik menggunakan bahan makanan, misalnya baking soda, jeruk lemon, bahkan minyak kelapa untuk menjaga warna wadah plastik Anda. Jika wadah plastik Anda berbau, jemurlah wadah plastik di bawah sinar matahari selama beberapa jam. Anda juga bisa menghilangkan bau wadah plastik Anda dengan meletakkannya di freezer kulkas Anda selama beberapa jam. Letakkan koran basah di dalamnya untuk menyerap bau yang terdapat di wadah plastik Anda. Setelahnya, cuci wadah plastik Anda hingga bersih. 

3. Cuci Wadah Plastik Dengan Menggunakan Sabun Pencuci Anti Bakteri

Untuk menghindari wadah plastik terpapar bakteri maka anda harus mencucinya dengan menggunakan sabun pencuci anti bakteri. Anda bisa menggunakan Sunlight Plus Anti Bakteri yang ampun dalam membersihkan lemak dan bakteri dari berbagai peralatan dapur Anda. 

Pemakaian wadah plastik memang tidak bisa dihindarkan. Namun Anda bisa lebih berhati-hati dan bijaksana dalam menggunakannya. Selama Anda mengikuti aturan yang dianjurkan, cuci plastik dengan benar, maka pemakaian wadah plastik tentu akan aman-aman saja.


PRODUK YANG DIGUNAKAN

TOP