Cara Mencuci Sayuran Yang Benar

Mencuci sayuran adalah hal penting yang harus selalu Anda lakukan di setiap hari. Meski harus menambah beban tugas ibu rumah tangga yang sudah Anda miliki, namun hal ini dianggap sangat penting untuk menjaga kesehatan Anda sekeluarga. Sayuran yang Anda di supermarket maupun pasar tradisional mungkin masih memiliki sisa pestisida yang menempel, kotoran, sisa tanah dan hewan-hewan kecil yang ada di lembaran-lembaran daun sayuran yang Anda beli.

Cara Mencuci Sayuran Yang Benar Dan Dianjurkan

Cara Mencuci Sayuran Yang Benar Dan Dianjurkan

Sangat penting untuk memastikan sayuran yang akan Anda masak bersih terlebih dahulu sebelum diolah lebih lanjut. Hal ini karena kotoran-kotoran yang disebutkan tadi dapat berbahaya bagi kesehatan Anda dan keluarga. Lalu bagaimana cara mencuci sayuran yang benar? Berikut cara mencuci sayuran yang dianjurkan.

  • Cuci tangan Anda hingga bersih sebelum melakukan kegiatan
  • Cuci di bawah air yang mengalir.
  • Buka lapisan atau lembaran pertama sayuran yang dicuci, misalnya kol/kubis. Rendam sebentar setiap sayuran yang Anda cuci untuk merontokkan ulat, tanah, lumpur, atau benda lain yang menempel di sayuran Anda.
  • Buka lembaran daun sayuran yang dicuci sambil digosok-gosok di bawah yang mengalir. Cuci satu per satu lembaran daun jika memungkinkan.
  • Perhatikan juga bagian batang sayuran untuk memastikannya bersih dari sisa tanah atau kotoran lain.
  • Cucilah dengan air mengalir dan gunakan Sunlight Extra Nature yang mengandung ekstrak jeruk nipis asli, white tea dan garam mineral alami yang ampuh membersihkan sayuran Anda lebih higienis.
  • Jika Anda membersihkan jamur, cukup sikat secara halus menggunakan sikat gigi. Tidak perlu mencucinya dengan air karena jamur menyerap air sehingga akan merusak rasanya.
  • Untuk alasan menghemat air, aturlah air keran Anda agar tidak terlalu kencang.

5 Bahan Alami Untuk Mencuci Sayuran

Selain dengan cara-cara di atas, Anda juga bisa mencuci sayuran dengan menggunakan bahan-bahan alami berikut ini:

1. Air Cuka

Air Cuka
Cuka dikenal sebagai bahan yang mampu membunuh kuman dan bakteri. Sebuah studi yang terangkum dalam Journal of Food Protection pada tahun 2003 menemukan bahwa apel yang dicuci menggunakan air cuka dapat mengurangi jumlah abkteri salmonella yang ada pada kulit apel secara signifikan ketimbang dicuci dengan air biasa. Tentu Anda bisa mengaplikasikannya untuk mencuci sayuran. Caranya mudah, campurkan cuka ke dalam wadah atau baskom untuk mencuci sayuran, kemudian cuci dan bilas sayuran dengan air cuka.

2. Soda Kue

Soda Kue
Soda kue atau baking soda juga sering digunakan ibu rumah tangga untuk membersihkan banyak hal. Selain digunakan untuk bahan masakan, soda kue juga berfungsi untuk mencuci sayuran, dan membantu meluruhkan sisa pestisida yang menempel di sayuran. Caranya cukup mudah, tambahkan 5 gelas air dan 4 sendok makan soda kue ke dalam baskom. Rendam sayuran Anda selama 15 menit di dalamnya, kemudian tiriskan dan bilas dengan air mengalir. Selain utnuk mencuci sayuran, Anda juga bisa menggunakan soda kue untuk membersihkan.

3. Kunyit

Kunyit
Rempah yang satu ini memiliki kandungan yang dapat membunuh kuman dan bakteri. Siapkan semangkuk air dan tambahkan 5 sendok teh bubuk kunyit, kemudian cuci sayuran Anda di dalamnya. Bilas dengan air mengalir setelahnya. Ini akan melunturkan sisa-sisa pestisida yang menempel, dan membunuh kuman di sayuran Anda.

4. Bubuk Garam

Bubuk Garam
CBubuk garam juga terbukti bisa melunturkan pestisida yang ada di sayuran Anda. Cukup campurkan garam dengan air, kemudian rendam selama 10-15 menit. Pastikan Anda membilasnya dengan air mengalir sebelum memakannya.

5. Kupas Kulit

Kupas Kulit
Untuk sayuran atau buah-buahan tertentu, Anda bisa mengupas kulitnya terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Mengupas kulit terbukti mengurangi sisa pestisida hingga 90 persen.

Tips Memastikan Keamanan Masakan Yang Dimasak

Tips Memastikan Kemanan Masakan Yang Dimasak

Setelah mencuci sayuran, jangan lupa untuk kembali mencuci tangan Anda untuk mencegah bakteri dan kotoran yang ada di tangan Anda berpindah ke sayuran yang sudah bersih. Selain selalu mencuci tangan dan juga sayuran yang akan dimasak, berikut ini ada hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk memastikan keamanan masakan yang Anda masak.

  • Bersihkan area memasak. Jika perlu cuci terlebih dahulu talenan dengan menggunakan air hangat. Membilasnya dengan air mengalir akan lebih baik, sebab akan langsung melunturkan kotoran, bakteri, maupun kuman yang masih menempel.
  • Ada baiknya Anda memiliki beberapa talenan untuk tugas yang berbeda; talenan untuk daging, buah dan sayur. Hal ini untuk mencegah kontaminasi bakteri ke bahan makanan lainnya.
  • Beli juga berbagai wadah untuk menyimpan bahan makanan. Untuk wadah plastik, pastikan membeli wadah plastik yang bebas BPA dan aman digunakan untuk makanan dan minuman.

Jika dilihat- lihat, memang kelihatannya cukup merepotkan. Namun, demi kesehatan keluarga, Anda pasti akan melakukannya bukan? Kesehatan suami dan anak Anda bukan sesuatu yang bisa dikompromikan. Biasakan sejak hari ini, dan lama-kelamaan Anda akan terbiasa untuk mencuci sayuran sebelum mengolahnya menjadi masakan. Lagipula, cara mencuci sayuran sebenarnya mudah, dan hanya terdiri dari beberapa langkah yang bisa dilakukan di dapur mana saja.

Ibu memiliki tanggung jawab untuk menjaga kesehatan keluarganya, dan melalui makanan yang dimakan oleh anggota keluarga adalah cara utama untuk melakukannya. Selalu sajikan makanan yang sehat, bergizi, bersih. Kurangi pula penggunaan penyedap masakan, dan maksimalkan penggunaan bahan-bahan alami dalam masakan Anda. Hal ini akan menghindarkan anggota keluarga Anda dari berbagai macam penyakit, terutama yang berkaitan dengan pencernaan. Mencegah lebih baik daripada mengobati bukan?

Mengurus keluarga memang membutuhkan kerja keras dan komitmen yang besar. Meski menguras tenaga, namun apapun tentunya akan Anda lakukan untuk kebahagiaan dan kesehatan keluarga bukan? Oleh karena itu mulai sekarang yuk cuci sayuran dengan benar sebelum diolah menjadi makanan!

PRODUK YANG DIGUNAKAN

TOP