Cara Menata Dapur Bersih Minimalis Modern Berukuran Kecil Dan Sempit

Memiliki dapur yang luas dan modern tak lebih keren daripada memiliki dapur yang kecil namun tersusun rapi. Besar kecilnya ukuran dapur di rumah anda tidaklah begitu penting. Kebersihan dan juga kerapihan dapur adalah yang terpenting karena sudah bagian dari aktivitas ibu rumah tangga, disanalah Anda menyiapkan masakan untuk keluarga sehingga kebersihan dan kehigienisan dapur dan peralatan yang digunakan sangat penting.

Dapur yang bersih saja tidak cukup. Anda juga harus menjaga kerapihan dapur dengan menata barang-barang di tempatnya. Terkadang, dengan begitu banyaknya kitchen set yang ada, Anda jadi bingung dalam mengatur dan menata dapur sedemikian rupa agar rapi serta bersih. Berikut ini ada tips menata dan menjaga dapur rumah Anda tetap bersih.

Simpan Peralatan Dapur dengan Urutan yang Logis
Karena ada banyak sekali pekerjaan yang dilakukan di dapur, untuk menghemat waktu sekaligus menjaga kerapihan dapur, ada baiknya Anda menyimpan maupun menempatkan berbagai benda/barang dengan urutan yang logis. Misalnya rak penyimpanan piring dekat dengan wastafel, bumbu-bumbu masak berada dekat dengan kompor, dan sebagainya.

Segera Cuci Peralatan Masak Setelah Selesai Digunakan
Setelah selesai memasak, segera cuci peralatan masak yang kotor. Jangan ditumpuk begitu saja karena rentan menjadi tempat favorit bakteri untuk berkembang biak. Selain itu noda masakan yang dibiarkan begitu saja dalam waktu lama akan semakin sulit dibersihkan. Oleh karena itu biasakan untuk selalu mencuci peralatan masak begitu anda selesai memasak.

Gunakanlah sabun pencuci yang ampuh mengatasi bakteri seperti Sunlight Plus Anti Bakteri yang terbukti ampuh membersihkan dan menghilangkan bakteri serta menjaga peralatan dapur dan makan Anda dari pertumbuhan bakteri.

Biasakan untuk Selalu Mengembalikan Barang-barang ke Tempatnya Semula
Setelah selesai memasak, biasakan untuk selalu mengembalikan barang-barang yang Anda pakai ke tempatnya semula. Letakkan pisau kembali ke raknya, cuci talenan lalu digantung atau disimpan, letakkan wajan dan penggorengan di tempatnya dan seterusnya.

Hal ini akan membuat dapur Anda terlihat rapi dan tak berantakan. Selain itu kebiasaan selalu mengembalikan barang ke tempatnya akan mempermudah aktivitas Anda di dapur karena mudah menemukan barang yang diperlukan untuk masak dan sebagainya.

Tata Barang di Lemari atau Rak Gantung
Untuk membuat tampilan dapur lebih cantik sekaligus rapi, Anda bisa menata perlengkapan masak dan makan di lemari kaca maupun rak-rak gantung. Jangan lupa untuk selalu membersihkan tempat penyimpanannya juga.

Bersihkan Permukaan Dapur Setiap Hari
Gunakan pembersih dan wiper untuk membersihkan permukaan berbagai benda yang ada di dapur, seperti wastafel, rak piring, meja makan, counter top, kulkas dan sebagainya.

Memiliki dapur yang bersih dan tertata rapi tentu akan membuat kegiatan memasak dan juga bersih-bersih di dapur lebih menyenangkan bukan? Semoga tips diatas bermanfaat!


PRODUK YANG DIGUNAKAN

TOP