Cara Menata Dapur Bersih Minimalis Modern Berukuran Kecil Dan Sempit

Dapur merupakan salah satu dari bagian rumah yang penting. Bahkan, sebelum tahun 1920, masyarakat Jerman menjadikan dapur tidak hanya sebagai tempat memasak dan makan, tetapi juga bermain, mandi, bahkan tidur. Memiliki dapur yang luas dan modern tak lebih keren daripada memiliki dapur yang kecil namun tersususun rapi. Besar kecilnya ukuran dapur di rumah anda tidaklah begitu penting.

Kebersihan dan juga kerapihan dapur adalah yang terpenting karena sudah bagian dari aktivitas ibu rumah tangga, disanalah Anda menyiapkan masakan untuk keluarga sehingga kebersihan dan kehigienisan dapur bersih dan peralatan yang digunakan sangat penting.Dapur yang bersih saja tidak cukup. Anda juga harus menjaga kerapihan dapur dengan menata barang-barang di tempatnya. Terkadang, dengan begitu banyaknya kitchen set yang ada, Anda jadi bingung dalam mengatur dan menata dapur sedemikian rupa agar rapi serta bersih. Berikut ini ada tips menata dan menjaga dapur rumah Anda tetap bersih.

Seiring berkembangnya gaya hidup, banyak orang mulai beralih ke kitchen set sederhana. Mungkin kehadiran kitchen set dirasa tidak terlalu esensial mengingat memasak sudah tidak selalu menjadi aktivitas sehari-hari. Namun bukan berarti dapur tidak lagi dibutuhkan. Oleh karena itu, kitchen set sederhana dianggap solusi agar kebutuhan memasak dan makan bisa terpenuhi tanpa menyia-nyiakan ruang dan biaya yang terlalu banyak untuk membuat kitchen set. 

Berikut ini 10 tips menata dan menjaga dapur minimalis di rumah Anda tetap bersih dan membuat nyaman penghuninya.  

1. Desain Awal Dengan Tepat Dapur Minimalis Anda   

Desain Awal Dengan Tepat Dapur Kecil Anda
Saat awal mendesain rumah, jangan lewatkan desain dapur dengan tepat. Karena dapur merupakan salah satu inti dalam rumah. Dekorasi dapur berbentuk L dapat menjadi pilihan desain. Desain penataan dapur ini terdiri dari dua buah counter yang tersusun seperti sudut siku-siku. Ini bisa memudahkan mobilisasi ketika sedang memasak di dapur, serta bisa digunakan oleh lebih dari satu orang.  

2. Buat Daftar Prioritas Peralatan Yang Diperlukan
Buat Daftar Prioritas Peralatan Yang Diperlukan

Karena terlallu banyaknya peralatan, ketika akan memasak kita bingung atau bahkan lupa menaruh alat-alat pentingnya dimana. Tidak ada salahnya membuat daftar prioritas peralatan. Ada beberapa peralatan masak yang wajib digunakan dan juga ada beberapa yang hanya digunakan sesekali. Untuk menata dapur minimalis, mulailah mengorganisasi peralatan memasak, dari yang sering digunakan sampai yang jarang digunakan.

Beberapa peralatan dapur dasar seperti garpu, pisau, satu set sendok, spatula, piring, dan gelas atau cangkir, untuk desain dapur minimalis harus diletakkan di tempat atau kabinet yang mudah kalau bisa selalu diletakkan di kitchen island (pulau dapur) atau meja konter. Kedua alat tersebut sangat vital dalam aktivitas memasak jenis apapun.

Untuk pisau, penting juga bagi kita untuk mengetahui berbagai macam fungsi dan jenis pisau yang ada pada satu set pisau tersebut. Sehingga, pada desain dapur minimalis, perlu disusun jenis pisau apa yang bisa digunakan untuk memotong daging, buah, bumbu, dan roti. Kamu bisa memilih, mana pisau yang bisa diletakkan di meja counter dan mana yang bisa disimpan di knive shelves. Rawat juga pisau secara rutin, supaya tidak ada pisau berkarat.   

3. Pilih Furnitur Yang Sesuai Untuk Desain Dapur Bersih Minimalis
Pilih Furnitur yang Sesuai untuk Desain Dapur Bersih Minimalis

Dalam menata dapur minimalis, gunakanlah furniture yang pas, seperti kursi dan meja makan yang terbuat dari bahan ringan dan ramping. Hal ini bisa membantu desain dapur minimalis agar tidak terlihat terlalu ramai dengan keterbatasan ruang yang ada. Menggunakan perabotan dan kitchen set yang berbahan utama stainless steel untuk desain dapur minimalis juga dianjurkan. Karena stainless steel bersifat netral, awet dan tahan lama. Banyak pula yang menggunakan kabinet berbahan dasar kayu. Motif alami permukaan kayu umumnya sudah pasti cocok dengan konsep dapur minimalis.  

4. Penempatan Cahaya Yang Cerdas Untuk Desain Dapur Bersih Minimalis
Penempatan Cahaya yang Cerdas untuk Desain Dapur Bersih Minimalis

Kunci dari suksesnya desain dapur minimalis ala chef sebenarnya adalah kesederhanaan.Dalam hal ini, kesederhanaan desain dapur minimalis salah satunya bisa diraih melalui pencahayaan ruangan yang tepat. Kamu tidak perlu memaksakan untuk memasang chandelier di dapur. Di dapur, kamu hanya butuh lampu gantung di langit-langit yang sederhana namun dengan watt yang cukup terang sehingga pekerjaan masak-memasak di rumah tidak terganggu.  

5. Gunakan Single Sink 
Gunakan Single Sink

Kitchen set minimalis dapat kamu buat menjadi lebih luas dengan penggunaan sink satu mangkuk atau single sink. Untuk kitchen set minimalis, kamu tidak perlu menggunakan banyak sink yang justru akan memakan banyak tempat. Solusinya bisa dengan menambahkan saringan yang dapat dilepas pasang pada bak cuci piring.  

6. Simpan Peralatan Dapur Dengan Urutan Yang Logis 

Simpan Peralatan Dapur Dengan Urutan Yang Logis
Karena ada banyak sekali pekerjaan yang dilakukan di dapur, untuk menghemat waktu sekaligus menjaga kerapihan dapur, ada baiknya Anda menyimpan maupun menempatkan berbagai benda/barang dengan urutan yang logis. Misalnya rak penyimpanan piring dekat dengan wastafel, bumbu-bumbu masak berada dekat dengan kompor, dan sebagainya. 

7. Segera Cuci Peralatan Masak Setelah Selesai Digunakan 

Segera Cuci Peralatan Masak Setelah Selesai Digunakan
Setelah selesai memasak, segera cuci peralatan masak yang kotor. Jangan ditumpuk begitu saja karena rentan menjadi tempat favorit bakteri untuk berkembang biak. Selain itu noda masakan yang dibiarkan begitu saja dalam waktu lama akan semakin sulit dibersihkan. Oleh karena itu biasakan untuk selalu mencuci peralatan masak begitu anda selesai memasak.

Gunakanlah sabun pencuci yang ampuh mengatasi bakteri seperti Sunlight Plus Anti Bakteri yang terbukti ampuh membersihkan dan menghilangkan bakteri serta menjaga peralatan dapur dan makan Anda dari pertumbuhan bakteri. 

8. Biasakan Untuk Selalu Mengembalikan Barang-Barang Ke Tempatnya Semula 

Biasakan Untuk Selalu Mengembalikan Barang-barang ke Tempatnya Semula
Setelah selesai memasak, biasakan untuk selalu mengembalikan barang-barang yang Anda pakai ke tempatnya semula. Letakkan pisau kembali ke raknya, cuci talenan lalu digantung atau disimpan, letakkan wajan dan penggorengan di tempatnya dan seterusnya.

Hal ini akan membuat dapur Anda terlihat rapi dan tak berantakan. Selain itu kebiasaan selalu mengembalikan barang ke tempatnya akan mempermudah aktivitas Anda di dapur karena mudah menemukan barang yang diperlukan untuk masak dan sebagainya. 

9. Tata Barang Di Lemari Atau Rak Gantung 

Tata Barang di Lemari Atau Rak Gantung
Untuk membuat tampilan dapur lebih cantik sekaligus rapi, Anda bisa menata perlengkapan masak dan makan di lemari kaca maupun rak-rak gantung. Jangan lupa untuk selalu membersihkan tempat penyimpanannya juga. 

10. Bersihkan Permukaan Dapur Setiap Hari 

Bersihkan Permukaan Dapur Setiap Hari
Gunakan pembersih dan wiper untuk membersihkan permukaan berbagai benda yang ada di dapur, seperti wastafel, rak piring, meja makan, counter top , kulkas dan sebagainya.

Memiliki dapur yang bersih dan tertata rapi tentu akan membuat kegiatan memasak dan juga bersih-bersih di dapur lebih menyenangkan bukan? Semoga tips diatas bermanfaat!


TOP