TIPS MERAWAT DAN MEMBERSIHKAN PERALATAN DARI STAINLESS STEEL

Saat ini peralatan dapur terbuat dari berbagai macam material. Salah satunya yang paling populer adalah terbuat dari stainless steel. Meski terkenal tahan lama dan kuat, namun peralatan dapur yang terbuat dari stainless steel memerlukan perawatan khusus agar tetap awet, bersih dan tetap mengkilap.

Sudah bagian dari tips menjaga kesehatan Anda dan keluarga untuk selalu menjaga kebersihan dapur dan isinya bukan? Jika Anda memiliki peralatan dapur dari stainless steel, berikut ini ada tips merawat dan membersihkan peralatan dapur yang terbuat dari stainless steel.

  1. Saat memakai peralatan stainless steel untuk pertama kali, ada baiknya cuci terlebih dahulu perabotan tersebut dengan air hangat yang sebelumnya telah dicampur dengan sedikit sabun dan perasan jeruk nipis. Hal ini berguna untuk menghilangkan kotoran yang mungkin menempel di peralatan dari pabrik asalnya.
  2. Untuk mencegah noda hitam (jelaga) karena terbakar api, misalnya untuk wajan maupun panci stainless steel, sebelum memasak olesi bagian bawah wajan dengan cuka atau perasan lemon agar noda jelaga tidak menempel.
  3. Untuk menjaga peralatan stainless steel Anda tetap mengkilap, lap dan keringkan perabotan Anda hingga kering setiap kali selesai dicuci. Jika memungkinkan, jemur peralatan masak tadi di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering. Hal ini berfungsi untuk memastikan peralatan tersebut sudah benar-benar kering dan sinar matahari bisa membunuh bakteri dan kuman yang menempel di peralatan stainless steel Anda.
  4. Untuk mengatasi permukaan peralatan stainless steel menjadi cokelat karena gosong, gunakan air perasan lemon atau cuka untuk menghilangkannya. Cuci peralatan stainless steel tadi dengan menggunakan lemon maupun cuka, lalu gosok perlahan. Setelah itu gosok dengan menggunakan sabun pencuci anti bakteri, bilas lalu keringkan. Anda bisa menggunakan Sunlight Plus Anti Bakteri dalam mencucinya yang sangat ampuh membersihkan dan menghilangkan bakteri serta mencegah pertumbuhan bakteri.
  5. Agar permukaan perabotan stainless steel tidak tergores saat dibersihkan atau dicuci, gunakan spons atau sikat dengan bulu lembut untuk menghilangkan noda.

Tidak sulit untuk merawat dan membersihkan peralatan dapur dari stainless steel. Dengan selalu menjaga kebersihan peralatan dapur, kesehatan keluarga serta kebersihan dan kehigienisan makanan pun bisa terjaga.


PRODUK YANG DIGUNAKAN

TOP