IBU SEHAT, KELUARGA PUN SEHAT

Ada begitu banyak tugas ibu rumah tangga yang harus dilakukan tiap harinya. Salah satunya adalah memastikan keluarganya selalu mendapat yang terbaik, mulai dari menjaga kesehatan keluarga lewat makanan dan pola hidup bersih hingga mendidik anak dan mengurus rumah. Berbicara soal menjaga kesehatan keluarga, seorang ibu biasanya selalu berada di garis depan untuk melindungi keluarganya dari berbagai penyakit dan masalah kesehatan.

Mulai dari selalu menerapkan gaya hidup sehat, rutin membersihkan rumah, mencuci pakaian, hanya memakai bahan makanan yang sehat dan segar, memasak makanan lezat nan bergizi, berolahraga dan masih banyak lainnya. Namun sayangnya terkadang Anda sebagai ibu melupakan keadaan diri sendiri. Hal ini mungkin karena terlalu sibuk memperhatikan keluarga sehingga lupa memperhatikan diri sendiri.

Hal ini tentu saja tidak benar karena Anda sebagai ibu juga harus sehat baru bisa menciptakan keluarga yang sehat juga. Karena ada banyak tugas yang Anda emban, kondisi tubuh Anda juga harus selalu fit dan sehat. Anda juga harus tahu cara menjaga kesehatan tubuh sendiri dan juga keluarga. Penelitian menunjukkan bahwa keberadaan ibu sangat berperan dalam menjaga kesehatan anak dan keluarganya.

Penelitian juga menunjukkan bahwa keberadaan ibu juga berpengaruh pada hasil studi anak. Selain itu, masih ada banyak lagi peran ibu bagi anak dan juga keluarga. Dengan begitu banyaknya tugas dan peran Anda sebagai ibu, tentu tak berlebihan jika Anda juga menjaga kesehatan diri sendiri.

Ada beberapa aktivitas sederhana yang bisa meningkatkan kesehatan Anda dan juga keluarga dengan cara yang menyenangkan. Sediakan waktu untuk berolahraga bersama. Sebut saja di akhir pekan. Gunakan waktu tersebut untuk olahraga bersama keluarga, misalnya jogging atau bersepeda. Bisa juga berenang bersama atau hiking. Dengan begini semua anggota tubuh bergerak dan Anda bisa punya banyak quality time bersama keluarga.

Libatkan keluarga dalam mengurus rumah. Delegasikan pekerjaan-pekerjaan yang sesuai dengan umur anak dan juga untuk pasangan. Biarkan mereka ambil bagian dalam mengurus rumah sehingga menimbulkan rasa memiliki dan tanggung jawab. Pekerjaan Anda pun akan semakin ringan, dan selalu konsumsi makanan sehat. Ajarkan anak untuk tidak jajan sembarangan dan jangan lupa buatkan mereka makanan maupun cemilan sehat.

Meski terkesan sederhana namun aktivitas-aktivitas di atas akan membuat Anda tetap bergerak aktif dan merasa bahagia karena menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta. Ingat, ibu yang sehat baru bisa menciptakan keluarga yang sehat pula. Semoga bermanfaat!

TOP