INI DIA CARA TEPAT BERSIHKAN PERALATAN MAKAN & MINUM BAYI

Bayi sangat rentan terhadap lingkungan sekitarnya, termasuk peralatan makan dan minum yang digunakan setiap hari. Peralatan ini dapat berupa botol susu, pompa ASI, wadah penyimpanan ASI, piring yang digunakan untuk menyiapkan bubur dan sebagainya.

Peralatan-peralatan ini harus selalu bersih dan steril sebelum dipakai si kecil karena sistem kekebalan tubuh bayi masih belum sempurna sehingga sangat rentan terhadap berbagai virus dan bakteri yang bisa menyebabkan penyakit. Jika Anda memiliki bayi di rumah, jangan khawatir. Berikut ini cara tepat dalam membersihkan peralatan makan dan minum bayi.

Sabun Pencuci
Dalam mencuci peralatan bayi, perhatikan cairan pencuci peralatan bayi yang Anda gunakan. Agar bersih dan terhindar dari bakteri, sebagai cairan pencuci anti bakteri Anda bisa menggunakan Sunlight Plus Anti Bakteri yang efektif membunuh bakteri dan sekaligus mencegah pertumbuhan ribuan bakteri pada spons Anda agar peralatan bayi Anda aman dipakai.

Gunakan Air Mengalir
Setelah dicuci dengan sabun, gunakan air mengalir untuk membilas peralatan makan dan minum si kecil tadi. Penggunaan air mengalir saat membilas membuat pencucian lebih bersih dan higienis.

Keringkan
Setelah selesai dicuci, ada baiknya peralatan makan dan minum bayi dikeringkan dengan cara disusun di rak yang sebelumnya sudah dibersihkan. Diamkan hingga benar-benar kering dengan alami. Namun jika ingin dipakai, gunakan kain yang bersih untuk mengeringkannya. Bisa juga mengeringkannya dengan menggunakan alat pencuci peralatan bayi modern seperti pemanas listrik (jika ada).

Sterilisasi
Sterilisasi peralatan makan dan minum bayi sangat penting untuk memastikan semuanya bersih dan terhindar dari kuman maupun bakteri jahat. Cara sterilisasi yang paling sering dilakukan dan mudah adalah dengan merendamnya di dalam air yang direbus.

Rebus air dalam panci, lalu masukkan peralatan makan dan minum bayi ke dalamnya untuk beberapa menit, lalu matikan kompor dan diamkan selama 10 menit atau hingga dingin. Setelah itu keringkan dan langsung simpan jika tidak dipakai.

Dengan mengikuti cara yang dianjurkan dengan cairan pencuci peralatan bayi yang efektif, peralatan makan dan minum bayi akan lebih higienis dan cocok dipakai oleh si kecil. Semoga bermanfaat!

PRODUK YANG DIGUNAKAN

TOP