TETAP SEHAT DI MUSIM HUJAN

Musim hujan masih belum berakhir. Hujan yang sering mengguyur akhir-akhir ini selain mempengaruhi mobilitas sehari-hari juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang serius. Kondisi udara yang lembab dapat membuat bakteri dan virus menyebar lebih cepat. Agar Anda dan keluarga tetap sehat di musim penghujan ini, berikut ini ada 7 tips menjaga kesehatan yang bisa Anda praktekkan di rumah.

 

Bekali Anggota Leluarga dengan Mantel/Payung

Sebelum anggota keluarga beraktifitas di luar rumah, bekali mereka semua dengan mantel atau payung untuk menjaga tubuh mereka tetap kering jika di tengah jalan turun hujan secara tiba-tiba.

 

Cuci Tangan

Mencuci tangan merupakan tindakan sederhana yang memberi manfaat luar biasa bagi kesehatan, terutama di saat musim hujan seperti sekarang ini. Pastikan anggota keluarga Anda mencuci tangan dengan benar, yaitu dengan menggunakan sabun dan air mengalir.

 

Selalu Mandi jika Kehujanan

Jika ada salah satu anggota keluarga kehujanan, anjurkan untuk segera mandi begitu tiba di rumah. Hal ini berguna untuk mencegah infeksi penyakit dari berbagai kuman dan bakteri yang mungkin menempel.

 

Perbanyak Konsumsi Vitamin C

Perkuat sistem kekebalan tubuh Anda dan keluarga dengan mengonsumsi lebih banyak vitamin C. Bisa dari suplemen makanan, maupun diperoleh secara alami dari buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin, seperti jeruk, strawberry dan buah lainnya.

 

Perbanyak Konsumsi Air Putih

Memperbanyak konsumsi air putih di musim hujan sangat baik untuk menjaga tubuh terhidrasi dengan baik. Hal ini juga akan membantu mengeluarkan racun dari tubuh Anda sekeluarga.

 

Bersihkan Rumah

Bersih-bersih merupakan salah satu aktivitas ibu rumah tangga yang paling berpengaruh dalam menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga, apalagi di saat musim hujan. Kegiatan bersih-bersih harus lebih ditingkatkan, terutama juga bersihkan lingkungan di sekitar rumah agar tak menjadi tempat nyamuk bertelur.

 

Dengan menggalakkan gaya hidup sehat dan melakukan tips-tips diatas, musim hujan tak akan lagi menjadi ancaman bagi kesehatan. Anda dan keluarga akan tetap senantiasa sehat dan bisa melakukan berbagai aktivitas ibu rumah tangga[1]  dan keluarga dengan baik.


 


TOP