TIPS MEMBERSIHKAN ALAT DAPUR BERBAHAN SILIKON

Saat ini ada banyak bahan dasar pembuat peralatan makan atau peralatan masak. Salah satunya adalah silikon. Ada banyak bentuk peralatan dapur yang terbuat dari silikon, mulai dari piring makan, mangkuk, cangkir, sendok, cup kue, spatula, loyang kue dan masih banyak lainnya. Kelebihan bahan yang satu ini adalah tidak lengket, tahan lama, tidak mudah selip di tangan dan harganya juga terjangkau.

 

Meski demikian, peralatan dapur yang terbuat dari silikon juga harus dibersihkan sesegera mungkin setelah selesai digunakan. Hal ini untuk mencegah adanya sisa makanan yang tertinggal di dalamnya yang bisa menjadi tempat bakteri untuk tumbuh. Jika Anda memiliki peralatan dapur yang terbuat dari silikon, berikut ini ada tips membersihkan lebih cepat  agar selalu tampak seperti baru dan tetap bersih meski dipakai berulang kali.

 

Hilangkan Sisa Makanan Terlebih Dahulu

Sebelum dicuci, Anda harus pastikan bahwa peralatan dapur Anda yang terbuat dari silikon bebas dari sisa makanan yang menempel. Jangan dikeruk menggunakan benda tajam karena akan menimbulkan goresan. Cara membersihkannya adalah merendam peralatan dapur Anda di dalam air hangat yang sudah diberi satu sendok cairan pencuci piring Sunlight Anti Bau. Rendam selama 10 – 15 menit agar sisa makanan tak lagi menempel di peralatan dapur Anda.

 

Cuci dengan Cara yang Benar

Karena peralatan dapur dari silikon mudah tergores sehingga merusak penampilannya dan memberi tempat bagi bakteri tumbuh, maka Anda harus mencucinya dengan cara yang benar.

      Setelah direndam, biasanya hampir semua sisa makanan yang menempel akan terlepas dengan sendirinya. Namun jika masih ada sisa makanan yang menempel, gunakan spons untuk membersihkannya. Jika peralatan dapur dari silikon tersebut memiliki bau yang menyengat, tips menghilangkan bau  tersebut adalah dengan menggunakan cairan pencuci piring yang mampu menghilangkan bau, seperti Sunlight Anti Bau.

      Setelah selesai dicuci dan dibilas hingga bersih, biarkan peralatan dapur dari silikon tersebut kering dengan sendiri.

 

Ketika sudah selesai dicuci, pastikan semuanya telah kering dengan sempurna dan kemudian simpan di tempat yang tertutup, misalnya di dalam kabinet atau laci-laci dapur agar terhindar dari debu dan kotoran lainnya.

 

Dengan tips-tips di atas, Anda bisa memastikan bahwa berbagai peralatan dapur Anda, khususnya yang berbahan silikon akan senantiasa bersih dan bebas dari bau. Hal ini akan membuat Anda semakin nyaman dalam melakukan berbagai aktivitas di dapur dengan peralatan dapur Anda.


 


PRODUK YANG DIGUNAKAN

TOP