Tips Membersihkan Alat Dapur

Mencuci peralatan dapur setelah digunakan merupakan rutinitas harian yang tidak boleh dilupakan. Dengan hadirnya mesin pencuci piring otomatis dan cairan pencuci piring yang semakin hari semakin efektif membersihkan noda dan lemak, mencuci piring tentu menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Namun, ada satu hal yang tidak boleh Anda lupakan, yaitu untuk merawat peralatan dapur yang Anda miliki; mulai dari kitchen set  hingga peralatan masak dan juga peralatan makan.

 

Hal ini tentunya untuk memaksimalkan umur pakai sekaligus menghemat uang daripada memberi peralatan dapur baru. Karena peralatan dapur terbuat dari banyak material, maka cara merawatnya pun tentu berbeda-beda. Berikut ini ada tips membersihkan alat dapur yang patut Anda ketahui.

 

Tips Membersihkan

      Untuk semua peralatan masak yang terbuat dari aluminium, stainless steel maupun teplon, cucilah dengan menggunakan air hangat dan cairan pencuci piring

      Jika ada sisa makanan yang menempel di wajan maupun panci, rebus air yang dicampur cuka di dalamnya hingga mendidih. Cara ini ampuh membuat sisa makanan yang menempel terlepas sehingga mudah dibersihkan.

      Noda atau sisa makanan yang menempel di peralatan masak juga bisa dibersihkan dengan menggunakan pasta baking soda. Buat pasta dengan mencampurkan air dan baking soda, lalu oleskan ke peralatan dapur yang ada sisa makanannya, tunggu hingga kering lalu cuci seperti biasa.

      Jika peralatan masak Anda memiliki bau sisa makanan yang baru saja dimasak, cara menghilangkan bau  tersebut cukup mudah. Anda bisa menggunakan cairan pencuci piring yang mengandung ekstrak teh hijau, seperti Sunlight Plus Anti Bau saat mencucinya atau merendamnya selama beberapa menit.

 

Agar peralatan dapur Anda lebih awet, Anda harus mengetahui tips-tips praktis dalam merawat beberapa peralatan dapur utama Anda berikut ini.

      Microwave: Jangan pernah meletakkan peralatan masak yang tidak microwave-safe di dalam microwave.

      Kompor gas: Jika kompor Anda memiliki lapisan kaca di atasnya, jangan menarik panci di atasnya karena bisa menyebabkan goresan yang merusak penampilan kompor Anda.

      Oven: Selalu gunakan sarung tangan saat mengeluarkan panci/loyang/mangkuk dari dalam oven. Selain itu selalu gunakan temperatur yang tepat saat memanggang sesuatu karena overheating dapat menyebabkan kerusakan oven dan juga panci/loyang/mangkuk yang dipakai.

      Sendok/garpu: Jangan gunakan sendok maupun garpu di peralatan masak yang tidak terbuat dari teplon karena dapat menggores permukaan peralatan masak Anda. Gunakan spatula yang terbuat dari kayu atau karet untuk mencegah goresan.

 

Yang terpenting adalah untuk mengeringkan peralatan masak/dapur sebelum disimpan untuk mencegah perubahan warna. Dan dalam mencuci dan membersihkan peralatan dapur Anda gunakanlah cairan pencuci piring yang ampuh seperti Sunlight Anti Bakteri yang tidak hanya membersihkan tapi juga ampuh dalam menghilangkan bau dan mengatasi bakteri yang seringkali ada di peralatan dapur Anda.

 

Dengan mengetahui dan memahami tips membersihkan alat dapur dan juga mengetahui bagaimana cara merawatnya, maka peralatan dapur Anda akan senantiasa terjaga kebersihannya dan terjaga dari berbagai kerusakan yang membuat alat dapur Anda dapat digunakan lebih lama. Semoga tips diatas mampu membuat peralatan dapur Anda bersih dan tahan lama.


 


TOP