5 Cara Membersihkan Sikat Pencuci Piring

Selain spons, saat ini banyak orang yang menggunakan sikat khusus untuk mencuci piring. Sikat memiliki banyak keunggulan dibandingkan spons untuk mencuci piring, seperti mudah dibersihkan, bisa digantung sehingga mudah kering dan kurang mendukung bagi bakteri untuk berkembang biak, mampu mencuci piring sama efektifnya dengan spons, bisa menjangkau daerah yang tidak bisa dijangkau tangan atau sudut-sudut yang susah dibersihkan dan lebih tahan lama.

Keuntungan yang ditawarkan sikat inilah yang membuat alat pencuci piring ini semakin ramai digunakan. Jika Anda menggunakan sikat pencuci piring atau mencuci botol, berikut ini ada beberapa cara efektif membersihkan sikat-sikat tersebut.

Baca Juga : Cara Membersihkan Botol Susu Bayi Dengan Sabun Pencuci Botol Susu Bayi

Cara 1:

      Bersihkan sisa-sisa makanan yang mungkin menempel di bulu sikat dan juga pegangan sikat. Sisa makanan dan kotoran lainnya dapat menjadi tempat yang sempurna bagi kuman dan bakteri untuk berkembang biak.

      Rebus air di dalam panci. Saat air mendidih, masukkan sikat pencuci piring ke dalamnya dan biarkan direbus selama kurang lebih 20 menit. Air panas mampu membunuh bakteri yang mungkin ada di sikat Anda.

      Setelah itu, keluarkan sikat dan dinginkan. Kemudian cuci dengan menggunakan sabun pencuci anti bakteri  untuk membunuh sisa bakteri yang ada. Gunakanlah Sunlight Anti Bakteri yang tidak hanya membersihkan lemak tapi juga menghilangkan bakteri dan mencegah pertumbuhan bakteri di spons 100 kali lebih baik dari sabun pencuci piring biasa.

Cara 2:

      Sumbat wastafel dapur Anda, lalu letakkan sikat pencuci piring ke dalamnya. Setelah itu beri air hingga seluruh permukaan sikat terendam

      Lalu tambahkan sabun pencuci piring seperti Sunlight Anti Bakteri ke dalam air rendaman itu dan biarkan sikat direndam selama 20 menit.

      Setelah itu bilas hingga bersih dan keringkan sebelum dipakai kembali.

Cara 4:

      Tuang alkohol murni ke dalam mangkuk besar. Alkohol murni (rubbing alcohol) dikenal mampu membunuh bakteri secara efektif.

      Masukkan sikat pencuci piring ke dalamnya dan biarkan selama 5-10 menit.

      Bilas dengan air hingga bersih dan keringkan sebelum digunakan kembali.

Cara 5:

      Bersihkan sikat dari sisa-sisa makanan.

      Tuang cuka ke dalam mangkuk, lalu masukkan sikat pencuci piring tadi ke dalamnya. Biarkan direndam selama beberapa jam.

      Setelah itu bilas hingga bersih dan gantung untuk mengeringkannya.

Tidak sulit untuk membersihkan sikat pencuci piring agar sikat tersebut dapat senantiasa bersih dan tidak menyebarkan bakteri pada piring atau peralatan dapur lain yang Anda bersihkan. Dengan beberapa cara di atas sikap pencuci piring Anda akan senantiasa terjamin kebersihannya.

 
TOP