Peran Ibu bagi Keluarga di Musim Hujan

Di musim hujan, biasanya anak-anak mudah sakit karena perubahan cuaca sekaligus kuman dan bakteri yang berkembang juh lebih cepat dibanding hari biasa. Tak hanya anak-anak, orang dewasa juga rentan terpapar kuman dan bakteri yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan serius. Karena seorang ibu memiliki peran penting dalam mengurus keluarga , berikut ini ada hal-hal sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga di musim hujan.

 

Selektif dalam Memilih Bahan Makanan

Saat berbelanja bahan makanan, ada baiknya Anda lebih selektif. Misalnya hanya membeli ikan yang masih segar dan lebih memilih sayuran yang banyak mengandung vitamin A dan C. Hal ini untuk menjaga kualitas bahan makanan yang akan Anda ubah menjadi masakan lezat untuk keluarga.

 

Mencuci Buah dan Sayur

Sebelum mengolahnya menjadi makanan maupun snack bagi keluarga, Anda harus mencuci buah dan sayur dengan benar untuk menghilangkan sisa kotoran dan pestisida serta hewan-hewan kecil yang mungkin menempel di sayur. Caranya sangat sederhana, yaitu rendam buah dan sayur ke dalam air yang sudah dicampur garam dan cuka, biarkan sebentar lalu cuci seperti biasa dengan air mengalir.

 

Anda juga bisa mengandalkan Sunlight Anti Bakteri dalam mencuci buah dan sayuran Anda. Sunlight Anti Bakteri dengan kandungan ekstrak jeruk nipis asli dan anti bacterial agent akan membersihkan buah dan sayur secara menyeluruh dan membantu mengatasi bakteri.

 

Membekali Keluarga dengan Masakan Rumah

Makanan yang dijajakan di pinggir jalan rentan terkena kuman dan bakteri yang terbawa udara. oleh karena itu selalu bekali anggota keluarga dengan masakan rumah untuk menjaga makanan yang dikonsumi. Masaklah makanan yang bergizi dengan menu bervariatif agar anak tak tergoda jajan sembarangan di sekolah.

 

Tambah Asupan Vitamin C Keluarga

Beli berbagai macam buah yang mengandung vitamin C, misalnya saja jeruk, strawberry, pisang dan lainnya. Ajak anggota keluarga untuk mengonsumsinya saat bersantai di rumah atau masukkan dalam bekal makanan. Vitamin C sangat berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

 

Sediakan Cemilan Sehat

Untuk menambah kekebalan tubuh anak, sekaligus memenuhi kebutuhan gizi keluarga, Anda bisa menyediakan cemilan sehat di rumah, seperti buah segar, buah yang sudah keringkan, berbagai jenis kacang, susu dan juga yoghurt.

 

Air Putih

Anjurkan anggota keluarga untuk banyak mengonsumsi air putih agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

 

Bersih-bersih Rumah

Diperlukan sedikit kerja ekstra untuk membersihkan rumah di musim hujan karena rumah jadi lebih mudah kotor. Pastikan tidak ada genangan air yang bisa menjadi tempat bertelur nyamuk penyebab demam berdarah, membersihkan rumah dari debu dan menjaga sirkulasi udara di dalam rumah tetap baik.

 

Meski kegiatan ibu rumah tangga   yang biasa Anda lakukan harus lebih ditingkatkan untuk memastikan semua sehat-sehat saja, namun kesehatan keluarga jauh lebih berarti, bukan? Selamat mencoba!


 


TOP