Ide Aktivitas Seru dengan Anak di Musim Hujan

Bagi anak-anak, hujan adalah saat yang menyenangkan. banyak dari mereka yang kemudian merengek ingin bermain di luar rumah menikmati air hujan. Namun membiarkan anak mandi hujan di luar rumah harus menjadi opsi terakhir Anda untuk menghibur anak di musim hujan seperti sekarang ini. Agar tugas ibu rumah tangga  harian Anda tak terganggu dan anak tetap terhibur, berikut ini ada ide-ide aktifitas menarik yang bisa Anda lakukan bersama keluarga di rumah saat hujan turun.

 

Bermain Permainan Tradisional

Anda bisa mengajak anak bermain permainan tradisional yang bisa dimainkan indoor, misalnya saja bermain congklak, injit-injit semut, bola bekel atau lompat tali. Tak hanya menghibur, permainan tradisional  juga bisa  mengajarkan anak untuk menghargai budaya, bersosialisasi serta berkomunikasi dengan baik.

 

Berburu Harta Karun

Bersama suami, Anda bisa menyembunyikan ‘kotak harta karun’ yang berisi snack favorit anak, lalu menciptakan petunjuk-petunjuk di seluruh rumah untuk memudahkan anak menemukan harta tersebut.

 

Membuat Eksperimen Sederhana

Ajak anak mengenal sains dengan cara yang menyenangkan. Misalnya melihat proses meresapnya air dengan menggunakan berbagai air warna, membuat roket dari air dan sebagainya.

 

Membuat Kerajinan Tangan

Asah kreatifitas anak dengan membuat berbagai kerajinan tangan. Bisa dengan membuat lukisan, melukis batu untuk diletakkan di halaman rumah dan lain sebagainya.

 

Memandikan Hewan Peliharaan

Jika Anda memiliki hewan peliharaan di rumah, ajak anak untuk memandikannya. Selain untuk membersihkan tubuh si hewan, anak pun bisa sekalian bermain dengan air dan busa tanpa takut sakit.

 

Memasak

Ajak anak untuk memasak makanan, kue atau cemilan favoritnya. Misalnya saja membuat sandwich, cokelat panas, salad buah atau sekedar membuat susu. Libatkan anak dalam proses pembuatan makanan tersebut agar mereka tak bosan berada di dalam rumah selama hujan.

 

Bermain Hujan

Untuk menjaga kesehatan ibu dan anak  serta anggota keluarga lainnya, pakailah jas hujan saat bermain air hujan di halaman rumah. Anda bisa bermain air di teras rumah, menampung air hujan lalu membuat kapal dari kertas untuk dimainkan di air tadi. Namun jangan biarkan anak bermain terlalu lama. Siapkan air hangat untuk air mandi anak dan juga Anda, lalu buatkan teh, susu maupun cokelat panas untuk menghangatkan badan.

 

Musim hujan tidak selalu menjadi anggapan akan membuat anak dan keluarga sakit. Justru, banyak aktivitas menarik yang bisa ibu lakukan dengan anggota keluarga lainnya di musim hujan. Tak terlalu sulit bukan membuat anak tetap terhibur selama hujan turun? Selamat mencoba! 


 


TOP