Tips Membersihkan Wajan Anti Lengket

Wajan anti lengket merupakan salah satu peralatan masak penting bagi setiap dapur. Banyak ibu rumah tangga yang menyukai wajan anti lengket karena memudahkan kegiatan memasak, tahan lama dan mudah dibersihkan. Namun bukan berarti Anda bisa mencuci peralatan masak satu ini secara asal-asalan.

 

Hal ini karena jika Anda salah dalam membersihkannya, maka lapisan anti lengket yang ada di permukaan wajan akan mengelupas sehingga tak lagi menjadi wajan anti lengket. Anti lengket yang mengelupas juga akan membuat tampilan wajan Anda kurang sedap dipandang. Agar wajan Anda bersih dan tahan lama, berikut ini ada tips membersihkan wajan anti lengket yang bisa Anda praktekkan di rumah.

 

Hilangkan Noda Lemak Terlebih Dahulu

Cara membersihkan lemak secara cepat  di wajan anti lengket adalah dengan mengisi wajan tersebut dengan air dan cuka, lalu rebus hingga mendidih. Anda akan bisa melihat minyak yang terpisah dari air. Setelah itu matikan kompor dan biarkan wajan dingin terlebih dahulu. Lalu gunakan kertas koran atau handuk untuk menyerap minyak dari rebusan tadi.

 

 

Rendam di Air Hangat

Letakkan wajan anti lengket Anda di dalam wastafel yang berisi air hangat yang sudah dicampur cairan pencuci piring. Jika wastafel tak muat, gunakan baskom atau ember besar untuk melakukannya. Gunakan cairan pencuci piring yang mampu membersihkan noda lemak dengan cepat, tetapi juga dapat menghilangkan bau sisa makanan yang Anda masak; misalnya menggunakan Sunlight Jeruk Nipis 100.

 

Gosok, Bilas Lalu Keringkan

Gunakan spons untuk menggosok permukaan wajan tadi untuk membersihkannya, lalu bilas hingga bersih. Ingat untuk selalu menggosok dengan perlahan agar lapisan anti lengket yang ada di wajan tidak mengelupas atau rusak. Jangan pernah sesekali tergiur untuk mengeruk bagian dalam wajan dengan benda tajam, seperti sendok, pisau dan sebagainya. Gunakan kain microfiber atau kain berbahan halus untuk mengeringkan wajan sebelum disimpan di rak piring.

 

Sebagai tambahan, berikut ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat mencuci wajan anti lengket dan peralatan masak lainnya yang juga anti lengket.

 

      Hindari penggunaan sabun cuci piring yang mengandung bahan kimia keras untuk membersihkan wajan anti lengket. Hal ini karena wajan ini sebenarnya mudah dibersihkan sehingga tak perlu bahan kimia untuk membersihkannya.

      Jika Anda tak bisa langsung mencuci wajan setelah digunakan, isi wajan dengan air agar noda yang ada tak mengendap.

 

Dengan proses pembersihan yang benar, wajan anti lengket Anda tak hanya akan bersih dan bebas bau, tetapi juga awet digunakan dalam jangka panjang. Selamat mencoba!


 


TOP