Tips Pintar Mencuci Piring Saat Camping Bersama Keluarga

Camping bersama keluarga bisa dikatakan sebagai one stop entertainment untuk seluruh anggota keluarga. Hal ini karena camping bisa dinikmati siapa saja, dapat menikmati keindahan alam, bisa menambah quality time bersama keluarga dan masih banyak lainnya.

 

Camping juga dianggap lebih murah dibandingkan jika Anda berlibur ke luar kota bahkan ke luar negeri. Selain keceriaan dan kebersamaan bersama keluarga, Anda harus tahu bagaimana cara mencuci piring karena pastinya tidak ada tempat cuci piring[1]  di alam terbuka, bukan? Jangan khawatir, berikut ini ada tips pintar mencuci piring saat camping yang bisa Anda coba nantinya.

 

      Rebus air terlebih dahulu, lalu sediakan 3 ember untuk diisi dengan air yang berbeda-beda.

      Isi ember pertama dengan air hangat yang diberi sabun pencuci piring  yang efektif menghilangkan lemak dan bau. Gunakanlah Sunlight Anti Bau yang merupakan kombinasi dari kekuatan pembersih lemak jeruk nipis dan kandungan teh hijau yang mampu menghilangkan bau tidak sedap 50% lebih baik dari pencuci piring biasa.

      Isi ember kedua dengan air hangat untuk air bilasan.

      Isi ember ketiga dengan air dingin untuk air bilasan terakhir.

      Setelah selesai makan, kumpulkan peralatan makan yang kotor.

       Jika ada sisa makanan, masukkan ke dalam plastik agar mudah dibuang nantinya.

      Gunakan sarung tangan karet saat mencuci agar tangan tak terluka oleh air hangat yang digunakan. Cuci peralatan makan dari yang tidak terlalu kotor hingga yang sangat kotor. Anda bisa memulai dengan mencuci gelas atau cangkir, lalu ke sendok makan, lalu piring yang diikuti dengan mangkuk dan yang terakhir wajan.

      Bilas satu per satu peralatan makan yang sudah dicuci ke ember nomor dua dengan cara mencelupkannya ke dalam air hingga busanya hilang.

      Setelah itu, bilas lagi dengan air yang ada di ember nomor 3. Setelah itu keringkan dan lap peralatan makan dan masak yang dicuci sebelum disimpan kembali.

 

Setelah selesai, lihat jika ada sisa makanan atau kotoran yang ada di air bekas cucian piring tadi. Jika ada, gunakan kertas atau kain lap untuk menyaring sebanyak mungkin sisa makanan untuk dibuang ke tempat sampah.

 

Dengan begini, air bekas cucian piring bebas dari kotoran sehingga tidak akan meninggalkan sampah saat dibuang ke tanah. Perhatikan pula untuk tidak membuang air bekas cuci piring tadi ke sungai, danau atau aliran air yang ada di dekat lokasi camping.

 

Dengan tips pintar mencuci piring ketika camping, maka Anda dan keluarga perlu kawatir lagi dengan persoalan bagaimana mencuci piring ketika camping. Aktivitas camping dengan keluarga pun akan semakin menyenangkan.


TOP