AGAR BOTOL BAYI STERIL LEBIH LAMA

Menjaga kebersihan segala bentuk peralatan bayi merupakan pekerjaan yang tidak bisa dianggap sebelah mata. Sistem kekebalan tubuh bayi yang masih belum sempurna membuat mereka lebih rentan terserang kuman dan bakteri yang bisa membahayakan kesehatannya. Salah satu peralatan bayi yang harus betul-betul Anda jaga kebersihannya adalah botol susu.

Entah Anda memberi ASI perah maupun susu formula kepada bayi, botol susu harus selalu dalam keadaan ready, bersih dan steril untuk memastikan si kecil mendapat asupan gizi yang dibutuhkan tanpa terkontaminasi kuman dan bakteri. Agar botol susu bayi Anda bersih dan tetap steril dalam waktu yang cukup lama, berikut ini ada tips yang bisa Anda coba di rumah.

Cuci Botol Susu
Sebelum disterilkan, botol susu bayi harus dicuci terlebih dahulu. Untuk membersihkan botol bayi, Anda membutuhkan sikat botol berbulu halus, air panas dan sabun pencuci piring yang ampuh mengatasi bakteri sebagai pencuci peralatan bayi, misalnya Sunlight Anti Bakteri. Berikut step by step cara bersihkan botol susu.
● Sumbat wastafel, lalu tuang air panas ke dalamnya. Setelah itu tambahkan Sunlight Anti Bakteri yang tidak hanya ampuh dalam membersihkan tapi juga ampuh dalam mengatasi bakteri.
● Masukkan botol susu, dot dan peralatan botol susu lainnya ke dalam wastafel.
● Tuangkan air panas yang sudah diberi sabun pencuci piring ke dalam botol dan gunakan sikat untuk menyikat botol hingga bersih. Setelah itu bilas dengan air keran.
● Gunakan sikat khusus dot bayi yang biasanya berukuran kecil untuk mencuci bagian dalam dot untuk menghilangkan sisa susu yang mengendap di ujung dot.
● Bilas semua peralatan botol susu dengan air keran hingga bersih.
● Gunakan pencapit botol yang steril untuk mengangkat botol susu dan komponennya ke rak pengeringan.

Sterilkan
Ada banyak metode yang bisa Anda pilih untuk mensterilkan botol susu bayi, di antaranya:
● Menggunakan alat khusus
Ada banyak alat yang khusus dirancang untuk mensterilisasi otol bayi dengan mudah dan efektif yang bisa Anda beli, seperti penguap elektronik yang bisa mensterilkan banyak botol susu dalam sekali proses.
● Microwave
Masukkan botol susu dan komponennya ke dalam mangkuk tahan panas berisi air dengan posisi telungkup. Microwave selama beberapa menit untuk mensterilkan botol susu.
● Mesin pencuci piring
Anda bisa memanfaatkan mesin cuci piring dalam mensterilkan botol bayi. Namun pastikan mesin Anda dalam keadaan bersih dan gunakan suhu tertinggi saat menjalankan mesin.
● Merebus
Ini merupakan proses sterilisasi botol susu yang paling sering dilakukan. Anda tinggal merebus botol susu dan komponennya hingga air mendidih. Setelah itu tunggu hingga dingin sebelum disimpan atau dipakai kembali.

Dengan menjaga botol susu bayi selalu bersih dan steril, maka kesehatan ibu dan anak pun akan terjamin. Semoga bermanfaat!

TOP