AGAR MAKANAN DI DAPUR BERSIH BEBAS BAKTERI

Saat memasak, bakteri yang ada di bahan makanan akan mati dikarenakan suhu panas saat proses masak. Namun begitu makanan selesai dimasak, bakteri kembali mengintai jika Anda tak bisa menyimpannya dengan benar. Akibat dari paparan bakteri ke makanan akan membahayakan kesehatan keluarga Anda. Karenanya Anda harus menyimpan makanan dengan baik dan benar.

Biasanya para ibu akan menyimpan makanan di dalam wadah tertutup lalu diletakkan di dalam kulkas. Saat ini terdapat beragam peralatan dapur seperti wadah-wadah kedap udara yang bisa dipakai untuk menyimpan makanan sehingga masalah penyimpanan makanan semakin mudah. Namun, diletakkan di dalam kulkas saja tidak cukup. Ada hal-hal lain yang harus Anda perhatikan untuk menjaga makanan Anda tetap bersih bebas bakteri.

Cuci Tangan
Selalu biasakan untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah mengolah makanan. Hal ini sebagai langkah awal pencegahan kontaminasi bakteri.

Bersihkan Kulkas secara Teratur
Karena umumnya makanan disimpan di kulkas, tentu kebersihan kulkas harus selalu terjaga. Kulkas yang bersih bebas bakteri juga akan membuat makanan Anda aman dari bakteri, bukan? Jangan lupa untuk membersihkan bagian dalam kulkas dengan cairan penghilang bakteri secara menyeluruh.


Jangan Masukkan Makanan yang Masih Hangat atau Panas ke Kulkas
Ketika sudah selesai memasak, jangan langsung simpan makanan yang masih panas itu ke kulkas. Selain dapat merusak kulkas, makanan panas yang diletakkan dalam kulkas dapat menjadi tempat tumbuhnya bakteri. Oleh sebab itu tunggu hingga suhu makanan dingin, lalu masukkan ke wadah rapat dan simpan ke kulkas.


Jangan Panaskan Makanan Lebih dari Sekali
Jika Anda masih memiliki banyak sisa makanan yang disimpan di kulkas, jangan panaskan lebih dari sekali karena sudah tak sehat lagi untuk dikonsumsi.

Pisahkan Daging Mentah
Jika Anda ingin menyimpan daging mentah ke dalam kulkas, letakkan daging di dalam wadah tertutup rapat dan letakkan di rak paling bawah kulkas. Hal ini untuk mencegah kontaminasi bakteri di dalam kulkas.

Bahan Makanan Dingin Harus Tetap Dingin
Ada banyak produk bahan makanan yang perlu dimasukkan ke dalam kulkas untuk menjaga kesegarannya, seperti produk susu, makanan beku dan sebagainya. Pastikan Anda segera memasukkan bahan makanan tersebut ke kulkas agar tetap dingin.

Cuci Permukaan Kaleng pada Makanan Kaleng
Jika Anda membeli makanan kaleng seperti ikan sarden, tuna dan sebagainya, Anda harus mencuci bagian luar kaleng terlebih dahulu sebelum membukanya. Hal ini karena ada potensi bakteri yang melekat di permukaan kaleng sehingga harus dibersihkan terlebih dahulu.

Paparan bakteri ke makanan tentu akan sangat membahayakan kesehatan keluarga Anda. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar memperhatikan proses keseluruhan dalam menyiapkan dan menyimpan makanan serta kebersihan dapur Anda agar makanan di dapur tidak terpapar oleh bakteri.

TOP