RAGAM ALAT MASAK UNTUK MENDUKUNG HIDUP SEHAT

Seiring perkembangan zaman, tuntutan akan hidup sehat semakin meningkat. Banyak ibu rumah tangga pun kini semakin selektif dalam memilih bahan makanan hingga peralatan masak untuk menjaga kesehatan keluarga. Masalahnya, ada banyak bahan makanan yang bisa saja mengandung zat-zat kimia berbahaya.

Belum lagi alat-alat dapur yang terbuat dari berbagai bahan dasar berbeda yang bisa memiliki efek bagi kesehatan keluarga. Sebagai bahan pertimbangan dalam memilih berbagai peralatan masak, berikut ini ada hal-hal yang bisa Anda perhatikan untuk memilih kitchen set yang aman dan sehat bagi keluarga.

Anti Lengket
Peralatan masak anti lengket merupakan favorit kebanyakan ibu rumah tangga. Hal ini karena alat masak yang satu ini lebih mudah menghantarkan panas sehingga masakan cepat masak, tidak membutuhkan banyak minyak goreng dan tidak lengket. Namun hati-hati jika membeli alat masak dengan anti lengket yang berkualitas rendah.

Karena, lapisan anti lengketnya bisa mengandung zat karsinogen pemicu kanker. Sebagai alternatifnya, pilih alat masak anti lengket yang berkualitas tinggi atau beli yang dilapisi enamel berkualitas seperti besi cor maupun baja yang memiliki sifat anti lengket alami sehingga lebih aman dipakai memasak.

Panci Stainless Steel
Alat masak dari stainless steel berkualitas tinggi biasanya terbuat dari stainless steel yang dicampur dengan sedikit nikel dan krom. Namun, di panci stainless steel berkualitas rendah biasanya kadar nikel dan krom lebih banyak dari stainless steel dan dua logam tersebut dapat larut ke makanan. Hal ini tentu akan membahayakan kesehatan keluarga. Ada baiknya Anda membeli panci stainless steel berkualitas bagus agar aman dipakai memasak.

Alat Masak dari Aluminium
Aluminium termasuk jenis logam yang mudah larut ke makanan, terutama ketika Anda memasak dengan banyak garam dan bahan makanan yang mengandung asam. Dan semakin tua umur alat masak aluminium Anda, semakin banyak pula jumlah aluminium yang bisa terserap oleh makanan yang dimasak di dalamnya. Ada baiknya Anda menghindari memasak makanan asam dan terlalu asin menggunakan aluminium untuk mengurangi paparan aluminium ke tubuh Anda dan keluarga.

Alat Masak dari Anodized Alumunium
Peralatan masak dari anodized aluminium biasanya sering dicari karena berkualitas dan harganya relatif terjangkau. Alat masak ini sifatnya tak berbeda jauh dari aluminium pada umumnya. Namun, anodized aluminium ini memiliki sifat tidak melepaskan elemen logam berbahaya saat digunakan memasak, sehingga aman untuk dipakai memasak. Lagi-lagi, pilihlah alat masak dari anodized aluminum yang berkualitas dan tidak asal murah.

Dengan memahami bahan-bahan dasar peralatan dapur dan masak untuk digunakan, Anda dapat lebih selektif dalam membeli ragam kitchen set tersebut agar tetap aman digunakan untuk mempersiapkan makanan bagi keluarga. Semoga bermanfaat!

TOP