MAKANAN AMAN BEBAS BAKTERI KETIKA PIKNIK

Mengurus keluarga tentu suatu hal yang melelahkan, namun menyenangkan. Sesekali, boleh Anda sekeluarga pergi piknik ke suatu tempat untuk melepas penat dan lelah. Saat mengemas makanan yang akan dibawa piknik, Anda harus memperhatikan banyak hal agar makanan tetap aman untuk dikonsumsi nantinya.

Proses mengemas makanan untuk dibawa piknik harus dilakukan dengan benar agar makanan tak terpapar bakteri. Hal ini merupakan salah satu cara menjaga kesehatan tubuh Anda dan keluarga saat makan di luar. Agar piknik Anda bebas stres dan bebas bakteri, berikut ini ada tips menjaga makanan Anda tetap aman saat piknik bersama keluarga.

Daging/Ikan Segar harus Didinginkan
Jika Anda memiliki rencana ingin bakar-bakar atau memasak daging atau ikan segar di tujuan piknik nantinya, letakkan daging dan ikan segar di dalam termos berisi es batu yang berguna untuk menjaga kesegaran daging sekaligus menghambat pertumbuhan bakteri sebelum daging dimasak.

Cuci Bahan Makanan
Jika Anda ingin membawa buah dan sayur segar saat piknik, cuci terlebih dahulu di rumah sebelum Anda simpan ke dalam termos pendingin maupun plastik kedap udara.

Kemas Bahan Makanan di Wadah Terpisah
Jika Anda membawa makanan yang sudah dimasak terlebih dahulu, pastikan Anda menyimpannya di wadah tersendiri. Jika Anda juga akan membawa bahan makanan lain yang akan dimasak on the spot nantinya, Anda juga harus mengemasnya di wadah terpisah dan tertutup rapat.

Jangan Diletakan di Bagasi
Saat akan berangkat menuju tempat piknik, jangan letakkan bahan makanan di bagian bagasi. Ada baiknya Anda meletakkannya di bagian tengah mobil yang mendapat udara dingin dari AC mobil untuk menjaganya tetap dingin hingga sampai ke tujuan.

Cuci Tangan
Saat tiba di lokasi piknik dan Anda siap untuk memasak, cuci tangan terlebih dahulu. Jika tidak ada air bersih, gunakan air minum, hand sanitizer maupun tisu basah untuk membersihkan tangan.

Jauhkan Makanan dari Sinar Matahari Langsung
Saat sudah selesai memasak atau ingin langsung mengonsumsi makanan yang dibawa dari rumah, pastikan Anda menyajikan makanan tersebut sesegera mungkin dan jauhkan dari paparan sinar matahari langsung. Hal ini karena panas berlebihan dari matahari dapat membuat makanan tidak akan tahan lama dan mudah rusak. Solusinya, letakkan bahan makanan dan termos pendingin di bawah pepohonan ataupun tempat yang tak terkena sinar matahari langsung.

Buang Sisa Makanan
Saat akan pulang ke rumah, pastikan Anda membawa kembali semua peralatan dan bahan makanan yang tersisa. Jika ada daging yang tersisa dan masih digin, masukkan kembali ke termos pendingin dan bawa pulang ke rumah. Jika daging sudah terkontaminasi udara luar lebih dari 2 jam, ada baiknya dibuang saja.

Dengan Anda mengetahui dan memahami tips di atas, Anda tak perlu khawatir lagi soal kebersihan dan keamanan makanan saat piknik bersama keluarga. Aktivitas piknik pun akan jadi lebih menyenangkan dinikmati bersama keluarga Anda. Selamat piknik!

TOP