5 Cara Mencuci Buah Yang Benar

Cara Mencuci Buah Yang Benar
Menikmati buah segar di cuaca yang sudah mulai panas seperti akhir-akhir ini tentu sangat menyegarkan. Selain nikmat, buah-buahan segar mengandung banyak vitamin dan serat yang baik bagi tubuh. Kebutuhan gizi harian bagi tubuh pun akan tercukupi bila Anda menyantap buah dengan porsi seimbang. Namun jangan sampai kebiasaan menyantap buah malah berubah menjadi bencana karena lupa mencucinya terlebih dahulu.

Lupa mencuci buah sebelum menyantapnya bisa memperbesar berbagai resiko penyakit. Karena buah yang belum dicuci biasanya terkontaminasi debu, pupuk kimia, dan pestisida sejak proses penanaman berlangsung. Kontaminasi zat-zat berbahaya dan mikroorganisme pada buah yang tidak dicuci dapat menyebabka diare, infeksi saluran kemih, keracunan dan berbagai penyakit lainnya. Bahkan, penelitian yang dilakukan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat menjelaskan bahwa sudah banyak orang yang mengalami keracunan makanan akibat buah-buahan kotor. Beberapa jenis bakteri seperti E.Coli, Salmonella, dan Norovirus sangat mudah ditemukan pada buah-buahan yang belum dicuci.

5 Cara Mencuci Buah Yang Benar

Oleh karena itu, Anda harus mengetahui cara yang benar. Supaya kandungan zat-zat kimia dan mikroorganisme pada buah segera hilang sebelum buah dikonsumsi. Mari ikuti ulasan tentang cara mencuci buah-buahan segar berikut ini. Maka kesehatan Anda dan keluarga pun akan senantiasa terjaga karena menyantap buah yang higienis.

1. Cuci Tangan Anda Terlebih Dahulu

Cuci Tangan Anda Terlebih Dahulu
Selalu biasakan untuk mencuci tangan Anda sebelum dan sesudah mencuci buah. Hal ini untuk mencegah kontaminasi bakteri dan zat-zat berbahaya yang berasal dari tangan Anda. Cucilah tangan Anda dengan sabun anti bakteri yang berkualitas. Selain telapak tangan, bagian lainnya seperti punggung tangan dan sela-sela jari juga wajib dibersihkan secara seksama. Selanjutnya, Anda tinggal membilas tangan dengan air bersih yang mengalir untuk menghilangkan sisa-sisa sabun. Tangan yang sudah higienis pun siap memegang buah-buahan.

2. Merendam Buah Dalam Cairan Pembersih

Merendam Buah Dalam Cairan Pembersih
Selanjutnya, mulailah merendam buah selama beberapa menit di dalam air yang sudah diberi cairan pembersih buah. Anda bisa menggunakan Sunlight Extra Nature yang mengandung ekstrak jeruk nipis asli, white tea dan garam mineral alami yang ampuh untuk membersihkan buah dari berbagai kotoran dan bakteri yang menempel.

3. Gunakan Sikat Berbulu Halus

Gunakan Sikat Berbulu Halus
Sesaat setelah merendam buah dalam larutan pembersih, Anda bisa menggunakan sikat berbulu halus untuk menggosok bagian kulit luar buah. Bersihkan permukaan buah dengan sikat berbulu halus di bawah air mengalir. Jangan sampai kulit buah tergores agar larutan pembersihnya tidak meresap ke bagian dalam buah. Setelah buah sudah bersih, bilas kembali dengan air mengalir untuk menghilangkan sisa larutan pembersihnya. Tiriskan sejenak agar buah-buahan tersebut benar-benar kering sebelum dikonsumsi. Anda juga bisa menggunakan kertas tisur untuk mengeringkan permukaan buah secara lebih cepat.

4. Jangan Lupa Bersihkan Pisau Dan Talenan

Jangan Lupa Membersihkan Pisau Dan Talenan
Selain menguasai cara mencuci buah yang benar, kebersihan peralatan dapur untuk memotong buah juga wajib diperhatikan. Jika Anda akan mengupas dan memotong-motong buah yang telah dicuci, pastikan bersihkan pisau dan talenan yang Anda gunakan sudah dalam keadaan bersih. Karena pisau dan permukaan talenan akan bersentuhan langsung dengan daging buah. Sehingga pisau dan talenan yang kotor akan menyebabkan buah kembali tekontaminasi oleh bakteri.

Pisau dan talenan yang sering digunakan untuk memotong daging dan ikan rentan menjadi penyebab kontaminasi silang. Bakteri yang berasal dari daging dan ikan bisa mengendap pada pisau dan permukaan talenan bila Anda kurang teliti membersihkannya. Alangkah lebih baik jika Anda menyiapkan pisau dan talenan khusus untuk memotong buah. Pisahkan dengan pisau dan talenan untuk daging supaya risiko kontaminasi silang bisa diminimalkan. 

5. Pastikan Kalau Isi Kulkas Anda Juga Sudah Bersih

Pastikan Kalau Isi Kulkas Anda Juga Sudah Bersih
Buah-buahan yang belum habisa dikonsumsi biasanya akan disimpan di kulkas. Namun hal ini bisa menjadi masalah jika ternyata isi kulkas Anda juga kotor. Sebaiknya Anda membersihkan kulkas secara teratur setiap satu minggu sekali. Gunakan campuran air dan sabun pencuci piring untuk mengelap bagian dalam kulkas. Jangan lupa pula menyingkirkan sisa makanan yang sudah rusak. Cara sederhana ini akan membuat kulkas selalu higienis dan aman bagi buah-buahan Anda. Peersediaan buah-buahan Anda pasti lebih awet bila disimpan di kulkas yang higienis.

Cara mencuci buah yang benar akan membuat keluarga Anda terbebas dari kotoran dan bakteri penyebab penyakit, Anda dan keluarga pun akan bisa menikmati manfaat istimewa yang terkandung dalam buah-buahan segar. Kontaminasi kotoran dan bakteri yang berasal dari udara tentu bisa dihindari jika Anda dan keluarga mengonsumsi buah-buahan bersih yang sudah dikupas. Selamat menikmati aneka manfaat buah-buahan segar bersama keluarga!

TOP