Menjaga Mesin Cuci Piring Bersih Dan Higienis

Menjaga Mesin Cuci Piring Bersih Dan Higienis

Meski belum ramai dipakai oleh masyarakat Indonesia, namun mesin pencuci piring semakin banyak peminatnya. Hal ini karena alat elektronik yang satu ini dapat membantu Anda mencuci piring dalam jumlah yang banyak sekaligus. Dengan memiliki dishwasher atau mesin pencuci piring, kegiatan bersih-bersih Anda di dapur pun dapat sedikit berkurang.

Kelebihan Dan Keuntungan Menggunakan Mesin Cuci Piring

Kelebihan Dan Keuntungan Menggunakan Mesin Cuci Piring
Banyak yang belum memahami kelebihan dan keuntungan yang Anda peroleh saat memiliki dan menggunakan mesin cuci piring adalah sebagai berikut:

Sangat Bersih

Sangat Bersih
Air sabun yang disemprotkan ke piring menggunakan sebuah tekanan, sehingga bisa melepaskan semua kotoran yang melekat pada piring atau peralatan lainnya.

Higienis

Higienis
Semua pengerjaannya dilakukan secara otomatis tanpa terkontaminasi dengan kotoran yang berasal dari tangan.  Saat pembersihan peralatan tidak ada ruang yang menghubungkan dengan sentuhan dari luar. Jadi, tidak usah khawatir dengan kesehatan piring yang dicuci secara otomatis. Semua perangkat yang tergabung dalam mesin telah disterilkan.

Menghemat Air 

Menghemat Air
Air yang digunakan untuk mencuci piring dialirkan dengan cara disemprotkan bertekanan. Sehingga air yang dikeluarkan pun menjadi lebih sedikit daripada mencuci secara manual. Biasanya saat membersihkan piring yang banyak lemak, kita menggunakan air panas dan itu malah menambah boros. Sedangkan bila memakai mesin cuci piring ini air panas bisa secara otomatis disemprotkan tanpa harus menyediakan air panas lagi.

Hemat Waktu

Hemat Waktu
Menggunakan mesin cuci piring akan mengehemat waktu. Kita bisa mencuci beberapa piring dan peralatan lainnya dengan hanya meletakkan pada mesin, kemudian biarkan mesin yang bekerja. Sembari menunggu mesin selesai, kita bisa mengerjakan pekerjaan lainnya.

Menyehatkan Tangan

Menyehatkan Tangan
Keberadaan mesin cuci piring di rumah, bisa mengurangi pekerjaan bagi tangan kita. Tangan tidak lagi berurusan dengan piring kotor dan sabun lagi. Dimana kegiatan ini bisa menyebabkan kulit tangan mengelupas dan munculnya kutu air. Hal ini tentu bisa lebih menyehatkan tangan kita.

Selain itu, mencuci piring dengan mesin sama efektifnya dengan mencuci piring dengan tangan. Meski demikian, mesin pencuci piring harus dibersihkan secara berkala karena jika dibiarkan akan terjadi penumpukan kotoran dan sisa makanan yang bisa menempel lagi di piring yang telah dicuci. Hal ini tentu akan mempengaruhi kesehatan keluarga anda.

Tips Menjaga Mesin Cuci Piring Agar Tetap Bersih Dan Higienis

Tips Menjaga Mesin Cuci Piring Agar Tetap Bersih Dan Higienis
Berikut merupakan tips untuk menjaga mesin pencuci piring tetap bersih dan higienis.
  • Kosongkan mesin pencuci piring Anda.
  • Tarik ke arah keluar rak-rak pencuci piring, cari lubang keluar air. Periksalah mesin pemutaran cucian piring, pastikan semua lubang terbuka sehingga air bisa mengalir baik dan tidak ada yang tersumbat sisa makanan dan kotoran. Bila ada yang tersumbat bersihkan lubang-lubang tersebut dengan menggunakan tusuk gigi atau alat pembersih kecil lainnya yang aman dan tidak menimbulkan goresan pada mesin atau gunakan kain bersih untuk membersihkan daerah tersebut.
  • Bersihkan permukaan dibawah pintu mesin dan bagian bawah mesin dengan sikat lembut dan kain lap. Di bagian tersebut sering menimbulkan kotoran dari sisa air cucian.
  • Lepaskan filter air yang ada di bagian dalam mesin pencuci piring, bilas dengan air dan lap dengan kain bersih.
  • Letakkan satu cangkir cuka ke dalam dispenser yang terdapat di dalam mesin pencuci piring dan letakkan baking soda di piring dan letakkan di rak paling atas mesin cuci piring.
  • Jalankan mesin pencuci piring dan biarkan kombinasi cuka + baking soda bekerja. Cuka merupakan antibakteri alami untuk berbagai peralatan rumah tangga. Baking soda dapat melunakkan berbagai macam kerak dan kotoran yang mengendap di dalam mesin.
  • Setelah mesin pencuci piring selesai dijalankan, buka mesin dan lap semua bagian dalam mesin dengan kain bersih atau spons bersih.
  • Bersihkan pula rak-rak alumunium dan wadah tempat peralatan makan dengan menyikatnya menggunakan sikat gigi untuk membuang sisa kotoran yang menempel. Bilas dengan air sabun hangat hingga semua kotoran menempel hilang.
  • Bagian luar mesin seperti pinggiran-pinggiran tombol mesin jangan lupa dibersihkan juga dengan menggunakan tusuk gigi. Gunakan lap microfiber untuk membersihkan permukaan luar mesin pencuci piring.
  • Memo pengingat mungkin bisa jadi tips untuk seluruh penghuni rumah. Rekatkan memo didekat mesin cuci piring. Jadi penghuni rumah bisa tahu kapan terakhir mesin cuci piring atau alat elektronik lain terakhir di bersihkan. Dengan ini mungkin saja tak akan ada alasan lagi untuk tidak teratur membersihkannya.  
Cara mencuci piring dengan menggunakan mesin pencuci piring pun jauh lebih sederhana. Tinggal masukkan piring kotor, tuang sabun pencuci piring seperti Sunlight Anti Bakteri atau Sunlight Jeruk Nipis yang ampuh dalam membersihkan kotoran, lemak, menghilangkan bau dan mengatasi bakteri, masukan air lalu jalankan mesin pencuci piring Anda. Mesin pencuci piring yang rutin dibersihkan akan bekerja membersihkan berbagai piring Anda dengan maksimal. Namun yang harus diperhatikan, jangan bilas piring dengan air sebelum Anda memasukkannya ke dishwasher.

Akan tetapi, Anda harus menyisihkan sisa makanan yang ada di piring tersebut. Dalam keadaan tersebut, masukkan piring ke dalam dishwasher, karena Dishwasher adalah salah satu alat yang menggunakan daya listrik besar. Oleh karena itu, jangan mencuci piring satu per satu di dalam dishwasher. kumpulkan piring kotor dan lakukan pencucian secara sekaligus. 

Dengan menggunakan mesin pencuci piring untuk mencuci peralatan dapur yang kotor sebenarnya cukup sederhana. Mungkin karena itu pula banyak orang merasa tidak puas dengan hasil kerjanya. Memilih untuk menggunakan dishwasher atau mencuci manual dengan tangan, tentu terserah pada Anda. Jika dengan Dishwasher anda bisa menggunakan waktu yang ada untuk melakukan pekerjaan lain atau sekedar bersantai di rumah. Patikan Anda membersihkan mesin pencuci piring Anda paling tidak sebulan sekali ya! Supaya kesehatan dan kebersihan dari peralatan dapur kita tetap terjaga. 
TOP