MEMAHAMI POLA HIDUP YANG SEHAT UNTUK KELUARGA

Setiap keluarga pasti memiliki cara tersendiri dalam mengurus keluarga dalam kehidupannya sehari-hari, termasuk pola asuh anak dan pola hidup. Berbicara soal pola hidup, masih banyak keluarga Indonesia yang belum melaksanakan pola hidup sehat dikarenakan banyak faktor, misalnya ekonomi keluarga, latar belakang pendidikan orang tua dan masih banyak lainnya.

 

Namun, menerapkan pola hidup sehat tak mengharuskan Anda memiliki ekonomi mapan. Semua keluarga bisa menjalankan pola hidup sehat dengan berbagai hal. Berikut ini ada pola hidup sehat yang bisa menjadi bagian tips menjaga kesehatan  keluarga yang bisa Anda terapkan di keluarga masing-masing.

 

8 Gelas Air per Hari

Cara ini paling sederhana dan mendasar untuk menjaga kesehatan keluarga. Dengan mengonsumsi air putih, tubuh akan tetap terhidrasi dengan baik sehingga tubuh tetap fit.

 

Olahraga Teratur

Ada banyak bentuk olahraga atau kegiatan fisik yang bisa anda lakukan bersama keluarga, misalnya jogging bersama di akhir pekan, pergi hiking atau bersepeda, jalan santai di sore hari, membersihkan rumah bersama-sama dan masih banyak lainnya. Olahraga teratur dapat membuat seluruh anggota tubuh bergerak sehingga kinerja tubuh dapat bekerja maksimal.

 

Mengkonsumi Makanan yang Sehat dan Seimbang

Di Indonesia terdapat kasus kekurangan gizi atau sering disebut gizi buruk dan ada juga kelebihan gizi yang sering dihubungkan dengan tingkat obesitas pada anak. Untuk menghindari asupan gizi yang tak sesuai, ada baiknya Anda merencanakan daftar menu yang akan dimasak untuk keluarga. Pastikan zat-zat penting yang diperlukan tubuh ada di dalam makanan yang dimakan keluarga, mulai dari karbohidrat, protein hingga serat dan berbagai vitamin.

 

Sarapan Sehat Bersama Keluarga

Sarapan sangat penting untuk memberi suplai energi bagi tubuh untuk memulai aktifitas. Selain untuk menjaga kesehatan, sarapan bersama keluarga juga bisa memperkuat hubungan dan komunikasi dalam keluarga.

 

Makan Teratur

Biasakan keluarga untuk selalu mematuhi pola makan teratur. Hal ini untuk menunjang proses metabolisme alami tubuh sehingga tubuh mendapatkan asupan gizi tepat pada waktunya. Makan pada waktunya juga untuk mengurangi kemungkinan obesitas karena makan berlebih atau makan terlalu larut di malam hari.

 

Istirahat Cukup

Istirahat yang cukup memungkinkan tubuh Anda untuk istirahat dan slow down sehingga dapat bekerja maksimal di keesokan harinya. Begadang sangat tidak dianjurkan, apalgi untuk anak-anak yang membutuhkan waktu tidur yang lebih panjang dari orang dewasa.

 

Kurangi Konsumsi Fast Food

Sebisa mungkin jauhkan keluarga Anda dari makanan cepat saji yang biasanya mengandung lemak yang tinggi. Selain itu, say no untuk alkohol dan minuman bersoda.

 

Menjalani pola hidup yang sehat pada dasarnya bukanlah hal yang sulit asalkan ibu dan semua anggota keluarga memahami dengan benar pola hidup yang sehat dengan benar. Dengan menjalani pola hidup sehat, maka kesehatan keluarga akan senantiasa terjaga. Semoga tips diatas bermanfaat!


TOP