RAGAM BAHAN ALAT DAPUR DAN CARA MEMBERSIHKANNYA

Semakin hari semakin banyak inovasi yang diciptakan, termasuk untuk masalah peralatan dapur. Jika dulu masyarakat banyak yang mengandalkan alat masak dari gerabah, sekarang sudah ada berbagai macam panci dari berbagai material yang bisa dipakai. Dengan beragamnya peralatan dapur yang ada, kegiatan memasak tentu jauh lebih mudah bukan?

 

Namun, dengan material pembuat yang berbeda-beda, cara membersihkan peralatan dapur tersebut juga ternyata tak selalu sama. Salah dalam membersihkan dapat membuat noda maupun bau semakin menempel serta membuat peralatan masak Anda cepat rusak.  Berikut merupakan cara membersihkan berbagai peralatan dapur yang terbuat dari bahan dasar yang berbeda.

 

Plastik

      Siram piring atau mangkuk plastik Anda dengan menggunakan air hangat untuk menghilangkan sisa noda sebanyak mungkin.

      Gunakan sabun pencuci piring cair yang mampu membersihkan lebih cepat  dan mampu menghilangkan sisa lemak dan minyak yang seringkali sulit dibersihkan.

 

Melamin

      Siram perabotan dapur dari melamin dengan air hangat terlebih dahulu agar nodanya mudah dibersihkan.

      Gunakan sabun pencuci piring yang mampu menghilangkan noda dengan cepat.

      Setelah dibilas hingga bersih, lap hingga kering sebelum disimpan ke rak piring.

 

Aluminium

      Untuk mencuci bagian dalam panci dari aluminum, Anda bisa menggunakan sabun pencuci piring seperti biasa.

      Jika ada sisa makanan yang mengeras di dalam panci, didihkan air di dalam panci tersebut dan tambah dua sendok cuka. Kemudian cuci panci aluminium seperti biasa.

      Jika bagian luar panci menghitam, rebus air dengan 3 sdm krim tar-tar. Lalu gunakan air rebusan tersebut untuk menghilangkan noda hitam di panci aluminium Anda dengan cara mengosok-gosokkan ke area yang menghitam, lalu cuci seperti biasa.

 

Stainless Steel

      Jika ada sisa makanan yang menempel, rebus air di dalam panci stainless steel Anda lalu tambahkan cuka.

      Rebus hingga mendidih lalu biarkan hingga dingin.

      Cuci peralatan stainless steel Anda seperti biasa dan keringkan.

 

Anti Lengket

      Siapkan cairan pencuci piring dan spons yang lembut agar lapisan anti lengket yang ada di wajan atau pancin tidak rusak.

      Jika ada noda yang menempel, letakkan cuka di spons yang kering, lalu gosok bagian dalam panci hingga nodanya hilang.

      Setelah itu cuci seperti biasa dan keringkan sebelum disimpan.

 

Membersihkan peralatan dapur tentu tidak akan menjadi hal yang sulit ketika Anda memahami trik dalam membersihkannya sesuai dengan bahan dasarnya. Berbagai bahan pembersih bisa Anda gunakan. Namun, agar aktivitas membersihkan ragam peralatan dapur Anda lebih mudah, gunakan sabun pencuci piring yang ampuh, seperti Sunlight Anti Bakteri yang mengandung antibacterial agent dan ekstrak jeruk nipis asli.

 

Tidak hanya membersihkan berbagai peralatan dapur Anda, namun, peralatan dapur Anda pun akan bebas dari bau dan bakteri, serta mampu mengatasi bakteri pada spons dan peralatan pencuci piring Anda.

 

Semoga dapur Anda tetap bersih dan peralatan dapur lebih awet dengan mengetahui cara membersihkan berbagai peralatan dapur sesuai bahan dasarnya. Dapur yang bersih tentu membuat memasak lebih menyenangkan bukan?


TOP