DAPUR SEHAT UNTUK KELUARGA SEHAT

Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan keluarga. Salah satunya adalah memasak masakan sehat penuh gizi untuk keluarga. Untuk mendapatkan masakan yang sehat, dapur Anda juga harus bersih dan bebas dari segala macam kuman, bakteri dan zat-zat berbahaya yang berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan bagi Anda sekeluarga.

Cara Menciptakan Dapur Sehat

Berikut ini ada cara untuk menciptakan dapur sehat yang tak hanya akan menunjang aktivitas Anda di dapur tetapi juga dapat membantu Anda untuk memasak makanan sehat untuk keluarga.

Kurangi Penggunaan Bahan Plastik

Plastik biasanya diproduksi dengan bahan kimia yang kuat. Hal ini memungkinkan benda-benda dari plastik, termasuk kantung plastik belanja dan peralatan makan yang terbuat dari plastik untuk mengeluarkan zat kimia berbahaya ke udara maupun makanan/minuman yang disimpan di dalamnya.

Oleh karena itu, sebisa mungkin gunakan material yang lebih aman untuk penyimpanan bahan makanan, seperti terbuat dari kaca, keramik atau stainless steel. Jika pun harus membeli plastik, pastikan aman untuk dipakai dan dapat didaur ulang. Dengan kebijakan kantong plastik berbayar yang diterapkan saat ini, ada baiknya Anda sediakan kantung belanja sendiri dari rumah untuk menghemat penggunaan plastik di dapur.

Buang Pestisida

Jika ada pestisida untuk mengusir tikus atau serangga yang sering masuk ke dapur, segera buang pestisida tersebut karena meski mampu mengusir hewan yang tak diinginkan dari dapur, namun pestisida sangat berbahaya bagi kesehatan, seperti dapat menyebabkan asma, kanker, gangguan perkembangan otak, menyebabkan hiperaktif dan masih banyak penyakit lainnya. Daripada menggunakan pestisida, Anda bisa menerapkan sanitasi yang baik dan menyimpan bahan makanan dengan benar untuk mencegah hewan dan serangga masuk ke dapur Anda.

Gunakan Bahan Pembersih Alami

Ada banyak bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk bersih-bersih dapur, seperti cuka, lemon, jeruk nipis, garam, baking soda dan sebagainya. Jika membeli produk pembersih, sebisa mungkin pilih yang terbuat dari bahan alami yang mengandung penghilang bakteri yang ampuh dan ramah lingkungan.

Kurangi Beberapa Bahan Makanan

Untuk membuat dapur Anda sehat, ada baiknya hindari menyimpan atau membeli bahan makanan berikut dalam jumlah berlebihan. Seperti gula, pemanis buatan dan minyak goreng yang mengandung lemak jenuh.

Bahan Makanan Segar

Selalu gunakan bahan makanan yang segar, mulai dari daging hingga sayur-sayuran. Cuci sebelum dimasak dan pastikan alat-alat dapur Anda juga sudah dicuci bersih agar proses masak dan makan bersama keluarga jauh lebih sehat.

Jika dapur Anda sehat, bersih dan bebas kuman, sudah pasti makanan yang Anda masak juga akan bersih dan terbebas dari kuman dan bakteri sehingga kesehatan sekeluarga terjamin. Selamat mencoba!


TOP