CARA KREATIF MEMBERSIHKAN DAPUR

Menjaga kebersihan dapur merupakan salah satu tugas harian yang cukup menguras tenaga. Meski para ibu biasanya memiliki cara tersendiri untuk membersihkan dapur dan menjaganya tetap bersih, namun pernahkah Anda berpikir untuk menggunakan cara-cara kreatif dalam proses pembersihan di dapur?

Terbukti tak hanya mampu membuat dapur bersih, tetapi juga bisa membuat proses bersih-bersih dapur semakin cepat dan efektif. Penasaran? Berikut ini ada 7 cara kreatif membersihkan perabotan dapur yang bisa Anda coba di rumah.

Aroma Tak Sedap

untuk menghilangkan aroma tak sedap di dalam kulkas atau peralatan makan atau bahkan laci-laci kabinet, taburkan kopi bubuk atau ampas kopi yang sudah kering ke dalam peralatan dapur yang berbau. Biarkan selama mungkin hingga baunya menghilang.

Microwave

Untuk memudahkan membersihkan sisa makanan yang sudah mengeras di dalam microwave, letakkan air di dalam mangkuk yang  aman untuk microwave, lalu hidupkan dan atur waktunya selama 3 menit hingga air tadi berubah menjadi uap. Setelah itu, keluarkan mangkuk dan tunggu microwave sampai dingin, lalu ambil kain dan lap bagian dalam microwave untuk membersihkan kerak yang ada.

Kaca Pecah

Jika ada piring atau gelas kaca yang jatuh dan berserakan di lantai, jangan menggunakan tangan saat membersihkannya. Gunakan selembar roti untuk menghilangkan pecahan kaca yang berserakan di dapur Anda.

Talenan Kayu

Jika talenan Anda digunakan untuk memotong daging atau ikan, gunakan potongan lemon atau jeruk nipis sebagai penghilang bau amis. Gosok-gosok potongan lemon atau jeruk nipis tadi ke talenan, biarkan sebentar lalu bilas dan keringkan.

Kerak Di Wajan

Untuk menghilangkan kerak di wajan atau alat masak lainnya, bersihkan sisa makanan sebanyak mungkin lalu taburi dengan garam. Setelah itu ambil spons yang masih kering dan gosok-gosok garam ke seluruh permukaan wajan yang berkerak hingga keraknya terangkat, lalu bilas hingga bersih.

Baca Juga : Cara Cepat Membersihkan Wajan Dari Kerak Hitam

Noda Gosong

Wajan atau panci Anda gosong? Rendam panci atau wajan tersebut dengan air yang dicampur 3 sendok makan garam dan biarkan semalaman. Esok paginya, rebus air yang di dalam panci untuk mengangkat noda gosong.

Baca Juga : Cara Membersihkan Panci Dan Cara Menghilangkan Kerak Pada Panci

Bersihkan Perabotan dari Kaca

Untuk membersihkan furnitur yang terbuat dari kaca, gunakan air yang dicampur cuka dan letakkan dalam botol spray. Gunakan campuran bahan ini untuk mengelap permukaan perabotan dari kaca di dapur Anda.

Dengan menggunakan cara-cara kreatif saat membersihkan dapur, Anda tak hanya menghemat waktu, tetapi juga tenaga untuk membersihkan noda yang mambandel. Selamat mencoba!


TOP