KEBIASAAN INI AKAN BUAT DISPENSER BERSIH DAN AWET LEBIH LAMA

Sebagai Ibu rumah tangga, Anda pasti selalu menginginkan peralatan rumah selalu bersih dan awet bukan? Tak hanya karena demi menjaga kesehatan Anda sekeluraga, tetapi peralatan rumah yang awet tentu akan menghemat uang Anda. Untuk mencapai hal tersebut, ada banyak kebiasaan baik yang bisa Anda terapkan untuk menjaga kebersihan peralatan rumah. Salah satu peralatan rumah yang sangat penting dijaga kebersihannya adalah dispenser Air.

 

Dari sinilah Anda dan sekeluarga mendapatkan air dingin maupun hangat untuk dikonsumsi sehari-hari. Karena berhubungan langsung dengan kesehatan, sudah sewajarnya jika Anda selalu memperhatikan kebersihan alat ini bukan? Tak perlu bersusah payah. Berikut ini ada kebiasaan-kebiasaan baik yang bisa Anda lakukan sehari-hari di rumah untuk menjaga kebersihan dispenser air Anda.

 

Rutin Dibersihkan

Biasakan untuk membersihkan dispenser air berbarengan saat Anda mengganti air galon minum. Cara membersihkan dispenser pun tidak sulit. Sebelum dipasang galon air yang baru, ada baiknya Anda membersihkan bagian-bagian dispenser secara menyeluruh. Mulai dari bagian atas dispenser, bagian dalamnya, keran air yang ada di dispenser, hingga tempat penampungan air dispenser.

 

Untuk mendisinfeksi bagian dalam dispenser Anda, campurkan air dan cuka lalu letakkan di bagian atas dispenser hingga masuk ke dalam bagian dalam. biarkan selama beberapa menit lalu keluarkan airnya dari keran. Setelah itu bilas dengan air hingga tak ada sisa bau cukanya. Setelah itu, keringkan semua bagian dispenser sebelum diletakkan galon air yang baru.

 

Penting juga diperhatikan untuk mengelap bagian atas galon air yang akan diletakkan di dispenser dengan tissue basah yang biasanya disertakan di setiap galon air. Hal ini untuk memastikan ujung galon air bersih dari debu, kotoran dan bakteri yang bisa mencemari air minum Anda sekeluarga.

 

Cabut Stop Kontak Dispenser Jika Air Panas Jarang Dikonsumsi

Jika di keluarga Anda air panas tak begitu populer, ada baiknya tak membiarkan mesin dispenser terus dihidupkan. Selain untuk menjaga mesin dispenser tetap awet, hal ini juga akan membantu menghemat listrik. Atau Anda bisa mencabut stop kontaknya setiap kali akan tidur dan memasangnya lagi di pagi hari untuk stok air panas harian di rumah.

 

Buang Air yang Ada di Tempat Penampungan di Bawah Keran Dispenser

Ada kalanya saat mengambil air minum, ada air yang tumpah dan tersimpan di tempat penampungan yang ada di bawah keran. Sering-seringlah membuang air sisa ini karena dapat menimbulkan bau tak sedap. Tips menghilangkan bau[1]  ini sangat mudah.

 

Cukup buka tempat penampungan, buang airnya dan cuci dengan cairan pencuci piring yang biasa Anda gunakan. Gunakan Sunlight Anti Bakteri yang ampuh dalam membersihkan dan mengatasi bakteri. Karena wadah penampungan tersebut merupakan salah satu sarang bertumbuhnya bakteri.

 

Dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan di atas, Anda bisa menjamin kebersihan dispenser di rumah Anda bersih dan sehat. Dengan demikian, Anda pun bisa turut membiasakan pola hidup sehat dengan rajin minum air putih dari dispenser air Anda. Semoga bermanfaat!


TOP