PENGATURAN DAPUR UNTUK BIASAKAN MAKAN YANG SEHAT

Memasak makanan merupakan salah satu tugas ibu rumah tangga . Hal ini berguna untuk menjaga asupan gizi keluarga sehingga kesehatan keluarga pun terjaga. Untuk mendukung kegiatan memasak Anda, selain diperlukan peralatan masak yang mumpuni, Anda juga membutuhkan dapur yang bersih, rapi dan tertata dengan baik. Agar Anda dapat membuat masakan yang sehat dan lezat, berikut ini ada tips mengatur dapur yang sehat.

 

Penuhi Stok Bahan Makanan Utama

Pastikan dapur Anda memiliki stok bahan makanan utama yang diperlukan oleh keluarga, misalnya beras, kacang-kacangan, oatmeal, pasta, tepung, kecap, saus, roti tawar, susu dan sebagainya.

 

Usahakan Selalu Konsumsi Buah Segar

Beli buah-buahan lokal yang sedang musim atau buah-buahan yang disukai anggota keluarga. Taruh buah-buahan segar di dalam mangkuk dan letakkan di meja makan, di atas countertop atau island dapur, ruang keluarga dan bahkan di ruang tamu. Ini bisa menjadi pilihan snack yang sehat bagi Anda sekeluarga.

 

Siapkan Bahan Makanan Terlebih Dahulu

Jamie menyarankan agar Anda menyiapkan bahan-bahan makanan yang dibeli untuk persediaan memasak selama satu minggu. Misalnya dengan mencuci semua sayuran dan buah-buahan yang dibeli, lalu untuk sayuran bisa dimasukkan ke dalam plastik kedap udara dan disimpan di dalam kulkas.

 

Contoh lain, Anda bisa mengupas berbagai bahan sayuran lalu disimpan di kulkas, seperti mengupas wortel dan kemudian menyimpannya di dalam wadah tertutup yang diberi air. Kegiatan ini dapat menghemat waktu memasak Anda dan tetap mampu menggunakan bahan segar untuk memasak.

 

Atur Agar Semua Makanan Sehat ‘Terlihat’

Letakkan semua bahan makanan yang sehat dan segar di wadah atau tempat-tempat yang mudah dilihat, baik saat disimpan di dalam kulkas, kabinet dan sebagainya. Hal ini agar Anda mudah melihatnya dan tidak tergoda untuk mengonsumsi makanan cepat saji atau yang mengandung banyak lemak.  

 

Atur Ulang Peralatan Dapur

Perhatikan semua peralatan dapur Anda. Pilih mana yang sering Anda gunakan, mana yang tidak diperlukan. Hal ini merupakan salah satu cara menjaga kebersihan dapur dengan mengurangi banyaknya barang-barang di dapur. 

 

Dengan memiliki dapur sehat yang juga dipenuhi bahan-bahan makanan yang sehat dan segar, kegiatan memasak pun akan semakin menyenangkan. Anda pun bisa memasak berbagai masakan yang tak hanya lezat, tetapi juga sehat untuk keluarga.


TOP