SEBERAPA BERSIH DAPUR ANDA

Pernahkah Anda bertanya seberapa bersihkah dapur Anda? Dengan semua aktivitas yang Anda lakukan di dapur, seperti menyiapkan makanan dan memasak, menjaga kebersihan dapur merupakan keharusan untuk mendukung kesehatan keluarga. Membersihkan dapur bahkan merupakan bagian tak terpisahkan dari kegiatan bersih-bersih rumah.

 

Namun, dengan begitu banyaknya pekerjaan yang harus dilakukan ibu rumah tangga, ditambah lagi luasnya area dapur dan banyaknya perabotan di dapur membuat ada banyak bagian-bagian dapur yang terlewat untuk dibersihkan. Jangan khawatir! Berikut merupakan hal-hal yang bisa Anda lakukan saat membersihkan berbagai perabotan yang ada di dapur.

 

Spons dan Kain Lap

Cuci spons dengan cairan pencuci piring seperti Sunlight Anti Bakteri untuk mengatasi potensi bakteri di spons dan cucilah juga kain lap setiap hari, keringkan di bawah sinar matahari. Ganti juga kain lap di setiap harinya.

 

Talenan Kayu

Talenan kayu merupakan jenis talenan yang mengandung antibakteri alami dan sangat higienis jika Anda membersihkannya dengan benar. Namun talenan kayu harus segera dibersihkan setelah digunakan untuk memotong bahan makanan untuk mencegah kontaminasi bakteri. Cuci talenan kayu dengan menggunakan sabun pencuci piring anti bakteri seperti Sunlight Anti Bakteri lalu jemur di bawah sinar matahari.

 

Kulkas

Bersihkan kulkas Anda paling tidak seminggu sekali. Sortir bahan makanan yang disimpan di dalam kulkas, mana yang masih bisa disimpan mana yang harus segera dibuang. Kosongkan kulkas dan lap bagian dalam kulkas dengan menggunakan kain yang telah diberi cuka. Lap juga bagian luar kulkas dan gagang pintu kulkas dengan cuka. Untuk menghilangkan bau tak sedap di dalam kulkas, cukup letakkan kantung teh yang sudah dipakai di dalam kulkas.

 

Wastafel

Bersihkan wastafel dengan menggunakan lemon yang diberi garam. Hal ini berguna untuk menghilangkan bakteri yang menempel di wastafel sekaligus membersihkan permukaan wastafel dapur Anda.

 

Lemari Pantry

Lemari yang biasanya digunakan untuk menyimpan berbagai macam bumbu masak ini juga harus sering-sering dibersihkan untuk membuang bumbu-bumbu yang sudah kadaluwarsa sekaligus mengetahui bumbu dapur mana yang harus disediakan lagi. Setelah selesai disortir, lap permukaan lemari pantry Anda hingga bersih sebelum menyusun kembali bumbu masak ke dalamnya.

 

Lantai

Sapu dan pel permukaan lantai dapur karena seringkali ada tumpahan makanan yang mengotorinya. Jika lantai licin karena ketumpahan kuah sayur atau minyak, taburkan tepung ke atas minyak tersebut dan biarkan hingga diserap oleh tepung lalu sapu seperti biasa.

 

Kompor

Untuk membersihkan bagian atas kompor yang kotor setelah memasak, Anda bisa menggunakan campuran baking soda dan cuka. Letakkan di botol spray, lalu semprotkan ke bagian atas kompor. Setelah itu bersihkan dengan kain bersih.

 

Selalu periksalah berbagai hal di dapur Anda agar tidak ada yang terlewatkan. Pastikan, walaupun Anda sudah melakukan aktivitas membersihkan dapur dan segala isinya, setiap peralatan dapur yang sering Anda gunakan bersih dan higienis. Semoga bermanfaat!


TOP