TIPS MEMILIH DOT DAN BOTOL SUSU

Botol susu merupakan salah satu perlengkapan bayi yang sangat penting. Selain diberi asi, biasanya bayi juga didampingi dengan susu formula sehingga kehadiran botol susu sangatlah penting. Hal ini yang kemudian membuat Anda harus bekerja ekstra dalam memilih dot dan botol susu bayi karena berhubungan langsung dengan kesehatan ibu dan anak .

 

Dengan banyaknya produk dot dan botol susu yang beredar di pasaran, Anda harus jeli memilih botol yang terbaik untuk si kecil. Jika Anda juga sedang cari-cari botol susu yang sesuai untuk bayi Anda, berikut ini ada tips memilih dot dan botol susu bayi yang bisa Anda jadikan referensi.

 

Pilih Botol Susu Berdasarkan Bahannya

Botol susu bayi ada yang terbuat dari kaca dan ada juga dari plastik. Keuntungan menggunakan botol susu dari kaca adalah mudah dibersihkan dan tahan panas serta tidak mengandung bahan kimia, namun botol kaca biasanya lebih berat dan mudah pecah. Sebaliknya, botol susu dari plastik kini sudah banyak yang terbuat dari bahan yang aman sehingga bisa jadi pilihan. Cara mensterilkan botol susu dari kaca atau gelas hampir sama, yaitu dengan direbus dalam air mendidih.

 

Pilih Botol Sesuai Usia

Produsen botol susu biasnya mencantumkan umur bayi pada produknya sehingga Anda bisa memilih produk yang sesuai dengan umur bayi Anda. Botol-botol ini biasanya sudah didesain mengikuti perkembangan kemampuan anak saat meminum susu.

 

Beli Lebih Banyak Dot

Belilah dot botol susu dalam jumlah yang lebih banyak dari botol susunya karena saat sering dipakai maka dot biasanya suka pecah, sehingga harus stok banyak dot di rumah. Selain itu pilih dot dari bahan silikon atau karet karena bahan-bahan tersebut biasanya sangat fleksibel, sehingga memudahkan bayi saat minum susu.

 

Pilih Dot yang Lubangnya Kecil

Hal ini untuk memastikan bahwa air susu yang keluar dari botol tidak terlalu kencang yang bisa membuat bayi tersedak. Anda pun bisa lebih tenang dalam menyusui bayi Anda dengan dot dan botol susu tersebut.

 

Dengan memilih dot dan botol susu yang sesuai dengan kebutuhan bayi, bayi akan lebih nyaman saat menikmati susunya. Hal ini penting untuk menunjang tumbuh kembang bayi. Semoga bermanfaat!


TOP