Ragam Fungsi Dan Khasiat Lidah Buaya Serta Manfaat Aloe Vera

 Ragam Fungsi Dan Kasiat Lidah Buaya Serta Manfaat Aloe Vera

Lidah buaya atau dalam bahasa latin dikenal dengan nama Aloe barbadensis Milleer atau orang lebih sering menyebutnya dengan aloe vera. Selain mempercantik halaman rumah Anda, fungsi lidah buaya ternyata juga menyimpan begitu banyak sala satu manfaatnya baik bagi kesehatan Anda dan keluarga. Tumbuhan yang satu ini bisa tumbuh subur di Indonesia sepanjang tahun. Aloe vera atau lidah buaya memiliki 200 bahan aktif, seperti vitamin, mineral, asam amino dan enzim yang membuat tumbuhan ini banyak dipakai sebagai bahan baku obat-obatan hingga cairan pencuci piring. 

Tidak jarang Aloe Vera merupakan tumbuhan yang digunakan sebagai bahan baku pembuatan kosmetika dan industri farmasi lainnya, selain itu lidah buaya bisa digunakan sebagai minuman dan juga sebagai makanan yang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Maka dari itu lidah buaya cukup terkenal sebagai salah satu tanaman yang berkhasiat dan digunakan sebagai obat. Untuk mendapatkan khasiat lidah buaya, Anda bisa memanfaatkan tumbuhan ini secara langsung, atau memakai/mengonsumsi produk yang terbuat dari lidah buaya.

8 Fungsi Dan Khasiat Lidah Buaya Serta Manfaat Aloe Vera Bagi Kesehatan

Fungsi Dan Kasiat Lidah Buaya Serta manfaat Aloe Vera Bagi Kesehatan

Sebagai referensi, berikut ini ada berbagai fungsi dan khasiat lidah buaya serta manfaat aloe vera bagi kesehatan Anda dan keluarga yang harus Anda ketahui.

1. Melembutkan Tangan

Melembutkan Tangan

Seperti sudah dijelaskan diatas, lidah buaya merupakan salah satu bahan dasar yang paling populer digunakan untuk kosmetik karena memiliki banyak manfaat baik bagi kulit. Salah satunya adalah menghaluskan kulit wajah dan juga tangan. Hal ini karena lidah buaya mengandung 99% air sehingga sangat baik untuk melembabkan dan membuat kulit terlihat lebih muda. Aloe vera juga dapat meningkatkan elastisitas kulit serta mampu melembutkan kulit. 

Menurut riset dari The Indian Journal of Dermatology, lidah buaya tidak hanya kaya akan vitamin A,C, dan E, tapi juga mengandung mineral dan antioksidan yang mengikat sel kulit untuk melembutkan laoisan luar dan memperbaiki kondisi kulit. Aloe vera ini bisa menjadi alternatif untuk mengatasi kulit kering. Manfaat ini bisa didapat dari krim perawatan wajah yang mengandung aloe vera maupun cairan pencuci piring Sunlight Clean & Soft yang mengandung lidah buaya yang tidak hanya bersihkan noda lemak tetapi juga menjaga kelembutan tangan Anda.

2. Menjaga Kesehatan Rambut

Menjaga Kesehatan Rambut

Aloe vera memiliki manfaat anti mikroba yang bisa mengatasi infeksi pada kulit kepala dan mencegah kerontokan rambut. Tumbuhan ini juga kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan rambut. Tak heran jika saat ini ada banyak shampo berbahan dasar lidah buaya bukan! Selain itu, Anda bisa langsung mengaplikasikan lidah buaya segar ke rambut untuk mendapatkan manfaatnya.

3. Mengobati Luka

Mengobati Luka

Jika Anda memiliki tanaman lidah buaya di halaman rumah, bisa sekali menjadi pertolongan pertama jika terjadi luka atau sun burn. Kandungan polisakarida yang ada di dalamnya mampu mencegah infeksi pada luka dan menyembuhkan luka dengan lebih cepat tanpa bekas. Lalu terdapat pula kandungan anti bakterinya yang dapat mencegah infeksi sekunder yang biasa muncul pada luka bakar yang berkepanjangan dan efek antioksidan yang dimiliki lidah buaya dapat menghambat reaksi peradangan pada luka bakar. Lidah buaya juga bersifat analgesik, yaitu mampu mengurangi rasa perih karena luka. Tumbuhan yang satu ini juga sangat baik untuk mengobati luka bakar hingga gigitan serangga. 

Namun, perlu diketahui bahwa penelitian yang pernah dilakukan sejauh ini membuktikan bahwa lidah buaya hanya mampu membantu penyembuhan luka bakar derajat 1 dan derajat 2, di mana luka bakar belum sampai menembus lapisan dalam kulit atau yang disebut dengan dermis. Anda bisa langsung mengambil lidah buaya segar untuk diletakkan di luka anak agar cepat sembuh.

4. Membantu Mengatasi Jerawat

Membantu Mengatasi Jerawat

Wajah sedang bermasalah karena jerawat? Mungkin dengan Aloe Vera bisa dicoba. Karena Aloe vera mengandung asam salisilat alami yang berfungsi membunuh bakteri penyebab jerawat. Setelah membersihkan kulit, cobalah untuk mengaplikasikan lidah buaya ini untuk mendapatkan kulit bersih dan bersinar.

5. Mempercepat Penyembuhan Sariawan Atau Luka Di Mulut

Mempercepat Penyembuhan Sariawan Atau Luka Di Mulut

Tidak jarang kita mendapati mulut kita mengalami sariawan akibat tergigit, terluka saat menyikat gigi dengan keras, ataupun saat kita kekurangan vitamin C. Untuk mempercepat penyembuhan luka sariawan, anda dapat menggunakan lidah buaya sebagai campuran saat berkumur atau langsung mengoleskan gel lidah buaya pada bagian yang mengalami luka. Kandungan vitamin C lidah buaya dapat mempercepat penyembuhan sariawan. Selain itu, kandungan zat lupeol dalam lidah buaya bersifat sebagai antiseptik dan membantu mengurangi rasa nyeri di mulut.

6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Aloe vera mengandung polisakarida yang dapat membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Aloe vera juga mengandung vitamin C dan antioksidan yang juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh dari serangan virus dan bakteri. Serta Lidah buaya diketahui membantu penyerapan vitamin dan mineral esensial sehingga daya tahan tubuh meningkat. Untuk mendapatkan manfaat ini, jus lidah buaya atau minuman mengandung lidah buaya bisa jadi pilihan.

7. Mengatasi Sembelit

Mengatasi Sembelit

Selain ampuh menjaga kesehatan kulit, lidah buaya dapat dikonsumsi untuk memberikan efek dari dalam tubuh. Salah satu manfaat mengkonsumsi lidah buaya yaitu mengatasi sembelit/konstipasi/susah buang air besar. Kali ini bukan efek dari gel lidah buaya yang dimanfaatkan, tetapi bagian korteks lidah buaya yang berada tepat di bawah kulit daun. Bagian korteks ini memiliki komponen yang disebut dengan aloin/barbaloin yang memiliki efek laksatif. Efek laksatif membuat lidah buaya dapat digunakan sebagai pencahar untuk melancarkan buang air besar. Aloin bekerja sebagai agen laksatif dengan meningkatkan pergerakan usus dan melunakkan feses (kotoran sisa pencernaan yang akan dikeluarkan).

8. Menurunkan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan

Kabar baik bagi anda yang memiliki bobot tubuh berlebih, karena aloe vera juga dapat membantu anda menurunkan berat badan. Lidah buaya yang memiliki kandungan serat yang tinggi dapat membantu mengikat lemak dan melancarkan pencernaan sehingga proses penyerapan nutrisi berjalan dengan baik dan mencegah adanya penimbunan lemak. Konsumsi 147mg gel lidah buaya 2x sehari selama 8 minggu secara teratur untuk mendapatkan manfaat ini namun tetap harus diimbangi dengan olahraga dan makanan sehat.

Dengan banyaknya manfaat aloe vera bagi kesehatan Anda dan keluarga, tidak salah bukan jika Anda menaman tanaman yang satu ini di halaman rumah! Perawatan tumbuhan ini tidak sulit cukup dengan tanah yang kering, intensitas cahaya matahari yang cukup dan Aloe Vera mudah tumbuh subur jika disiram secara teratur, tetapi yang harus diingat bahwa Aloe Vera merupakan tanaman yang berdaging yang mampu menyimpan kadar air tinggi, jadi disiram sesekali saja atau bila tanah kelihatan sudah kering. Semoga bermanfaat!

TOP