Menata Dapur Sempit Agar Terlihat Lebih Besar Dan Luas

Memiliki dapur kecil bisa jadi tantangan tersendiri bagi para ibu rumah tangga. Pengaturan dapur kecil bisa menjadi hal krusial mengingat ada banyak sekali pekerjaan rumah tangga yang dilakukan di ruangan ini. Meski dapur Anda kecil bukan berarti Anda tak bisa mengakalinya untuk terlihat lebih besar dan menarik. Menata dapur sempit menjadi dapur yang fungsional dan menarik bukanlah hal yang tak mungkin. Dibutuhkan informasi yang tepat sekaligus kreatifitas saat menata dapur yang memiliki ruangan terbatas. Jika Anda memiliki dapur yang dikategorikan sebagai dapur kecil nan minimalis, jangan berkecil hati! Berikut ini ada 7 cara menata dapur kecil agar terlihat lebih besar yang bisa menjadi referensi Anda.

 

Kabinet Dapur dengan Pintu Kaca

Pintu kabinet dapur yang terbuat dari kaca berfungsi sebagai ilusi optikal yang dapat membuat mata Anda bisa melihat bagian dalam kabinet dengan jelas. Hal ini membuat dapur terasa lebih besar karena kaca di kabinet tadi membuat dinding dapur terasa jauh.

 

Gunakan Warna Putih

Warna putih merupakan warna terbaik untuk diaplikasikan pada dapur sempit. Warna ini mampu memantulkan cahaya dengan baik sehingga membuat ruangan terasa lebih besar. Cat dinding dapur dengan warna putih dan sesuaikan perabotan lain di dalam dapur dengan warna senada, seperti kabinet dapur, countertop, langit–langit, lemari hingga keramik untuk lantai. Agar dapur terasa lebih ‘hidup’ meski sebagian besar perabotannya berwarna putih, Anda bisa menggunakan shade putih yang berbeda.

 

Pilih Furnitur yang Sesuai

Gunakanlah perabotan yang berukuran pas dengan ruangan dapur Anda, seperti kursi dan meja makan yang terbuat dari bahan ringan dan ramping. Hal ini agar dapur tidak terlihat terlalu ‘ramai’ dengan keterbatasan ruang yang ada.

 

Pakai Rak Terbuka

Gunakanlah open shelving atau rak terbuka untuk menyimpan berbagai peralatan dapur. Rak terbuka mampu membuat ilusi ruangan yang lebih besar sekaligus menjadi penghias dapur jika Anda bisa mengatur peralatan dapur dengan baik di dalamnya.

 

Jangan Menumpuk Barang

Jangan sesekali memenuhi bagian rak maupun kabinet yang ada di dapur dengan terlalu banyak barang. Hal ini akan menyebabkan dapur terlihat kurang rapi. Ada baiknya hanya display atau simpan peralatan dapur yang paling sering digunakan dan letakkan peralatan dapur lain di dalam laci–laci kabinet agar terlihat lebih rapi.

 

Perabotan yang Mengkilat dan Penerangan

Selain kaca, furnitur yang mengkilat seperti pemilihan keramik yang shiny untuk lantai dan backsplash dekat wastafel, alat elektronik dapur yang terbuat dari stainless steel, kabinet yang memiliki rangka dari stainless steel atau besi juga bisa membuat dapur kecil terlihat lebih rapi dan luas. Selain itu, pastikan lampu yang digunakan di dapur terang dan jika ada jendela pastikan sinar matahari bisa masuk ke dalamnya.

 

Dengan cara–cara di atas, Anda dapat berkreasi dalam menata ruangan dapur Anda yang memiliki keterbatasan dalam ruang menjadi dapur yang unik dan nyaman. Aktifitas Anda sehari-hari di dapur pun akan semakin efektif dan menyenangkan.

 

TOP