Cara Tepat Membersihkan Gilingan Daging dan Ampia

Untuk para ibu yang suka bereksperimen dengan memasak berbagai masakan pasti kenal dengan yang namanya meat grinder atau gilingan penghancur daging dan juga ampia yang digunakan untuk membuat mie dan berbagai kue. Meski jarang digunakan, kedua alat dapur ini jangan luput dari pantauan Anda untuk selalu dibersihkan. Hal ini karena baik gilingan daging maupun ampia bersentuhan langsung dengan bahan makanan yang akan Anda olah.

 

Terkhusus untuk gilingan daging harus segera dibersihkan karena daging mentah yang digiling di dalamnya pasti meninggalkan bekas dan daging mentah sangat rentan terkontaminasi bakteri yang berbahaya bagi tubuh. Dengan membersihkan penggiling daging, paling tidak setelah digunakan maka Anda telah berkontribusi untuk membuat dapur bersih dan menghasilkan makanan sehat untuk keluarga. Untuk ampia yang biasanya digunakan untuk menghaluskan tepung juga harus dibersihkan setelah dipakai agar tidak ada sisa tepung yang lengket yang bisa membuat bagian mesin penggilingnya menjadi berkarat.

 

Saat ini, ada banyak produk gilingan daging yang bisa Anda temui di pasar. Ada yang terbuat dari stainless steel ada juga yang dari plastik. Khusus untuk ampia, biasanya bagian luar dan handle ampia terbuat dari plastik, sedangkan untuk penggilingnya terbat dari besi. Jika Anda memiliki kedua alat dapur ini, berikut cara membersihkannya.

 

Cara Membersihkan Gilingan Daging

      Setelah selesai digunakan untuk menggiling daging, bongkar gilingan daging Anda. Perhatikan petunjuk buku manual untuk membongkar bagian gilingan daging agar tidak rusak.

      Masukkan bagian-bagian gilingan tadi ke dalam ember atau tempat cucian piring yang berisi air panas dan beri sedikit cairan pencuci piring dengan ekstrak jeruk nipis dan anti bakteri untuk mematikan bakteri yang mungkin tertinggal di gilingan. Gunakan Sunlight Anti Bakteri yang ampuh membersihkan dan mencegah bakteri pada gilingan Anda.

      Jika gilingan daging Anda termasuk yang tidak bisa dilepas bagian-bagiannya, rendam gilingan Anda di dalam ember seperti diatas.

      Biarkan selama 15 menit.

      Lalu bilas dengan air mengalir hingga bersih.

      Gunakan kain kering untuk mengelap mesin penggiling Anda hingga benar-benar bersih agar tidak berkarat.

      Setelah itu simpan di dus maupun plastik agar tetap bersih saat akan digunakan selanjutnya.

 

Cara Membersihkan Gilingan Mi/Ampia

      Setelah selesai digunakan, lap ampia dengan menggunakan kain bersih yang diberi sedikit minyak goreng.

      Lap setiap bagian ampia, bahkan hingga ke bagian mesin penggiling yang ada di ampia.

      Jangan menggunakan kain yang diberi air karena dapat membuat mesin ampia berkarat

      Setelah dibersihkan, masukkan ampia kembali ke dalam dus dan simpan di tempat yang kering.

      Jika ingin digunakan kembali, cukup dilap dengan kain kering sebelum digunakan.

 

Jadi, jika Anda menggunakan salah satu peralatan dapur di atas, jangan lupa dicuci dan dibersihkan sebelum disimpan atau digunakan kembali. Sangat penting untuk menjaga kebersihan peralatan masak yang akan Anda gunakan karena akan berpengaruh pada kesehatan keluarga secara tidak langsung. Semoga bermanfaat!

TOP